Kenapa Kanker Bisa Menyebabkan Kematian? Berikut Mekanisme dan Penjelasan

Akan ada banyak orang yang menanyakan mengapa kanker bisa menyebabkan kematian? Pertama, penting untuk diketahui bahwa tidak semua kanker  akan membunuh Anda. Secara keseluruhan, lebih dari 50% orang yang didiagnosis dengan kanker hidup selama lebih dari 5 tahun. Beberapa jenis kanker memiliki tingkat ketahanan hidup lebih dari 90%. Kanker pada tahap awal tidak membunuh Anda. Jadi banyak upaya dimasukkan ke dalam diagnosis dini dan pengobatan cenderung bekerja dengan baik seperti pengobatan tumor tulang jinak.

Sponsors Link

Apa yang bisa terjadi?

Kenapa kanker bisa menyebabkan kematian tergantung pada jenis kanker yang Anda miliki dan bagian mana dari tubuh Anda yang terkena seperti cara mengobati tumor payudara. Beberapa jenis kanker mulai masuk atau menyebar ke bagian tubuh yang melakukan sesuatu yang penting untuk kehidupan.

Sistem pencernaan

Kanker yang tumbuh di bagian sistem pencernaan dapat memblokirnya, atau sebagian membloknya. Jadi makanan tidak bisa melalui usus dan nutrisi dan kalori yang Anda butuhkan tidak dapat diserap. Anda mungkin bisa menjalani operasi untuk menghilangkan sumbatan. Tetapi jika ini tidak mungkin, tim medis Anda akan melakukan semua yang mereka bisa untuk mengendalikan gejala Anda. Jika Anda tidak bisa makan dan minum, Anda kurang mampu mengatasi masalah lain, seperti infeksi.

Paru-paru

Kanker bisa menghalangi bagian paru-paru. Bagian ini kemudian ambruk dan sering menjadi terinfeksi. Ketika kanker mempengaruhi paru-paru, akhirnya mungkin tidak cukup jaringan paru-paru yang sehat untuk memungkinkan Anda menyerap cukup oksigen. Jika Anda menderita kanker stadium lanjut, Anda mungkin tidak memiliki kekuatan untuk melawan infeksi, bahkan dengan antibiotik yang kuat. Jadi infeksi pada akhirnya dapat menyebabkan kematian.

Tulang

Kanker di tulang dapat mempengaruhi keseimbangan kalsium tubuh. Ini dapat menyebabkan banyak kalsium dilepaskan ke dalam aliran darah. Biasanya tubuh memiliki sistem untuk memperbaiki ketidakseimbangan semacam ini. Tetapi ketika ketidakseimbangan menjadi terlalu besar, sistem tidak berfungsi lagi. Ada perawatan untuk mengembalikan kadar kalsium kembali normal, tetapi ini hanya bekerja untuk waktu yang terbatas. Maka sayangnya kadar kalsium akan naik dalam darah. Jika kalsium terus naik, itu akan menyebabkan Anda menjadi tidak sadar dan akhirnya mati.

Sel-sel kanker dapat mempengaruhi sumsum tulang. Akhirnya Anda mungkin tidak memiliki cukup sumsum tulang yang sehat untuk membuat sel-sel darah. Anda tidak akan memiliki oksigen yang cukup beredar di sekitar tubuh Anda jika Anda tidak memiliki cukup sel darah merah. Penurunan sel darah putih berarti Anda memiliki lebih sedikit resistansi terhadap infeksi. Penurunan trombosit berarti Anda berisiko lebih besar mengalami pendarahan abnormal.

Hati

Tubuh manusia memiliki batas-batas yang sangat halus dari garam dan zat kimia tubuh tertentu. Kanker yang telah menyebar ke hati atau tulang dapat mengganggu keseimbangan kimia ini. Hati adalah pabrik kimia tubuh. Ini melakukan banyak tugas dan sangat penting dalam menjaga keseimbangan bahan kimia tubuh. Ini bisa mengancam kehidupan jika keseimbangan kimia ini tidak dapat diperbaiki seperti pengobatan alternatif kanker.

Pembuluh darah

Kanker dapat tumbuh menjadi dan merusak pembuluh darah di bagian vital tubuh. Ini bisa menyebabkan pendarahan. Misalnya pendarahan di otak adalah stroke, yang bisa berakibat fatal jika tubuh tidak bisa mengendalikannya.

Sponsors Link

Metastasis

Di sinilah kanker telah menyebar ke bagian tubuh yang berbeda, jauh dari tumor asli. Ini terjadi pada tumor stadium akhir. Pria dengan kanker prostat sering mengalami metastasis, di mana kanker prostat bergerak ke tulang. Metastasis di tulang adalah kondisi yang sangat menyakitkan. Itu berlangsung selama berhari-hari, berminggu-minggu, dan bahkan berbulan-bulan, sepanjang waktu.

Ada yang mengatakan bahwa itu lebih buruk daripada disalibkan. Namun, tidak fatal dalam banyak kasus. Jadi itu akan bertahan sampai beberapa kondisi lain, seperti gagal ginjal, akhirnya mengakhiri penderitaan dan rasa sakit. Metastasis berbeda dari infiltrasi karena kanker telah berkembang biak menjadi organ lain, daripada menyebar ke organ tetangga.

Pengobatan

Banyak perawatan dapat mengontrol kanker untuk waktu yang lama, bahkan jika mereka tidak dapat menyembuhkannya. Tetapi jika kanker terus tumbuh, maka sayangnya itu bisa menjadi terlalu banyak bagi tubuh untuk mengatasinya.

Cara lain di mana kanker dapat membunuh Anda

Sering dilupakan ketika membahas bagaimana kanker membunuh orang adalah emosi. Orang yang menderita kanker bisa sangat emosional. Dan ketika seorang pasien kanker kehilangan harapan, merasa seperti terlalu banyak beban pada keluarga atau masyarakat mereka, mereka menyambut kematian.

Seorang pasien mungkin dirampas secara finansial, atau jiwa mereka mungkin tidak mampu menangani rasa sakit. Mungkin telah melalui banyak pembicaraan simpati dari teman dan keluarga, yang semuanya dapat menyebabkan depresi. Pasien kanker di negara bagian ini, yang sudah menyerah, umumnya memiliki hasil yang buruk. Mereka menolak pengobatan apa pun, dan yang lebih buruk lagi, mereka kadang bunuh diri.

Anda sekarang harus tahu beberapa cara di mana kanker dapat membunuh seorang pasien. Bagaimana kanker membunuh orang bukanlah topik yang bagus untuk dipelajari, tetapi jika Anda tahu tentang beberapa gejala, Anda mungkin dapat mencari perhatian medis sebelum terlambat.

Meninggal karena kanker terdengar dan mengerikan. Tapi ingat, kematian karena kanker bisa dicegah. Apalagi jika sudah didiagnosis sejak dini. Menyadari tanda-tanda peringatan adalah taruhan terbaik Anda. Memiliki perawatan modern seperti operasi, kemoterapi, dan radioterapi jika diperlukan.

Meskipun ini adalah subjek yang sulit bagi orang untuk dibicarakan (termasuk untuk beberapa dokter dan perawat), mungkin membantu Anda untuk bertanya kepada dokter spesialis atau perawat Anda tentang bagaimana Anda atau keluarga Anda mungkin meninggal. Ini adalah sesuatu yang kebanyakan orang khawatirkan pada suatu saat. Berbicara tentang cara kanker mempengaruhi tubuh Anda dapat membantu mengurangi setidaknya beberapa kekhawatiran tersebut.

Banyak orang merasa lega ketika mengetahui bahwa mereka (atau kerabatnya) cenderung menjadi tidak sadar sesaat sebelum mereka meninggal. Apa yang Anda bayangkan mungkin terjadi sebelum kematian seringkali jauh lebih buruk daripada kenyataan. Penting untuk diingat juga bahwa kontrol rasa sakit yang sangat baik tersedia dan tidak ada yang menderita kanker harus mati kesakitan.

, ,
Oleh :
Kategori : Tanya Jawab

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.