8 Makanan Pencegah Kanker Kelenjar Getah Bening

Kelenjar getah bening adalah sebuah organ yang memiliki bentuk sangat kecil seperti kacang dan berfungsi untuk menghasilkan sel darah yang membantu tubuh dalam mencegah infeksi dari penyakit dan sumber penyebab infeksi lain. Kelenjar getah bening terletak disemua di semua bagian tubuh yang termasuk dalam sistem limfatik. Kelenjar getah bening terletak di beberapa bagian seperti leher, pangkal paha, ketiak dan perut.

Sponsors Link

Apa itu Kanker Kelenjar Getah Bening?

Kanker kelenjar getah bening adalah jaringan kanker yang tumbuh pada bagian kelenjar getah bening. Kanker bisa muncul dari bagian kelenjar getah bening maupun dari jenis kanker lain yang telah menyebar ke bagian tubuh. Gejala kanker kelenjar getah bening adalah benjolan pada bagian kelenjar getah bening dan bisa muncul pada ketiak, leher, pangkal paha maupun perut.

Makanan Pencegah Kanker Kelenjar Getah Bening

Kanker kelenjar getah bening bisa menyebar dengan cepat dan biasanya membutuhkan perawatan yang tidak murah. Karena itu mulai sekarang kita bisa mencegah kanker kelenjar getah bening dengan mengkonsumsi beberapa makanan dibawah ini.

  1. Brokoli

Makanan pencegah kanker kelenjar getah bening yang pertama adalah brokoli. Brokoli menjadi makanan yang sangat efektif untuk mencegah kanker kelenjar getah bening. Brokoli mengandung sebuah zat yang bisa mencegah kanker yaitu senyawa glukosinolat. Zat ini bisa didapatkan dari brokoli yang sudah diolah dengan cara dikukus atau direbus. Namun perhatikan untuk mengukus atau merebus brokoli dalam api yang sangat kecil dan waktu yang tidak terlalu lama. Proses memasak yang berlebihan menyebabkan glukosinolat hilang dari brokoli.

  1. Artichoke

Sayuran artichoke adalah sayuran yang sangat baik untuk mencegah kanker kelenjar getah bening. Kandungan senyawa yang terdapat dalam artichoke adalah senyawa silimarin. Silimarin adalah senyawa yang menjadi sumber antioksidan alami dalam artichoke dan bisa mencegah kanker secara efektif. Konsumsi terbaik dari sayuran artichone adalah dengan mengambil bagian dalam artichoke kemudian iris tipis dan rebus atau kukus selama setengah jam saja. Konsumsi saat masih hangat sehingga antioksidan tidak hilang.

Sponsors Link

  1. Bawang Putih

Bawang putih yang dikonsumsi mentah menjadi salah satu bahan yang sangat baik untuk mencegah kanker kelenjar getah bening. Bawang putih bisa mencegah kanker kelenjar getah bening karena mengandung senyawa sulfur alami yang sangat tinggi. Senyawa sulfur bisa mencegah kanker dengan cara menghilangkan semua jenis sel yang akan tumbuh menjadi kanker. Bawang putih juga bisa membantu proses apoptosis, yaitu sebuah proses perlawanan sel sehat dalam tubuh untuk melawan pertumbuhan sel kanker.

  1. Buah Kiwi

Buah kiwi bisa menjadi sumber makanan untuk mencegah kanker kelenjar getah bening. Kiwi mengandung beberapa sumber nutrisi yang bisa mencegah semua jenis sel penyebab kanker, radikal bebas dan juga menguatkan sistem pertahanan tubuh dari infeksi virus dan bakteri. Nutrisi yang terdapat pada kiwi seperti vitamin C, vitamin E, tembaga dan lutein sangat ampuh mencegah kanker kelenjar getah bening. Cara terbaik untuk mengkonsumsi buah kiwi sebagai pencegah kanker adalah dengan makan sebagai buah camilah. Hindari konsumsu jus kiwi karena proses yang mungkin bisa menghancurkan nutrisi buah kiwi.

  1. Anggur Merah

Buah anggur merah bisa mencegah kanker kelenjar getah bening karena mengandung resveratrol. Resveratrol adalah salah satu bahan yang bisa mencegah pertumbuhan kanker getah bening. Buah anggur merah juga mengandung vitamin C. Selain itu anggur merah mengandung flavonoid alami yang bisa mendukung fungsi pencegah radikal bebas.

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun yang digunakan sebagai bahan campuran untuk salad atau untuk menggoreng bisa mencegah kanker kelenjar getah bening. Hal ini disebabkan karena kandungan senyawa oleocanthal dalam minyak zaitun bisa melawan pembentukan kanker, dan sama sekali tidak menyebabkan kerusakan untuk sel yang sehat. Oleochantal dalam minyak zaitun bisa menjadi agen lisosom yang berfungsi untuk mematikan sel kanker. Lisosom melepaskan sebuah protein khusus yang benar-benar bisa membunuh semua sel kanker.

Sponsors Link

  1. Kale

Kale adalah sayuran hijau yang bisa Anda buat jus kemudian langsung diminum saja. Kale bisa menjadi pencegah kanker kelenjar getah bening dengan cara yang sangat ampuh. Kale mengandung sebuah senyawa nitrogen yang bisa melindungi tubuh dari pembentukan sel kanker atau lesi kanker. Selain senywa nitrogen maka kale juga mengandung isothiocyanat, yaitu sebuah fitokimia makanan yang bisa menekan pertumbuhan tumor penyebab kanker. Kale bekerja sangat cepat untuk memblok semua pertumbuhan kanker tanpa merusak sel tubuh baru yang sehat.

  1. Kacang Almond

Kacang almond bisa menjadi cemilan sehat untuk Anda karena bisa mencegah pembentukan kanker kelenjar getah bening. Kacang almond mengandung zat fosfor yang lebih tinggi dan bisa berkombinasi dengan zat besi yang kemudian membentuk zat aktif pencegah kanker. Selain itu kandungan kalsium yang tinggi dalam kacang almond adalah blok yang sangat baik untuk mencegah kanker. Tidak hanya itu saja sebab kacang almond juga ternyata mengandung biotin yang bisa memerangi sel tidak normal penyebab awal penyebab kanker kelenjar getah bening.

Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari beberapa jenis makanan diatas maka sangat disarankan untuk memilih bahan makanan organik. Hindari konsumsi makanan yang banyak mengandung bahan pestisida karena juga bisa memicu kanker.

Baca Mengenai Kanker Kelenjar Getah Bening:

,
Post Date: Wednesday 16th, September 2015 / 04:01 Oleh :