6 Gejala Awal Kanker Getah Bening dan Diagnosanya

Kanker getah bening, atau bisa disebut juga sebagai limfoma, adalah jenis kanker yang melibatkan sel-sel di sistem kekebalan tubuh yang disebut limfosit. Ada banyak jenis kanker getah bening, tergantung kelenjar getah bening di bagian tubuh mana yang terkena kanker. Gejala awal kanker getah bening pun akan berbeda tergantung lokasi kelenjar getah bening mana yang terkena kanker.  (Baca Juga: Ciri ciri Kanker Tenggorokan , Tanda Kanker Pita Suara)

Sponsors Link

Di tubuh manusia terdapat sebuah sistem kekebalan tubuh yang terdiri dari banyak pembuluh yang menjadi saluran getah bening. Getah bening itu sendiri berisi sel darah putih yang juga bisa ditemukan di darah dan jaringan tubuh manusia. Sel darah putih inilah yang berperang penting dalam menjaga imunitas tubuh manusia dan memerangi serangan virus dan bakteri yang menyebabkan penyakit. Maka, dari sini saja kita bisa mengetahui jika seseorang menderita kanker getah bening, daya tahan tubuhnya sudah pasti akan terganggu.

Baca juga:

Kanker getah bening ini sendiri bisa digolongkan menjadi dua jenis, yaitu limfoma Hodgkin dan limfoma non-Hodgkin. Kedua jenis limfoma ini bisa saja terjadi di area tubuh manapun dan menunjukkan gejala tergantung pada lokasi pertumbuhannya. Jika dilihat dari gejala yang dimunculkan, tampak tidak ada perbedaan antara limfoma Hodgkin dan limfona non-Hodgkin. Namun, jika diteliti dengan melakukan prosedur biopsi dan memeriksa jaringannya di bawah mikroskop, akan ada perbedaan antara limfoma Hodgkin dan limfoma non-Hodgkin. (Baca juga: Biopsi Kanker)

Limfoma Hodgkin terbentuk dari pembelahan sel darah putih tipe B yang tidak normal. Sementara itu, limfoma non-Hodgkin berasal dari sel B atau sel T yang tidak normal dan bisa dibedakan dengan kode genetik tertentu. Bagi pasien yang diduga menderita kanker getah bening, sangat perlu untuk didagnosa terlebih dahulu jenis kanker getah bening mana yang sedang dialami. Hal ini akan menentukan jenis terapi apa yang harus diberikan, obat-obatan yang harus dikonsumsi, hingga probabilitas kesembuhan pasien. (Baca juga: Tanda Awal Kanker Kelenjar Getah Bening)

Gejala Awal Kanker Getah Bening

Setelah kita bahas sebelumnya tentang pengertian kanker getah bening, kini kita ketahui bahwa kanker getah bening ini bisa terjadi di bagian tubuh manapun. Hal ini disebabkan, kelenjar getah bening tersebar di titik-titik tubuh tertentu dan sel kanker bisa tumbuh dimana saja. Tidak hanya itu, kanker getah bening juga sering disebabkan oleh keberadaan kanker di organ lainnya yang menyebar dan menyerang kelenjar getah bening di dekatnya. Baca Juga: Gejala Kanker Nasofaring , Makanan Penyebab Utama Kanker Nasofaring)

Baik kanker getah bening Hodgkin maupun non-Hodgkin, bisa menunjukkan gejala yang berbeda-beda tergantung letaknya di bagian tubuh mana. Bahkan, terkadang limfoma non-Hodgkin tidak menunjukkan gejala apapun hingga penderitanya tidak menyadari keberadannya. Tentu hal ini akan menyebabkan limfoma semakin membesar dan bertambah parah, yang membuat pengobatannya pun semakin sulit.

Baca juga:

ads

Untuk itu, sebaiknya siapa pun mulai waspada jika ada perubahan-perubahan kondisi tubuh. Terutama jika ada gejala sebagai berikut:

  1. Pembengkakan kelenjar getah bening

Limfoma non-Hodgkin akan menyebabkan kelenjar getah bening membengkak. Jika sel kanker menyerang kelenjar getah bening yang dekat dengan permukaan kulit, misalnya di leher, ketiak, atau permukaan lainnya, maka pasien bisa merasakan keberadaan benjolan. Untuk menemukannya, pasien bisa meraba area yang tumbuh benjolan. Biasanya, benjolan ini tidak disertai dengan rasa sakit. Akibatnya, gejala ini cenderung disepelekan sebagai gejala infeksi biasa. Maka, jika Anda menemukan sebuah benjolan yang tidak kunjung hilang di bagian tubuh Anda, sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter. (Baca juga: Ciri Benjolan Kanker Payudara dan Cara Pemeriksaannya)

  1. Perut terasa kembung atau bengkak

Jika kanker getah bening terjadi di area perut, maka pasien akan mengalami gejala perut kembung atau bengkak. Hal ini bisa dikarenakan kelenjar getah bening di perut yang membesar. Jika pasien mengalami gejala ini, sering menganggap bahwa yang dialaminya adalah gejala masuk angin biasa. Meski begitu, perut kembung dan membesar memang bisa juga disebabkan oleh kelebihan cairan di perut. (Baca Juga: Gejala Kanker Lambung , Gejala Kanker Tonsil)

Pada pasien kanker getah bening yang terjadi di perut, sel kanker yang tumbuh juga bisa membuat organ limpa membesar dan menekan rongga perut. Hal ini pada akhirnya akan menyebabkan pasien merasa perutnya penuh dan menjadi lebih cepat merasa kenyang, walaupun hanya makan dengan porsi kecil.

Baca juga:

Sementara itu, jika kanker getah bening terjadi di ginjal atau menyebabkan pembengkakan di dekat ginjal, maka gerak peristaltis usus juga akan terganggu dan menyebabkan perut terasa sakit. Bahkan, lebih jauh pasien bisa merasakan mual dan muntah. Kanker getah bening di area ginjal juga bisa membuat dinding ginjal berlubang. Akibatnya, cairan dan zat lain di ginjal bisa meluber ke rongga perut yang menyebabkan infeksi dan rasa sakit perut yang hebat. (Baca juga: Gejala Awal Kanker Usus)

  1. Batuk dan gangguan pernapasan

Lain halnya jika kanker getah bening terjadi di kelenjar timus atau kelenjar getah bening di dada, maka akan menyebabkan pasien mengalami batuk yang tidak kunjung sembuh serta gangguan pernapasan. Hal ini dikarenakan sel kanker akan menekan trakea, salah satu organ yang berperan dalam sistem pernapasan. Selain itu, sel kanker di area ini juga bisa menyebabkan pasien merasakan tekanan atau sakit di daerah dada.

Baca juga:

Di area dada, terdapat pembuluh darah besar menyalurkan darah dari kepala dan lengan menuju jantung. Pembuluh darah ini melewati kelenjar timus dan kelenjar getah bening di dada. Maka, jika kanker getah bening terjadi di area ini, kanker bisa menekan pembuluh darah tersebut dan menyebabkan aliran darah terganggu. Akibatnya, pasien akan mengalami pembengkakan di kepala, lengan dan dada bagian atas. Maka, tidak hanya gangguan pernapasan, pasien juga bisa mengalami gangguan kesadaran jika otak juga terkena dampaknya. Oleh karena itu, pasien harus segera menjalani perawatan, karena jika tidak, keselamatan dirinya pun akan terancam.

  1. Mudah mengalami infeksi

Karena kelenjar getah bening merupakan salah satu ‘agen’ pertahanan tubuh dari penyakit, maka jika kelenjar ini terkena kanker penderita akan mengalami penurunan imunitas yang cukup signifikan. Pasien menjadi lebih mudah terinfeksi virus maupun bakteri. Tidak hanya itu, pasien bisa saja menjadi lebih mudah mengalami pendarahan maupun mimisan akibat sel darah putih yang menjadi tidak normal. (Baca juga: Gejala Kanker Darah )

  1. Sakit punggung atau sakit kepala

Pasien yang mengalami kanker getah bening, biasanya bisa meraba pembesaran kelenjar getah bening. Seringkali pembesaran kelenjar ini tidak disertai rasa sakit. Tetapi, jika hal ini dibiarkan, pembesaran kelenjar getah bening bisa menekan organ-organ atau tulang di sekitarnya yang akan menyebabkan pasien merasakan nyeri atau sakit. Misalnya, sakit punggung, sakit kepala atau gejala yang tampak ringan lainnya. (Baca juga: Gejala Kanker Batang Otak)

  1. Gejala lainnya

Selain gejala-gejala di atas, pasien kanker kelenjar getah bening juga bisa mengalami gejala umum lainnya, seperti demam, berat badan yang turun secara drastis, berkeringat di malam hari, hingga tubuh yang terasa lemah. Pasien juga bisa mengalami gejala anemia akibat sel darah yang menjadi tidak normal. (Baca Juga: Gejala Kanker Rahim , Gejala Kanker Tulang )

Gejala penyakit kanker getah bening seringkali disalahartikan sebagai gejala penyakit ringan lainnya sehingga sering diabaikan. Biasanya, pasien tidak mengalami gejala yang menyakitkan di awal pertumbuhan sel kanker getah bening. Namun, jika Anda mengalami gejala-gejala di atas disertai penurunan imunitas yang cukup signifikan, sebaiknya Anda waspada sedang mengalami gejala awal kanker getah bening. (Baca juga: Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening)

Sponsors Link

Diagnosa Kanker Getah Bening

Akibat sulitnya mengenali gejala kanker getah bening seperti di atas, dibutuhkan kewaspadaan dan kejelian pasien dalam mengenali gejala penyakit di tubuhnya. Untuk itu, sangat disarankan kepada Anda untuk segera berkonsultasi kepada dokter ketika Anda mengalami pembengkakan atau benjolan di bagian tubuh Anda. Jika dokter memang mencurigai benjolan tersebut sebagai gejala awal kanker getah bening, maka dokter mungkin akan menyarankan Anda menjalani beberapa pemeriksaan lanjutan. Pemeriksaan yang bisa dilakukan untuk mendiagnosa kanker getah bening adalah sebagai berikut:

1. X-Rays atau CT Scan

Untuk mendapatkan gambaran umum dari benjolan atau pembengkakan yang terjadi.

2. Biopsi kelenjar getah bening

Yang dilakukan dengan mengambil sedikit contoh jaringan kelenjar getah bening untuk mendeteksi keberadaan sel kanker. (Baca juga: Efek Kemoterapi Kanker Kelenjar Getah Bening)

3. Tes darah

Misalnya dengan tes Complete Blood Count (CBC) yaitu untuk melihat komponen darah merah, darah putih hingga platelet di darah pasien supaya bisa mendeteksi jika ada kelainan yang terjadi. (Baca juga: Gejala Kanker Darah)

4. Immunophenotyping

Yaitu pemeriksaan untuk melihat sel kanker getah bening apa yang muncul. (Baca juga: Pengobatan Kanker Kelenjar Getah Bening)

5. Tes fungsi paru

Untuk memeriksa kinerja paru-paru pasien. (Baca juga: Tanda tanda Kanker Paru paru)

6. Echocardiogram

untuk memeriksa kinerja jantung pasien.

7. Biopsi sumsum tulang

sebagai pendeteksian apakah sel kanker telah menyebar ke organ tubuh lainnya. (Baca juga: Penyebab Kanker TulangGejala Awal Kanker Tulang)

Diagnosa di atas sangat perlu untuk dilakukan oleh pasien untuk mengetahui jenis, lokasi dan stadium kanker getah bening yang sedang dialami. Hal ini akan membantu dokter dalam menentukan jenis pengobatan apa yang harus diberikan kepada pasien. Maka, sebaiknya jika Anda mencurigai adanya sel kanker getah bening di tubuh Anda, jangan tunda pemeriksaan. Semakin dini Anda memeriksakan diri Anda, semakin besar kemungkinan Anda untuk sembuh total dari penyakit kanker getah bening ini.

, , , , ,
Post Date: Sunday 12th, February 2017 / 13:44 Oleh :