10 Bahaya Kanker Kelenjar Getah Bening

Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan. Siapa yang tak ngeri ketika mendengar penyakit yang satu ini, selain susah untuk disembuhkan atau memiliki kemungkinan yang sangat kecil untuk dapat sembuh. Penyakit ini juga sangat dianggap berbahaya karena dapat menyebabkan kematian apalagi yang sudah sampai pada tahapan kritis atau stadium akut.

Sponsors Link

Penyebab kanker secara spesifik memang belum ditemukan, namun ada beberapa faktor penyebab kanker yang bisa disebabkan oleh kebiaasaan-kebiasaan buruk yang dilakukan oleh seseorang. Bahkan mungkin kebiasaan buruk tersebut jarang disadari oleh pelakunya :

  • Genetik/Sejak Lahir – Kanker bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya yakni dari genetik ataupun sudah bawaan sejak lahir
  • Radikal Bebas –  Radikal bebas juga sering disebut-sebut menjadi pemicu penyakit kanker, maka dari itu hindari bahaya radikal bebas secara langsung, dan juga bisa dibantu dengan konsumsi vitamin atau penggunaaan alat penangkal radikal bebas tertentu misalnya tidak terpapar matahari secara langsung pada siang hari, menggunakan sarung tangan dan masker, dll.
  • Kekebalan Tubuh – Kekebalan Tubuh yang berkurang namun tubuh yang terus terforsir juga bisa menjadi penyebab timbulnya penyakit ini, jadi kekebalan tubuh sangatlah penting untuk dijaga dan dipertahankan.
  • Gaya hidup tidak sehat – Gaya hidup tidak sehat bisa banyak macamnya mulai dari tidur yang tidak teratur, kebiasaan begadang, kurang melakukan olahraga, stres yang berlebihan. Bahkan juga bisa dipicu oleh asupan makan yang kita konsumsi sehari-hari misalnya yakni sering mengkonsumsi makan siap saji, ataupun juga makanan instan yang susah untuk dicerna oleh tubuh maupun tidka memiliki kandungan gizi yang seimbang yang dibutuhkan oleh tubuh kita.
  • Merokok – Tentu anda sudah mengetahui bahwa rokok berakibat buruk bagi kesehatan bahkan salah satunya bisa menyebabkan kerusakan organ ataupun dapat menyebabkan penyakit kanker.
  • Minum Alkohol – Hampir sama buruknya dengan merokok, alkohol juga berakibat buruk bagi kesehatan. Apalagi untuk konsumsi yang berlebihan alkoho juga bisa menjadi pemicu terjadinya kanker pada seseorang, dengan merusak organ terlebih dahulu karena kandungannya.

Kasus Kanker Kelenjar Getah Bening yang Mematikan

Kanker Getah Bening menjadi ramai dibicarakan karena diduga diidap oleh almarhum komedian yang sangat terkenal di Indonesia “ Olga Syahputra ”. Olga sendiri meninggal setelah melakukan perawatan dan penyembuhan yang cukup intensif bahkan hampir selama satu tahun di negara tetangga yang terkenal memiliki teknologi pengobatan yang terpercaya dan canggih yakni Singapura. Menghabiskan biaya hingga bermilyar-milyar untuk biaya perawatan yang khusus dan tidak murah pastinya demi terbebas dari penyakit ini. Namun sayangnya takdir berkata lain, komedian ini harus meninggalkan karir yang masih berada dipuncak setelah diduga mengidap penyakit kanker paling mematikan ini.

Sponsors Link

Kanker kelenjar getah bening mengandung sejumlah bahaya yang bisa dirasakan oleh penderitanya, berikut ini diantaranya :

1. Ini Kanker

inilah gambaran tentang kanker getah bening yang bisa dipahami dengan mudah. Didalam tubuh manusia kelenjar-kelenjar yang tersebar diseluruh tubuh, kelenjar tersebut tentu memiliki fungsi dan perannya masing-masing, jumlahnya pun ratusan yakni disebut oleh para ahli kelenjar-kelenjar tersebut sebanyak enam ratus untuk kelenjar getah bening yang terdapat di bagian tertentu didalam tubuh. Jadi kanker ini bisa menjalar hingga ke seluruh bagian tubuh, yang memiliki kelenjar getah bening.

Lebih mengenal lagi apa yang dimaksud dengan kanker getah bening dapat meningkatkan kewaspadaan kita, yaitu :

2. Di beberapa Area

Tidak hanya terdapat di bawah rahang atau dibelakang area telinga, namun ada beberapa area lagi yang terdapat kelenjar getah bening. Diantaranya dibagian bawah yakni ada di sekitar selangkangan, di lipatan paha, bahkan juga berada di ketiak dan juga di area lainnya.

Beberapa kanker juga menyerang pada bagian tertentu misalnya :

3. Benjolan di Area Tubuh

Ketika terjangkit kanker, maka tanda yang mudah dikenali adalah munculnya beberapa benjolan diarea tubuh. Namun benjolan ini merupakan tanda bahwa kanker sudah cukup lama menginfeksi orang tersebut. Atau bahwa kelenjar tersebut sudah mengalami pembengkakan. Beberapa benjolan juga perlu diwaspadai sebagau, ciri benjolan kanker payudara.

4. Gangguan Fungsi Kekebalan Tubuh

Memproduksi apa yang disebut dengan leukosit adalah salah satu dari fungsi kelenjar getah bening. Jadi kelenjar getah bening memiliki andil yang sangat besar dalam pertahanan tubuh manusia, mengatur mekanisme kekebalan tubuh pula. Apabila terdapat gangguan pada kelenjar getah bening otomatis fungsi dari kelenjar ini sendiri tentu tidak bisa berfungsi sesuai fungsinya.

Dalam kanker beberapa hal bisa sangat mempengaruhi fungsi imunitas tubuh seperti :

Sponsors Link

5. Penting bagi Tubuh

Semua organ manusia memiliki peranan yang penting, begitu juga dengan kelenjar getah bening. Pertahanan pada tubuh, mengenali dan juga melawan kuman-kuman, ataupun melawan zat-zat asing yang dapat menganggu atau tidak dibutuhkan oleh tubuh merupakan fungsi dari kelenjar getah bening. Sejumlah kanker yang menyerang organ tubuh juga sangat penting untuk kelangsungan hidup pasiennya seperti :

6. Pertumbuhan Abnormal

Karena Sel yang terganggu atau mengalami gangguan maka mekanisme atau sistem yang terjadi di dalam tubuh pun terjadi gangguan. Kanker ini juga membuat adanya limfosit jahat yang tentu saja akan bekerja tidak sesuai yang cenderung akan merusak tubuh. Sayangnya ini akan dengan mudah menyebar dan kemudian tumbuh ke bagian bagian tubuh lainnya yang sangat vital misalnya menyebar ke sum-sum tulang dan juga darah.

Gangguan abnormal ini akan terjadi pada pasien :

Waspadai Demam, Lemas dan Bejolan !

Bila anda mengalami tiga gejala tersebut jangan menganggap enteng ataupun sepele, karena itulah tanda yang bisa dikenali dari gejala kanker kelenjar getah bening. Penderitanya akan merasakan lemas yang akan membuat tidak maksimal dalam melakukan aktivitas. Selain itu juga terdapat benjolan yang muncul di area tubuh. Apalagi bila gejala lemas dan benjol tersebut kemudian diikuti dengan penderita yang terserang demam. Maka sebaiknya segera untuk memeriksakan kondisi benjolan tersebut ke dokter ahli.

Selain itu bila terjadi pembengkakan yang dinilai tidak wajar maka itu bisa juga diwaspadai sebagai gejala kanker, apalagi bila penderita merasa sakit di area bengkak tersebut. Penyakit ini juga ditandai dengan berkurangnya nafsu makan, jadi bila nafsu makan anda mulai berkurang anda harus segara cari tahu apa penyebabnya.

, ,
Post Date: Tuesday 29th, September 2015 / 04:32 Oleh :