Apakah Kelenjar Getah Bening Bisa Sembuh? Prognosis dan Derajat Keparahan

Seseorang atau kerabat yang menderita limfoma atau kanker kelenjar getah bening pasti sering mennyakan tentang  apakah kelenjar getah bening bisa sembuh? Dan pertanyaan ini sebenarnya tergantung dari derajat keparahan. Walaupun tidak bisa sembuh total, namun kualitas hidup bisa diperbaiki dengan penanganan yang tepat.

Sponsors Link

Ada banyak jenis limfoma, dan prognosis tergantung pada diagnosis spesifik. Prognosis juga dapat bervariasi dalam subtipe yang sama. Bahkan pada pasien yang memiliki subtipe limfoma yang terdefinisi dengan baik, lamanya hidup dapat sulit diprediksi seperti ciri-ciri kanker kelenjar getah bening pada anak.

Untuk pasien dengan limfoma yang berkembang cepat (seperti difus limfoma sel B besar), penyakit ini dapat disembuhkan dengan kemoterapi kombinasi. Untuk pasien yang tidak merespon pengobatan atau mengalami relaps dini, penyakit ini bisa berakibat fatal dalam waktu yang relatif singkat.

Fase Limfoma

Limfoma yang tumbuh lambat tidak dapat disembuhkan dengan kemoterapi standar, tetapi pasien dapat hidup dengan mereka selama bertahun-tahun. Staging adalah cara untuk menggambarkan di mana NHL berada, jika atau di mana ia telah menyebar, dan apakah itu mempengaruhi bagian lain dari tubuh. Ini juga mepengaruhi jawaban dari pertanyaan  apakah kelenjar getah bening bisa sembuh tersebut.

Dokter menggunakan tes diagnostik untuk mengetahui stadium kanker, sehingga pementasan mungkin tidak lengkap sampai semua tes selesai. Mengetahui tahapan membantu dokter untuk memutuskan perawatan apa yang terbaik dan dapat membantu memprediksi prognosis pasien. Ada deskripsi tahapan yang berbeda untuk berbagai jenis kanker. Ketika pementasan NHL, dokter mengevaluasi:

  • Jumlah area kelenjar getah bening kanker
  • Lokasi kelenjar getah bening kanker: regional (terletak di area tubuh yang sama) atau jauh (di bagian lain dari tubuh)
  • Apakah kelenjar getah bening kanker berada di 1 atau kedua sisi diafragma, otot tipis di bawah paru-paru dan jantung yang memisahkan dada dari perut
  • Apakah penyakit telah menyebar ke sumsum tulang, limpa, atau organ extralymphatic (organ yang bukan bagian dari sistem limfatik), seperti hati, paru-paru, atau otak

Tahap limfoma menggambarkan luasnya penyebaran tumor menggunakan angka Romawi I, II, III, atau IV (1 hingga 4). Sistem pementasan ini sangat membantu untuk subtipe limfoma yang paling umum. Untuk subtipe lainnya, penyakit ini sering menyebar ke seluruh tubuh pada saat didiagnosis.

Dalam situasi ini, faktor prognostik menjadi lebih penting (lihat “Indeks Prognostik Internasional” dan “Status Fungsional” di bawah). Penting untuk diingat bahwa bahkan limfoma tahap IV sering dapat berhasil diobati seperti bahaya kanker kelenjar getah bening pada anak.

Tahap I: Salah satu dari ketentuan ini berlaku:

  • Kanker ditemukan di 1 wilayah kelenjar getah bening (stadium I).
  • Kanker telah menyerang 1 organ atau situs ekstralymphatic (diidentifikasi menggunakan huruf “E”) tetapi tidak ada daerah kelenjar getah bening (stadium IE).

Tahap II: Salah satu dari kondisi ini:

  • Kanker berada di 2 atau lebih daerah kelenjar getah bening di sisi yang sama dari diafragma (tahap II).
  • Kanker melibatkan 1 organ dan kelenjar getah bening regionalnya, dengan atau tanpa kanker di daerah kelenjar getah bening lainnya di sisi yang sama dari diafragma (stadium IIE).

Stadium III-IV:

  • Ada kanker di daerah kelenjar getah bening di kedua sisi diafragma (stadium III), atau kanker telah menyebar ke seluruh tubuh di luar kelenjar getah bening (stadium IV). Limfoma paling sering menyebar ke hati, sumsum tulang, atau paru-paru.
  • Limfoma tahap III-IV sering terjadi, masih dapat diobati, dan sering dapat disembuhkan, tergantung pada subtipe NHL. Stadium III dan stadium IV sekarang dianggap sebagai kategori tunggal karena mereka memiliki perlakuan dan prognosis yang sama.

Progresif / Tahan Api:

  • Jika kanker tumbuh lebih besar atau menyebar ketika pasien dirawat untuk limfoma asli, itu disebut penyakit progresif. Ini juga disebut NHL refrakter.

Berulang / Relaps:

  • Limfoma rekuren adalah limfoma yang telah kembali setelah pengobatan. Ini dapat kembali di daerah di mana pertama kali dimulai atau di bagian lain dari tubuh.
  • Kambuh dapat terjadi segera setelah perawatan pertama atau beberapa tahun kemudian. Jika ada kekambuhan, kanker mungkin perlu dipentaskan lagi (disebut re-staging) menggunakan sistem di atas. Ini juga disebut NHL kambuhan.
Sponsors Link

Indeks Prognostik Internasional

Selain tahap, skala yang disebut Indeks Prognostik Internasional (IPI) penting dalam menentukan prognosis limfoma agresif. Prognosis adalah peluang pemulihan. Setiap jenis NHL memiliki kriteria khusus sebagai bagian dari IPI. Pasien diklasifikasikan ke dalam kelompok berisiko rendah atau berisiko tinggi tergantung pada beberapa faktor, termasuk:

  • Usia 60 tahun atau lebih tua
  • Stadium III-IV penyakit
  • Hasil tes darah menunjukkan kadar laktat dehidrogenase (LDH) yang lebih tinggi dari normal, enzim yang ditemukan dalam darah.
  • Menurunkan kesehatan secara keseluruhan, yang dikenal sebagai status kinerja (lihat di bawah)
  • Kanker di lebih dari 1 organ atau situs di luar daerah kelenjar getah bening
  • Hemoglobin rendah
  • Jumlah leukosit
  • K-67, yang merupakan indikator tingkat pertumbuhan dan digunakan dalam limfoma sel mantel

Untuk pasien dengan limfoma folikular, dokter mempertimbangkan tingkat bagian dari darah pasien, yang disebut hemoglobin, jumlah kelompok kelenjar getah bening yang terlibat, tingkat LDH, stadium, dan usia. Dokter menggunakan faktor-faktor ini untuk memperkirakan prognosis limfoma pasien. Untuk limfoma yang tidak dapat disembuhkan, mereka membantu memprediksi seberapa agresif limfoma seperti bahaya kelenjar getah bening pecah.

, ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.