Apakah Kanker Kelenjar Getah Bening Bisa Disembuhkan? Begini Penjelasannya !

Ketika anda berkonsultasi dengan dokter dan didiagnosis dengan kanker kelenjar getah bening oleh dokter, biasanya pada saat itu juga anda akan diberitahukan stadium dari kanker kelenjar getah bening anda. Stadium kanker merupakan salah satu cara untuk mengetahui apakah kanker pada tubuh anda dapat disembuhkan atau tidak, karena pada dasarnya pula ada beberapa jenis kanker yang bisa disembuhkan maupun jenis kanker yang sulit disembuhkan.

Sponsors Link

Lantas bagaimana dengan kanker kelenjar getah bening? Apakah jenis kanker yang satu ini dapat disembuhkan? Bagi anda yang penasaran dan sedang mencari jawaban atas pertanyaan tersebut, maka wajib menyimak ulasan berikut ini mengenai apakah kanker kelenjar getah bening bisa disembuhkan atau tidak.

Kanker Kelenjar Getah Bening

Sebelum membahas mengenai bisa atau tidaknya kanker getah bening disembuhkan, perlu dipahami terlebih dahulu apa yang sebenarnya disebut sebagai kanker getah bening. Kanker getah bening atau yang biasanya dikenal sebagai limfoma merupakan salah satu jenis kanker yang tumbuh pada sel limfosit, yaitu sel-sel dalam sistem kekebalan tubuh seseorang. Ketika kanker menyerang kelenjar getah bening, maka sel limfosit yang awalnya merupakan sel normal kemudian berubah menjadi sel abnormal yang lama kelamaan menjadi suatu sel ganas. Sel normal limfosit biasanya dapat tumbuh dibeberapa organ dalam tubuh, maka dari itu ketika sel normal berubah menjadi sel ganas juga dapat menyerang organ tubuh lainnya seperti limfa, sum-sum tulang, darah, timus, dan organ-organ lainnya didalam tubuh.

Sama seperti penyebab kanker yang lainnya, penyebab kanker kelenjar getah bening juga belum dapat dipastikan secara jelas. Namun pada dasarnya penyebab penyakit kanker adalah multi-faktor, atau disebabkan oleh lebih dari satu faktor penyebab. Sedangkan mengenai gejalanya, ketika sel abnormal telah menjadi ganas akan memunculkan beberapa benjolan pada beberapa bagian tubuh yang terdapat kelenjar getah bening. Dimana nantinya akan mengganggu mekanisme sistem daya tahan tubuh, sehingga tubuh akan lebih rentan terhadap berbagai macam penyakit.

Penyembuhan Kanker Kelenjar Getah Bening

Bisa atau tidaknya suatu penyakit kanker disembuhkan memang menjadi hal yang sering ditanyakan oleh sebagian besar orang. Hal ini disebabkan karena penyakit kanker itu sendiri yang pada dasarnya memang dikenal sebagai penyakit yang mematikan. Terutama didasarkan pada fase atau stadium dari kanker yang ditemukan, artinya bahwa semakin dini kanker didalam tubuh ditemukan maka akan semakin memberikan kesempatan harapan sembuh pula karena dapat dilakukan penanganan secara dini.

Namun ketika kanker yang ditemukan sudah pada masa stadium lanjut memang biasanya akan semakin sulit disembuhkan bahkan tidak ada harapan kelangsungan hidup bagi pasiennya.

Lantas bagaimana dengan kanker kelenjar getah bening? Pada dasarnya kanker kelenjar getah bening juga sama dengan jenis kanker yang lainnya, dimana penyembuhannya masih belum bisa dilakukan secara total. Apalagi ketika didiagnosa pasien telah berada pada stadium lanjut kanker kelenjar getah bening. Beberapa stadium pertumbuhan kanker kelenjar getah bening diantaranya adalah :

  • Stadium 1

Pada stadium ini biasanya kanker hanya ditemukan pada satu daerah kelenjar getah bening saja, baik didalam organ limfoid seperti timus (I) maupun di luar daerah organ kelenjar getah bening (IE).

  • Stadium 2

Pada stadium ini kanker sudah mulai menyerang dua atau bahkan lebih kelompok kelenjar getah bening, dan juga satu area organ terdekatnya. Kondisi ini juga akan mempengaruhi kerja kelompok kelenjar getah bening lainnya di dalam sisi atau area yang sama.

  • Stadium 4

Kanker sudah menyebar ke jaringan atau organ disekitarnya, seperti menyerang organ limpa. Terlebih kanker juga telah menyebar dan mempengaruhi kinerja kelompok kelenjar getah bening di atas maupun bawah diafragma.

Sponsors Link

  • Stadium 4

Kanker telah menyebar pada organ lain diluar sistem kelenjar getah bening, bisa jadi menyerang paru-paru, tulang, hati, dan lain sebagainya. Kondisi ini lah yang paling sulit atau bahkan tidak dapat disembuhkan ketika seseorang mengalami kanker kelenjar getah bening.

Itulah beberapa stadium atau pertumbuhan dari kanker kelenjar getah bening didalam tubuh. Dimana biasanya juga akan menimbulkan gejala seperti kehilangan berat badan secara drastis, demam tinggi secara terus menerus, hingga sering berkeringat di malam hari. walaupun memang kanker kelenjar getah bening belum bisa disembuhkan secara total, namun dengan beberapa upaya pengobatan dapat membantu menghambat perkembangan dari kanker kelenjar getah bening itu sendiri, sehingga penderita biasanya masih bisa beraktivitas secara normal. Upaya pengobatan yang dilakukan juga harus sesuai dengan kondisi dari penderita kanker kelenjar getah bening tersebut, maka dari itu perlu dilakukan konsultasi dan pengecekan oleh dokter. Dimana salah satu metode yang dapat dipilih biasanya adalah melalui kemoterapi, walaupun biasanya ada efek kemoterapi kanker getah bening.

Demikian penjelasan mengenai apakah kanker kelenjar getah bening bisa disembuhkan, dimana dapat disimpulkan bahwa bisa atau tidaknya tergantung pada seberapa parah kanker telah berkembang didalam tubuh, atau disesuaikan dengan stadium kanker itu sendiri. Walaupun pada dasarnya kanker kelenjar getah bening memang belum bisa disembuhkan secara total.

, , , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.