5 Akibat Kanker Kelenjar Getah Bening Paling Berbahaya

Kelenjar getah bening termasuk kelenjar yang memiliki peranan cukup penting sebagai pembentuk imunitas dan kekebalan tubuh. Sayangnya kelenjar ini sangat rentan mengalami gangguan bahkan terkena kanker kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening sebenarnya berada tersebar pada seluruh tubuh, namun paling sering ditemukan pada daerah lipatan seper leher, ketiak dan selangkangan. Jika kelenjar getah bening mengalami masalah maka dapat mempengaruhi seluruh tubuh.

Sponsors Link

Daya tahan tubuh seseorang dapat meningkat atau menurun tergantung bagaimana kondisi kesehatan kelenjar getah beningnya. Jika terserang kanker, maka daya tahan tubuh seseorang juga akan menurun secara drastis. Berikut ini beberapa akibat yang dapat ditimbulkan dari adanya sel kanker pada kelenjar getah bening yang dapat terjadi baik pada pria maupun pada wanita.

Akibat Kanker Getah Bening

1. Munculnya Kanker Pada Organ Lain

Letak kelenjar getah bening yang tersebar di seluruh tubuh memungkinkan sel kanker menyebar lebih cepat. Akibatnya sel kanker dapat menyerang organ dan jaringan lainnya di dalam tubuh, sehingga penyakit kanker bertambah banyak dan menjadi lebih parah. Jika kanker bermula di kelenjar yang ada di leher maka dapat menyebabkan munculnya kanker tenggorokan, kanker pita suara hingga kanker paru-paru. Begitu pula dengan kanker pada kelenjar getah bening lainnya maka akan menyerang organ di sekitarnya.

2. Gangguan Fungsi Kekebalan Tubuh

Adanya sel kanker pada kelenjar getah bening akan mengakibatkan penderitanya mengalami penurunan kekebalan tubuh, sehingga sangat rentan terkena berbagai penyakit. Tentunya orang yang menderita kanker kelenjar getah bening membutuhkan perawatan khusus sesegera mungkin untuk menghindari kemungkinan buruk yang dapat terjadi terhadap kesehatan tubuhnya. Karena dalam hal ini tubuh tidak mampu lagi menangkal bibit penyakit yang menyerang baik dari infeksi bakteri dan virus.

3. Demam dan Tubuh Menjadi Lemas

Orang yang terkena kanker kelenjar getah bening akan mudah terserang demam, sebagai akibat dari menurunnya daya tahan tubuh. Selain itu, tubuh pun kerap merasa lemas dan mudah lelah. Kelelahan yang sering terjadi bahkan tanpa diikuti aktivitas yang berat sehingga dampak dari kanker ini perlu untuk diwaspadai. Apalagi jika terdapat benjolan di tubuh terutama di bagian leher, maka hal ini menandakan sel kanker sudah semakin berkembang dan semestinya segera diobati sebelum terlambat.

4. Sesak Napas

Kondisi napas yang sesak mungkin sering dianggap masuk angin biasa. Namun kondisi ini bisa saja merupakan akibat dari adanya kanker pada kelenjar getah bening. Benjolan yang mulai membesar akibat sel kanker yang terus berkembang akan menyumbat saluran pernapasan sehingga membuat penderitanya menjadi kesulitan untuk bernapas. Jadi jangan pernah sepelekan sesak napas apalagi jika tidak ditemukan penyakit pada saluran dan organ pernapasan.

5. Menurunnya Nafsu Makan dan Berat Badan

Adanya sel kanker yang terus berkembang di kelenjar getah bening mengakibatkan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh menjadi berkurang. Hal ini disebabkan sel kanker terus menyerap nutrisi dari tubuh agar dapat lebih cepat berkembang sehingga penderita kanker menjadi kurus dan tidak bertenaga. Selain itu, penurunan nafsu makan juga mulai dirasakan sehingga penyakit ini harus segera ditangani sebelum kondisi tubuh penderitanya semakin menurun.

Nah, itulah beberapa akibat yang dapat terjadi dengan adanya kanker getah bening di dalam tubuh seseorang. Penyakit ini harus segera ditangani agar penderitanya bisa mendapatkan kesembuhan. Agar terhindar dari penyakit tersebut, kita juga bisa mencegahnya dengan rutin mengkonsumsi makanan sehari-hari pencegah kanker yang mudah didapat dan sangat bermanfaat bagi tubuh.

, ,
Post Date: Saturday 11th, November 2017 / 07:27 Oleh :