10 Ciri-Ciri Kanker Kelenjar Getah Bening Stadium 1 Paling Umum

Limfoma adalah kanker  yang menyerang sistem getah bening, bagian vital dari sistem kekebalan tubuh. Tanda – tanda pertama dan paling umum adalah kelenjar getah bening yang bengkak tetapi tidak nyeri. Penyakit darah yang paling umum, jenis limfoma baik itu Hodgkin atau non-Hodgkin, yang keduanya menentukan diagnosis, pengobatan  dan prognosis. Karena gejala yang terkait dengan limfoma sering terjadi pada penyakit lain, diagnosis sulit dilakukan.

Sponsors Link

Prognosis adalah perkiraan dokter tentang perkembangan kanker, cara pengobatan, dan bagaimana hal itu akan mempengaruhi pasien. Kelangsungan hidup pasien dengan limfoma telah meningkat selama beberapa dekade terakhir, tetapi prognosis dipengaruhi oleh serangkaian faktor, termasuk riwayat medis pasien, jenis kanker, stadium dan karakteristik, serta pilihan pengobatan seperti gejala kanker limfoma non-hodgkin.

Gejala Awal Limfoma

Gejala limfoma mirip dengan penyakit dan penderitaan lainnya. Gejala yang paling umum adalah pembengkakan tanpa rasa sakit di kelenjar getah bening (disebut limfadenopati). Orang-orang sering kali pergi ke dokter karena mereka mengira mereka mengalami infeksi pilek atau pernafasan yang tidak akan hilang. Leher atau ketiak adalah tempat umum yang diketahui pertama kali, tetapi pembengkakan dapat terjadi di bagian lain tubuh termasuk selangkangan yang dapat menyebabkan pembengkakan di kaki atau pergelangan kaki atau perut yang dapat menyebabkan kram dan kembung seperti gejala kanker yang sering diabaikan.

Beberapa pasien limfoma tidak menyadari adanya pembengkakan sama sekali sementara yang lain mungkin mengeluh keringat malam, penurunan berat badan, menggigil, kurang energi atau gatal. Biasanya tidak ada rasa sakit yang terlibat, terutama ketika limfoma berada pada tahap awal perkembangan. Kebanyakan orang yang memiliki keluhan nonspesifik seperti ini tidak akan mengalami limfoma. Namun, penting bahwa setiap orang yang memiliki gejala yang menetap menemui dokter untuk memastikan bahwa tidak ada limfoma atau penyakit serius yang hadir. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik lengkap dan mencari pembengkakan kelenjar getah bening di bawah dagu, di leher dan daerah amandel, di bahu dan siku, ketiak, dan di selangkangan.

Ciri-Ciri Kanker Getah Bening Stadium I

Dokter juga akan memeriksa bagian-bagian lain tubuh untuk melihat apakah ada pembengkakan atau cairan di dada atau perut Anda yang bisa disebabkan oleh pembengkakan kelenjar getah bening yang merupakan salah satu ciri-ciri kanker getah bening stadium I tersebut.Pembengkakan tanpa rasa sakit di kelenjar getah bening tubuh bagian atas, yaitu leher, daerah tulang selangka, ketiak atau selangkangan. Berikut ciri-ciri kanker getah bening stadium I yang paling umum:

  1. Perubahan suhu
  2. Demam (terutama pada malam hari)
  3. Penurunan berat badan tanpa alasan
  4. Kehilangan selera makan
  5. Kelelahan yang tidak biasa / kekurangan energi
  6. Batuk terus-menerus
  7. Sesak napas
  8. Gatal terus-menerus di seluruh tubuh tanpa penyebab yang jelas atau ruam
  9. Pembesaran amandel
  10. Sakit kepala

Prognosis Kelangsungan Hidup Pasien Limfoma

Sekitar 93% dari pasien yang didiagnosis dengan limfoma yang terkandung di daerah bertahan hidup selama lima tahun. Metode diagnostik yang lebih berevolusi dan temuan terbaru di lapangan terus meningkatkan kemungkinan kelangsungan hidup pasien. Sekitar 65.500 kasus baru limfoma didiagnosis  setiap tahun atau sekitar 20.000 orang meninggal karena penyakit itu. Usia rata-rata kematian adalah 75 tahun dan wanita lebih mungkin bertahan daripada pria seperti bahaya kelenjar getah bening pada anak.

Faktor-faktor yang mempengaruhi prognosis limfoma

Pada tahap 1, kanker terbatas pada sekelompok kelenjar getah bening, biasanya di leher atau ketiak; di tahap 2, biasanya lebih dari dua kelompok kelenjar getah bening terlibat. Tahap 3 didiagnosis ketika kanker telah menyebar ke serangkaian kelompok kelenjar getah bening; dan pada stadium 4, kanker telah menyebar ke organ dan sumsum tulang, di samping sistem limfatik.

Pasien didiagnosis berdasarkan gejala sebagai limfoma A atau B. “A” berarti bahwa tidak ada gejala selain nodus limfa yang membengkak, “B” termasuk gejala seperti penurunan berat badan, demam, dan keringat malam.
Usia juga penting karena pasien yang lebih tua dari 60 tahun cenderung berhasil diobati dan pulih sepenuhnya.
Tingkat laktat dehidrogenase (LDH), yang diukur dalam tes darah, menentukan pertumbuhan tumor. Pasien dengan LDH tinggi lebih mungkin memiliki limfoma yang tumbuh cepat.

Jenis dan ukuran limfoma juga penting untuk menetapkan prognosis karena tumor yang lebih kecil lebih mudah diobati, serta limfoma sel-B dan limfoma sel anaplastik besar, dibandingkan dengan limfoma sel-T .Fase satu limfoma diklasifikasikan sebagai limfoma tahap awal, dan ketika pasien didiagnosis selama tahap pertama, prognosis biasanya lebih menggembirakan. Fase satu limfoma berarti bahwa penyakit tersebut telah mempengaruhi area minor dari sistem limfatik, ada tingkat pengendapan sel darah merah atau endapan eritrosit yang rendah, dan tidak ada gejala B.

Sponsors Link

Tahapan Perkembangan Limfoma

Penyebab perkembangan limfoma tidak sepenuhnya dipahami, tetapi mempengaruhi orang dan berkembang secara berbeda. Salah satu fitur penting adalah apakah limfoma “indolen” yang berarti “pertumbuhan lambat” atau limfoma yang tumbuh cepat. Limfoma diklasifikasikan menurut kecepatan penyebarannya di seluruh sistem kekebalan dan bahkan ke situs sekunder. Ada empat tahap utama penyakit, yang mencakup berbagai gejala dan pendekatan terapeutik seperti bahaya kelenjar getah bening pecah.

Tahap satu limfoma didiagnosis ketika penyakit telah mempengaruhi hanya satu kelompok kelenjar getah bening atau satu organ, sementara selama tahap dua, dua atau lebih kelompok kelenjar getah bening atau satu organ dan satu kelompok kelenjar getah bening terpengaruh. Kedua tahap ini dikelompokkan sebagai limfoma tahap awal dan gejalanya termasuk kelenjar getah bening yang bengkak dan tidak nyeri, tetapi tidak ada gejala B. Selain itu, ada sel darah merah yang rendah atau tingkat sedimentasi eritrosit, dan tidak ada penyakit besar.

, ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.