6 Tanda Kanker Usus Besar Yang Paling Sering Terjadi

Usus besar merupakan organ pencernaan yang dekat dengan anus karena menampung sisa metabolisme yang terjadi di dalam usus kecil. Karena sering menampung sisa metabolisme, seringkali usus besar mengalami berbagai gangguan kesehatan, salah satunya adalah kanker usus. Kanker usus besar bisa terjadi pada siapa saja dan tidak memandang usia, meskipun penyakit ini lebih sering ditemukan pada orang yang telah memasuki usia lanjut. Kanker ini cukup berbahaya dan sering tidak menimbulkan gejala kanker usus besar  yang spesifik sehingga sangat sulit dideteksi pada stadium awal.

Sponsors Link

Kanker usus besar biasanya menunjukkan gejala seperti sering merasakan nyeri perut, mual hingga muntah. Namun gejala tersebut bisa juga menandakan penyakit magh atau masuk angin biasa sehingga kerap diabaikan. Tanda awal kanker usus besar sendiri juga kurang bisa dirasakan sehingga penyakit tersebut baru bisa diketahui dan diobati setelah memasuki stadium lanjut. Adapun beberapa tanda kanker usus besar yang patut diwaspadai antara lain sebagai berikut.

Tanda Kanker Usus Besar

1. Diare

Kanker usus besar membuat organ pencernaan tidak lagi dapat berfungsi dengan normal sehingga penderitanya sering mengalami diare. Diare tentunya biasa terjadi karena infeksi bakteri ataupun kesalahan dalam mengkonsumsi makanan, dan bisa sembuh dalam beberapa hari. Namun jika diare karena adanya kanker di usus besar, diare tersebut sering sekali terjadi dan tidak sembuh meski telah meminum obat diare.

2. Tinja Berdarah

Selain mengalami diare, penderita kanker usus besar juga kerap mengeluarkan tinja atau kotoran yang bercampur dengan darah. Hal ini diakibatkan sel kanker membuat dinding usus besar terinfeksi dan mengalami peradangan hingga berdarah sedangkan tinja akan berada di usus besar sebelum dikeluarkan. Kondisi tersebut akan membuat darah yang keluar dari usus besar mengenai kotoran sehingga ikut keluar saat buang air besar.

3. Nyeri dan Kram Perut

Kanker usus besar juga sering ditandai dengan munculnya perasaan nyeri pada perut, bahkan tak jarang mengalami kram perut. Sel kanker yang terus berkembang dan semakin luas membuat sebagian organ pencernaa tidak lagi berfungsi dengan baik sehingga menimbulkan rasa nyeri. Gangguan pada bagian perut tak dapat dielakkan sehingga sering memicu munculnya kram perut.

4. Perut Kembung

Perubahan fungsi organ pencernaan akibat adanya penyakit kanker di dalam usus besar membuat gas di perut sulit untuk keluar. keseringan gas terjebak di lambung sehingga menimbulkan rasa mual dan perut menjadi kembung. Jadi jangan sepele saat perut terasa kembung dan begah meski tidak kekenyangan, karena bisa jadi kembung tersebut merupakan pertanda adanya kanker usus besar.

5. Konstipasi

Konstipasi atau sembelit juga dapat menjadi pertanda kalau seseorang terkena penyakit kanker usus besar. Masalah sulitnya buang air besar terjadi karena usus besar mengalami gangguan fungsi sehingga proses metabolisme menjadi terganggu. Akibatnya kotoran tidak bisa langsung dibuang. Tinja atau kotoran yang tidak dibuang berhari-hari tentu tidak baik bagi kesehatan dan dapat menyebabkan berbagai penyakit termasuk konstipasi.

6. Pendarahan pada Anus

Keluarnya darah saat sedang buang air besar seharusnya lebih diwaspadai terutama jika keluarnya darah berpusat pada anus. Perdarahan pada anus bisa jadi disebabkan sel kanker dari usus besar telah merambat hingga ke anus. Anus menjadi terinfeksi dan saat kotoran sedang dibuang darah tersebut juga akan ikut keluar secara bersamaan.

Itulah tanda kanker usus besar yang yang patut diwaspadai, karena memang tanda tersebut sering ditemukan pada penderita kanker nasofaring. Agar kita bisa terhindar dari penyakit tersebut jangan lupa untuk menghindari makanan penyebab kanker usus yang sangat membahayakan kesehatan.

 

, ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.