10 Tanda Awal Kanker Usus Yang Paling Berbahaya

Penyakit kanker selalu menjadi momok yang menakutkan bagi semua orang. Terlebih lagi, saat ini jenis kanker semakin beragam dan tidak sedikit yang menimbulkan kematian. Kanker usus termasuk satu diantara kanker yang berbahaya. Perkembangan sel kanker yang begitu cepat dalam salran pencernaan tersebut jelas menimbulkan banyak hal negatif yang berkaitan dengan kelangsungan hidup seseorang. Oleh sebab itu, perlu diketahui bagaimana pencegahan, serta penanganan dan gejalanya dari awal. (baca juga: Penyebab Tumor Testis, Pengobatan Kanker Tulang Belakang)

Sponsors Link

Kanker usus hampir sama seperti jenis kanker lainnya yang juga terdii dari stadium awal, lanjutan , serta akhir. Kanker yang tidak cepat terdeteksi akan membuat perkembangannya semakin tidak terkendali. Beberapa penyebab kanker usus lebih dikarenakan pola makan seseorang, hal ini tentu sudah jelas mengingat usus merupakan saluran pencernaan yang artinya memiliki hubungan dengan pola konsumsi seseorang tersebut. Hal lain yang menjadi penyebab kanker usus antara lain:

Artikel Terkait: Pencegahan Kanker Lambung, Ciri Ciri Awal Kanker Tenggorokan

  • Kebiasaan buruk terutama konsumsi alkohol yang berlebihan
  • Membiarkan radang usus dalam waktu lama
  • Faktor genetik
  • Kurang serat dan obesitas

Faktor-faktor tersebut dapat menjadi  penyebab adanya sel kanker yang tumbuh tidak terkendali dalam usus jika dibiarkan terus-menerus tanpa diketahui gejalanya. Berikut adalah beberapa gejala kanker usus yang muncul pada stadium awal dan masih bisa dilakukan penanganan yang tepat. (baca juga: Gejala Tumor Pembuluh Darah , Manfaat Bawang Putih Untuk Kanker)

1.Ambeien

Jika anda terbiasa mengalami ambeien mungkin anda bisa segera mencurigai hal tersebut sebagai gangguan di usus. Penyakit ambeien tidak bisa diremehkan begitu saja karena berhubungan dengan saluran sekresi yang akan mengeluarkan limbah yang tidak berguna atau beracun dari dalam tubuh.  Peradangan disekitar anus yang bisa menyebabkan bengkak atau ambeien bisa berbahaya jika terjadi terus-menerus. Apalagi penderita ambeien umumnya mengalami kesulitan duduk dan buang air besar karena pembengkakan pada bagian anus.

2. Nyeri

Rasa nyeri pada umumnya terjadi dalam setiap penyakit, tidak terkecuali kanker. Kanker usus juga bisa ditandai dengan adanya rasa nyeri di bagian perut dalam waktu yang lama. Selain perut terasa seperti kram, terkadang rasa nyeri juga terasa di bagian bawah perut. Untuk yang kedua ini tidak perlu khawatir jika anda merasakannya saat datangnya siklus menstruasi (bagi wanita), namun apabila tidak dalam kondisi yang memungkinkan dan rasa nyeri muncul dalam waktu lama, patut diwaspadai sebagai gejala kanker usus.

Baca Juga:

3. Lemas

Badan yang lemas dan mudah lelah juga dirasakan secara umum oleh penderita kanker. Rasa lemas tersebut lebih kepada berkurangnya asupan makanan yang dialami penderita karena nafsu makan yang terganggu. Selain itu, makanan yang masuk melalui kerongkongan juga tidak dicerna secara baik karena fungsi usus yang sudah berbeda dari sebelumnya. Hal ini akan menimbulkan kondisi yang mudah lelah bagi penderita kanker usus.

Artikel Terkait: Efek Kanker Darah, Bahaya Kanker Rahim

Sponsors Link

4. Berat Badan turun

Berat badan yang menurun sudah tentu menjadi akibat dari kurangnya nafsu makan penderita di masa-masa awal tumbuhnya sel kanker. Kondisi ini cukup berbahaya jika dibiarkan karena penderita mengurangi penurunan berat badan secara drastis tanpa alasan yang jelas. Apalagi jika kondisi ini diperkuat dengan adanya gejala lain yang mendukung.

5. Feses berdarah

Salah satu yang bisa diamati dari adanya gangguan dalam usus kita adalah kotoran yang bercampur dengan darah. Pada saat BAB, perhatikan feses yang keluar, jika memang disertai darah atau berwarna merah dan hitam dengan dengan lendir atau semacamnya, maka patut dicurigai sebagai tanda adanya kanker.

ads

Baca Juga:

6. Anemia

Kekurangan darah atau anemia menjadi gejala kanker usus yang bisa diamati dengan mudah. Selain kondisi penderita yang lemah karena kurangnya asupan nutrisi. Perlu dikhawatirkan jika tiba-tiba mengalami pusing, mual, disertai pingsan atau tubuh gemetar. Penyebabnya juga bisa berasal dari darah yang sering keluar bersama feses, pasokan darah yang berkurang tersebut bisa menimbulkan pucat pada wajah dan bisa diamati sebagai gejala awal adanya kanker.

7. Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan yang dimaksud disini adalah tidak lancar BAB. Pada orang yang normal biasanya BAB dilakukan sekali dalam sehari atau bisa juga dua hari sekali jika memang tubuh kekurangan serat, namun, berbeda lagi jika frekuensi buang air besar cukup lama dan tidak lancar atau bisa dengan diare. Gangguan seperti ini membuktikan bahwa usus anda sedang bermasalah dan wajib segera ditangani. (baca juga: Gejala Leukimia Pada Anak, Ciri Ciri Kanker Lidah)

8. Penyumbatan Anus

Pernahkah anda mengalami penyumbatan pada anus? Jika demikian terlalu sering dirasakan bisa jadi itu merupakan tanda awal kanker dalam usus anda. Sel kanker yang sudah menimbulkan peradangan di sekitar saluran pembuangan akan perlahan menyempitkan area anus. Hal ini yang menimbulkan rasa sakit saat penderita buang air besar.

9. Benjolan

Jika sudah terdapat benjolan, maka kemungkinan besar kanker usus sudah bisa dideteksi. Benjolan ini umumnya muncul di sekitar bagian bawah perut. Rasa nyeri jika benjolan ditekan atau mengalami kontraksi akibat ketegangan mental juga bisa dirasakan oleh penderita. Alangkah baiknya jika sudah terlihat benjolan yang tidak wajar segera dilakukan pemeriksaan. (baca juga: Efek Kanker Rahim , Gejala Kanker Serviks Stadium 4)

10. Gangguan Perut

Perut adalah bagian yang paling bergejolak saat ada penyakit tertentu yang menyerang saluran pencernaan terutama usus.  Selain diare atau sembelit yang berlebihan, gangguan perut yang bisa dirasakan adalah kembung dalam waktu yang cukup lama. Jika biasanya kembung dikarenakan kelebihan gas dalam perut, maka berbeda jika kembung akibat kanker yang tidak kunjung berhenti meskipun sudah diberikan obat anti kembung.

Artikel Lainnya: Pengobatan Alternatif Kanker Hati Stadium 4 , Tanda Kanker Payudara Stadium Awal

Penyebab kanker usus yang beragam dan sulitnya mendiagnosis penyakit mematikan ini menjadi alasan yang tepat untuk melakukan pencegahan terhadap penyakit kanker usus tersebut. Ya, kanker usus sebenarnya bisa dicegah dengan menerapkan kebiasaan sehat dan segera menghentikan beberapa jenis kebiasaan yang buruk. Tindakan yang perlu dilakukan untuk mencegah sel kanker tumbuh dalam usus diantaranya adalah:

  • Rajin mengonsumsi serat yang berasal dari buah atau sayuran
  • Hentikan rokok dan alkohol
  • Olahraga dan istirahat teratur
  • Menerapkan konsumsi makanan sehat dan teratur minum air putih
  • Mengunyah makanan dengan benar agar kerja usus tidak terlalu keras

Artikel Terkait: Kanker Rahim Endometrium, Fotodinamik Terapi

Demikian artikel informatif tentang tanda awal kanker usus yang perlu untuk diwaspadai. Semoga bermanfaat bagi anda!

, ,
Oleh :
Kategori : Kanker Usus