Daftar 5 Makanan Pasca Operasi Kanker Usus Besar

Ketika pasien telah melakukan operasi,bukan berarti pasien tersebut langsung melakukan aktivitas seperti biasanya. Sebab, pasca operasi ada beberapa hal yang harus dilakukan agar tubuh dapat normal secara bertahap. Begitu juga dengan pasien yang telah melakukan operasi kanker usus besar.

Sponsors Link

Banyak hal yang harus diperhatikan agar tubuhh cepat pulih seperti sedia kala, salah satunya adalah dari sisi makanan. Untuk mengetahui apa saja makanan yang perlu dikonsumsi untuk pasien pasca operasi kanker usus besar, berikut ulasannya.

1. Perbanyak buah-buahan dan sayuran

Secara umum, dokter akan menyarankan pasien untuk lebih banyak minum air putih serta melakukan diet rendah serat serta lemak sedikit demi sedikit pada saat pasca operasi. Hal tersebut disebabkan usus belum pulih secara total sehigga makanan yang dicerna pun masih sangat sedikit. Pada bagian ini perlu makan makanan yang lembut-lembut serta tidak keras, khususnya pada buah-buahan. Contohnya saja melon, pisang, semangka, blewah, dan lain-lain.

Begitu juga dengan sayur-sayuran. Saat makan pagi, siang, maupun sore, pasien akan lebih banyaka makan nasi lembek atau bubur yang terkadang dicampur dengan berbagai sayuran. Meskipun pasien tersebut tidak menyukai sayuran, namun dia harus memakannya agar usus tidak terluka kembali. Apalagi keadaannya pasca operasi yang masih memungkinkan terjadinya lecet pada bagian usus.

Untuk sayuran yang sebaiknya dikonsumsi adalah sayuran yang mengandung banyak asam folat dan vitamin B. Contoh sayuran tersebut adalah bayam, kubis merah dan daun kale.  Meskipun baik, namun jangan terlalu banyak dikonsumsi. Seperti halnya makan sayuran, pasien harus makan secara bertahap sampai dokter sudah memastikan ususnya kuat kembali.

2. Makan biji-bijian

Selain sayu-sayuran, pasien yang baru operasi kanker usus besar juga dapat memakan makanan biji-bijian. Akan tetapi, tidak semua biji-bian dapat dikonsumsi, terutama biji-bijian yang keras. Beberapa contoh makana biji-bijian yang boleh dikonsumsi adalah roti gandum utuh, pasta gandum dan juga nasi merah. Ketiga jenis makanan bihi-bijian tersebut mengandung serat yang cukup tinggi ditamabah lagi, makanan tersebut dapat malawan penyebab kanker usus besar.

Beberapa contoh makanan biji-bijian yang tidak boleh dikonsumsi adalah roti yang mengandung lemak tinggi seperti kue kering, kue keju, roti susu, dan lain-lain. Hal tersebut dikarenakan makanan tersebut memiliki lemak yang cukup tinggi sedangkan pasien yang baru melakukan pasca operasi tidak boleh mengonsumsi makanan berlemak selama ususnya belum pulih total.

3. Sebaiknya konsumsi produk susu

Makanan Pasca Operasi Kanker Usus Besar lainnya yang bisa dikonsumsi dengan aman adalah produk-produk olahan susu. Kandungan kalsium dan vitamin D bisa melawan sel-sel kanker usus besar. maka dari itu konsumsi susu merupakan salah satu jenis makanan yang penting untuk penderita kanker usus besar. Untuk jumlah konsumsi yang disarankan adalah sekitar 3 hingga 4 porsi produk susu setiap harinya. Atau jumlah minimal dalam mengonsumsi susu adalah 1.200 sampai 1.500 mg kalsium perharinya.

Sponsors Link

Karena tidak boleh mengonsumsi makanan yang mengandung lemak, maka sebaiknya pasien mengonsumsi makanan olahan susu yang rendah lemak. Contohnya adalah susu rendah lemak, keju, dan juga yogurt. Apabila di daerah tersebut sulit untuk menemukan produk olahan susu yang rendah lemak, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter setempat.

4. Sebaiknya kurangi makanan pencetus kanker usus besar

Saat pasien sudah dilakukan operasi kanker usus besar, sebaiknya saat itu juga mulai mengurangi atau bahkan tidak mengonsumsi lagi makanan pemicu datangnya kanker usus besar. Beberapa contoh makanan yang dapat memicu kembali munculnya sel kanker usus besar adalah daging merah, olahan daging, beberapa makanan manis buatan seperti kue-kue, dan gorengan.

Beberapa makanan di atas memang memiliki kandungan lemak dan gula yang cukup tinggi. Akan jauh lebih baik jika Anda lebih banyak konsumsi bahan-bahan alami. Untuk pemenuhan protein hewani, pasien bisa mengganti daging dengan ikan maupun makanan laut lainnya. Untuk daging sendiri masih menjadi perdebatan sampai saat ini. jika pasien sangat ingin makan daging, maka pastikan tidak ada lemak di dalamnya.

Sponsors Link

5. Kurangi kebiasaan merokok dan minuman keras

Merokok dan minum-minuman keras sangat berpotensi membuat kanker usus besar kembali tumbuh. Apabila pasien tidak bisa menghilangkan kebiasaan tersebut secara sekaligus, dia bisa melakukan pengurangan secara bertahap. Misalkan jika dia sering merokok beberapa batang setiap hari, maka cobalah untuk menguranginya menjadi satu batang perhari hingga nanti alam kelamaan dia tidak akan merokok lagi.

Hal tersebut juga berlaku untuk minuman keras. Cobalah untuk konsumsi minuman keras satu hari sekali sampai nantinya dia tidak akan meminum minuman keras lagi. Padahal, jika pasien tersebut menghentikan kebiasaan tersebut, maka dia bisa menghindari berbagai macam kanker.

Itulah 5 aturan makan pasca operasi kanker usus besar. Anda bisa coba baca beberapa referensi lainnya mengenai makanan untuk penderita usus, gaya hidup penyebab kanker, dan berbagai macam makanan penyebab kanker usus. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk pembaca semua.

, , ,
Oleh :
Kategori : Kanker Usus

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.