10 Makanan untuk Penderita Kanker Usus yang Menyehatkan

Bagi penderita kanker usus, banyak sekali pantangan makanan penyebab kanker usus dan makanan yang sebaiknya dimakan agar penyakit tersebut tidak bertambah parah. Usus yang merupakan salah satu organ pencernaan berfungsi dalam menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi setiap hari. Karena adanya sel kanker yang muncul maka fungsinya dapat terganggu sehingga mengakibatkan penderita mengalami gangguan pemenuhan nutrisi harian. Tanda awal kanker usus sering tidak dirasakan oleh penderitanya, sehingga saat kanker usus besar stadium 4 terjadi pengobatan kanker usus tidak dapat menyembuhkan penyakit tersebut. Nah, berikut ini terdapat beberapa makanan untuk penderita kanker usus yang direkomendasikan untuk dikonsumsi secara rutin agar penyakit tersebut tidak semakin parah dan lebih mudah disembuhkan.

Sponsors Link

1. Tempe dan Tahu

Tempe dan tahu merupakan makanan yang terbuat dari kedelai. Kedua makanan tersebut sangat terjangkau, murah dan rasanya enak. Tempe dan tahu bisa dijadikan lauk sehari-hari bagi penderita kanker usus karena nutrisi yang dikandung cukup tinggi. Unsur protein dan berbagai nutrisi lainnya dari tempe dan tahu akan membantu memperbaiki sel tubuh yang rusak akibat serangan kanker dan meningkatkan daya tahan tubuh agar lebih kuat melawan sel kanker di usus.

2. Teh Hijau

Meski bukan termasuk makanan, teh hijau sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh penderita kanker usus. Teh hijau mengandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga mampu menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker. Meminum teh hijau setiap hari akan menjadikan tubuh lebih sehat, terbebas dari senyawa radikal bebas dan terhindar dari banyak penyakit.

3. Susu

Susu juga bukan merupakan makanan, namun sangat bagus dikonsumsi bagi yang menderita kanker usus. Meski begitu pilihlah susu yang memang aman diminum, karena memang tidak semua jenis susu bisa dicerna penderita kanker usus. Susu yang berasal dari kacang kedelai bisa dikonsumsi karena kandungan dari susu kedelai lebih mudah dicerna dan aman dikonsumsi.

4. Ikan Salmon

Kandungan omega-3 dalam ikan salmon tidak perlu diragukan lagi. Tingginya kadar nutrisi dalam ikan salmon menjadikannya sebagai sumber makanan yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi secara rutin. Tidak hanya untuk penderita kanker usus saja, bahkan orang sehat pun sangat bagus untuk mengkonsumsinya. Ikan salmon mungkin lebih sulit dicari, namun jika memang untuk penyembuhan tentu harus diupayakan untuk mendapatkannya.

5. Madu

Siapapun pasti tahu dengan khasiat madu yang sangat luar biasa terhadap kesehatan tubuh. Beragam penyakit pun akan dapat diatasi hanya dengan mengkonsumsi madu setiap hari, termasuk penyakit kanker usus yang cukup parah. Kandungan pada madu akan membantu menjaga daya tahan tubuh dan melawan kanker secara alami, serta sifatnya yang anti bakteri akan melindungi organ pencernaan dari infeksi parasit atau mikroorganisme.

6. Brokoli

Jenis sayur yang nutrisinya cukup lengkap dan tinggi adalah brokoli. Baik orang yang sehat maupun sedang sakit sangat bagus mengkonsumsi brokoli yang direbus atau dijadikan sup. Brokoli mudah dicerna dan kaya akan nutrisi penting termasuk tinggi serat. Jadi penderita kanker usus bisa mengkonsumsinya setiap hari. Jika bosan, cobalah menyajikannya dalam menu yang berbeda setiap harinya.

7. Buah Manggis

Buah manggis yang dikenal sebagai anti kanker juga sangat baik dikonsumsi penderita kanker usus. Kandungan senyawa xamthone di dalamnya akan menghambat aktivitas sel kanker sehingga penyakit ini akan lebih mudah untuk disembuhkan. Bahkan kulitnya pun bisa dijadikan jus atau direbus dan diminum airnya untuk membantu mengobati penyakit kanker.

Sponsors Link

8. Buah Berry

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam berbagai jenis buah berry sangat bermanfaat dalam mengatasi penyakit kanker dalam tubuh seseorang. Sel kanker tidak akan berkembang karena terhambat berbagai senyawa aktif dalam buah berry. Jadi biasakan untuk rutin mengkonsumsinya setiap hari demi menunjang kesembuhan.

9. Buah Naga

Buah naga juga termasuk jenis buah yang boleh dimakan penderita kanker usus. Buah naga kaya akan serat, tinggi antioksidan dan bersifat dingin dalam organ pencernaan. Karena itu buah naga baik dikonsumsi setiap hari demi mendapatkan manfaatnya dalam melawan sel kanker. Lebih baik memilih buah naga dengan warna daging merah karena kandungan nutrisinya lebih tinggi dari varietas lainnya.

10. Wortel

Selain brokoli, ada jenis sayuran lainnya yang sebaiknya rutin dikonsumsi penderita kanker usus yaitu wortel. Mungkin umumnya orang mengenal wortel sebagai jenis sayur untuk kesehatan mata, namun lebih dari itu wortel juga ampuh dalam melawan sel kanker. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan serat yang tinggi dan antioksidan yang dapat menangkal senyawa radikal bebas.

Itulah makanan untuk penderita kanker usus yang sebaiknya dikonsumsi secara rutin. Pemilihan makanan yang tepat dapat mendukung proses penyembuhan kanker usus, karena makanan di atas dapat dengan mudah dicerna dan kaya akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Dengan begitu tubuh akan lebih kuat melawan penyakit tersebut dan terlihat lebih bugar.

, , ,