Sponsors Link

21 Gejala Tumor Usus Pada Anak dan Dewasa

Sponsors Link

Penyakit tumor yang tidak segera ditangani akan menimbulkan kondisi yang lebih serius. Tumor bisa berkembang menjadi sel aknker yang ganas dan mengancam nyawa penderitanya. Penyakit tumor yang menyerang usus akan berakibat buruk bagi kondisi pencernaan seseorang. Hal tersebut bahkan juga menimbulkan risiko kematian apabila tidak diketahui dengan cepat dan dilakukan pengobatan. (baca juga: Cara Mencegah Kanker Testis, Gejala Tumor Telinga )

Sponsors Link

Pertumbuhan sel tumor mirip dengan kista, jika dilihat dari laboratorium maka tumor dalam usus akan tampak seperti batuan Kristal dan harus diangkat. Gejala yang tampak pada penyakit tumor usus tidak mudah dikenali, sebab hampir sama dengan penyakit pencernaan pada umumnya. Oleh sebab itu, dibutuhkan pengamatan khusus serta pemeriksaan medis untuk memastikan jenis tumor serta perkembangan tumor tersebut. (baca juga:Gejala Kanker Rahim Stadium Awal, Penyebab Tumor Jinak menjadi Ganas)

Terjadinya tumor usus dalam tubuh seseorang bisa dikarenakan peradangan berlebihan dan sudah akut di dalam usus tersebut. Radang usus bisa disebabkan pola makan, serta kebiasaan tidak sehat yang terus-menerus dilakukan tanpa henti. Sel tumor yang sudah tumbuh secara abnormal bisa berada di dalam usus kecil, usus besar, usus buntu, atau anus. Beberapa gejala yang bisa diamati sebagai tanda awal tumor usus adalah sebagai berikut.

Baca Juga:

1. Nyeri Perut

Rasa nyeri pada perut selalu menjadi tanda awal adanya masalah yang tidak beres pada saluran pencernaan. Untuk itu, anda perlu waspada apabila nyeri pada perut tersebut tidak berkelanjutan pada buang air besar atau berangsur membaik saat sudah diberi obat dan melalui pemeriksaan medis.

Artikel Terkait: Gejala Awal Kanker Tulang Belakang

2. Kram Perut

Kram pada perut bisa umum terjadi khususnya bagi wanita yang tengah berada dalam masa menstruasi. Namun, jika tanpa sebab yang jelas kram perut muncul dalam waktu yang lama bahkan menyebabkan perut tegang. Bisa dipastikan ada yang tidak beres pada bagian perut. Hal ini bisa segera diperiksakan melalui USG atau semacamnya.

3. Konstipasi

Jika sembelit merupakan bentuk susah buang air besar dan hanya merasakan perut yang tidak nyaman. Salah satu gejala lain yaitu konstipasi juga menunjukan kondisi yang hampir sama. Penderita bisa mengalami BAB yang tidak tuntas bahkan bisa kuang dari tiga kali dalam seminggu.

Artikel Lainnya: Ciri Ciri Retinoblastoma, Penyebab Kanker Bola Mata

4. Sembelit Akut

Sembelit yang berlebihan dan disertai rasa perih pada anus adalah salah satu tanda penyakit pada bagian usus. Tumor usus juga menimbulkan gejala demikian saat masih berada di tahap awal perkembangan sel tumor.

5. Perubahan Pola BAB

Jika pola BAB berubah menjadi lebih dari 2 hari sekali, maka anda perlu mewaspadainya. Normalnya, bagi mereka yang sulit BAB akan mengeluarkan limbah tersbeut dalam jangka 2-3 hari sekali. Jika lebih, bisa dicurigai sebagai tanda penyakit serius pada saluran cerna. (baca juga: Manfaat Jengkol Untuk Kanker, Pengobatan Kanker Nasofaring)

6. Perubahan Feses

Mengamati perubahan pada tekstur dan warna feses adalah hal yang penting untuk mengetahui gejala tumor usus. Salah sati indikasi adanya tumor dalam usus adalah tekstur feses yang mengecil dan tidak teratur saat keluar dari anus. Kemudian juga bisa diamati dari warna feses yang tidak normal seperti biru, menghitam, hingga abu-abu dan memutih.

7. Berat Badan Turun

Pola makan yang tidak lagi seimbang, dan nafsu makan yang berkurang akibat adanya penyakit dan lemah pada tubuh akan otomatis membuat berat badan semakin menurun. Hal ini juga bisa terjadi pada penderita penyakit saluran pencernaan yang tentu akan mengalami gangguan pada penyerapan nutrisi karena tidak berfungsiny saluran cerna tersebut seperti biasanya.

Sponsors Link

8. Mudah Lelah

Penyebab tubuh mudah lelah salah satunya adalah kondisi sakit. Dengan mengidap suatu penyakit tertentu, secara otomatis tubuh akan merasa membutuhkan energi yang lebih besar untuk bertahan. Namun, saat pertahanan imunitas tubuh itu mengalami drop karena terlalu keras bekerja, maka kondisi akan semakin lemah. Hal ini bisa dialami juga saat seseorang kehilangan banyak darah, termasuk pada penyakit usus yang membuatnya merasakan anemia.

Artikel Lainnya: Efek Kanker Darah, Perbedaan Kanker Rahim dan Kanker Leher Rahim

9. Susah BAB

Susah BAB adalah tanda bahwa saluran pencernaan termasuk usus sedang berada dalam kondisi yang tidak sehat. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari pola makan, kurang serat, hingga tumor usus yang kemudian menghalangi segala kinerja usus sebagai pencerna makanan yang dikonsumsi.

10. Darah Pada Feses

Amati perubahan yang terjadi pada feses untuk memastikan bahwa usus tidak sedang bermasalah. Kondisi usus yang tidak sehat akan memaksa darah ikut keluar bersama keluarnya feses. Hal ini bisa jadi gejala awal suatu penyakit yang kronis pada usus jika berlangsung lama.

Baca Juga:

11. Ambeien

Ambeien merupakan bentuk lain dari kondisi anus yang tidak lagi sehat. Anda bisa mencurigainya sebagai gejala tumor apabila ambeien tidak berangsur hilang dalam jangka waktu lebih dari seminggu. Normalnya, benjolan ambeien akan kempis pada hari keempat setelah buang air besar kembali lancar dan diikuti dengan pengobatan ambeien.

ads

12. Anemia

Ini adalah salah satu akibat yang terjadi apabila kondisi penderita saat buang air besar terus-menerus mengeluarkan darah. Berkurangnya darah pada tubuh akan menyebabkan anemia dan lemah pada kondisi tubuh seseorang tersebut.

13. Kulit Pucat

Penderita yang sudah kehilangan banyak darah kareana BAB dengan tidak normal akan membuatnya merasakan kekurangan darah atau anemia. Faktor anemia inilah yang kemudian membuat kulit semakin terlihat pucat pasi dan tidak lagi bergairah karena asupan darah berkurang.

14. Benjolan di Perut

Salah satu tanda adanya tumor atau kista adalah dengan adanya benjolan yang tampak pada bagian tubuh tertentu. Benjolan ini bisa jadi tidak terlihat oleh mata dari luar, namun bisa dirasakan dengan cara diraba. Waspadai jika penderita merasakan sakit di bagian sekitar perut sambil merasakan gumpalan keras yang biasanya tidak ada di bagian tersebut. Jika demikian, pemeriksaan USG atau MRI harus segera dilakukan.

15. Nafsu Makan Kurang

Efek lain yang ditimbulkan adalah berkurangnya nafsu makan setelah tubuh merasakan sakit atau sembelit yang luar biasa. Penderita bisa dikatakan terkena imbas dari rasa tidak nyaman pada bagian usus dan perut yang membuatnya tidak nyaman memasukan makanan ke dalam perut. (baca juga: Gejala Kanker Otak Stadium 1, Fotodinamik Terapi)

16. Sakit Pada Anus

Rasa sakit pada anus saat buang ar besar mungkin dirasakan sebagai hal biasa saja. Akan tetapi perlu diwaspadai apabila rasa sakit tersebut bersamaan dengan munculnya darah serta berlangsung dalam waktu yang lama meskipun perut tidak sedang merasakan sembelit. Gejala sakit pada bagian anus menjadi salah satu indikasi adanya penyakit di dalam usus, termasuk tumor.

17. Inflamasi

Peradangan tidak hanya bisa terjadi di dalam usus saja. pada penderita tumor usus juga bisa mengalami radang pada bagian lain seperti leher, pangkal paha, dan pada bagian yang terdapat kelenjar getah bening.

18. Pusing

Rasa pusing normal dialami pada jenis penyakit apapun. Umumnya, pusing dikarenakan faktor keseimbangan tubuh yang terganggu kesehatannya. Begitu juga saat seseorang dicurigai menderita penyakit serius seperti tumor. Tumor usus bisa juga diikuti dengan gejala pusing pada kepala akibat dari anemia serta kelelahan.

Baca Juga:

Sponsors Link

19. Disentri

Biasanya, disentri dialami oleh mereka yang kurang menjaga kebersihan makanan. Disentri normal semacam itu hanya ditandai dengan keluarnya darah saat dubur mengalami tekanan atau mengejang. Namun, pada disentri yang disebabkan tumor maka selain darah, bisa juga keluar nanah saat buang air besar.

20. Radang Usus Buntu

Salah satu penyebab tumor usus adalah peradangan yang terjadi pada usus besar, usus halus, atau usus buntu. Radang pada usus buntu juga disinyalir merupakan gejala yang bisa diamati saat seseorang ingin mendeteksi adanya tumor dalam usus.

21. Darah Menjadi Kental

Area sel kanker saat sudah menyebar adalah pada sel darah. Jika sel tumor tersebut sudah berubah menjadi sel kanker yang cukup ganas maka penyebarannya juga melalui darah dalam tubuh. Akibatnya kekentalan darah akan berubah drastis menjadi lebih padat dan kental disbanding darah normal.

Artikel Terkait: Kemoterapi Kanker Payudara, Gejala Kanker Tenggorokan Akibat Merokok

Mengingat pentingnya mendeteksi penyakit tumor usus sejak dini, maka diharapkan apabila penderita mengalami lebih dari 4 gejala seperti yang telah disebutkan diatas untuk segara melakukan pemeriksaan. Tindakan pemeriksaan sejak dini adalah cara penanganan yang tepat untuk penyakit tumor dan kanker yang membutuhkan pengobatan sesegera mungkin.

Demikian artikel informatif tentang gejala tumor usus yang perlu diwaspadai untuk segera mendapatkan penanganan medis sesuai kondisi pasien. Semoga bermanfaat!

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 04th, August 2017 / 02:42 Oleh :
Kategori : Kanker Usus