12 Gejala Kanker Usus Kecil yang Membahayakan Nyawa

Dalam perut terdapat berbagai organ penting yang memiliki fungsi masing-masing dalam mendukung kehidupan setiap orang. Salah satu organ penting yang perlu kita perhatikan kesehatannya adalah organ pencernaan, dimana dalam hal ini kanker usus kecil atau gejala kanker usus halus sering ditemukan. Penyebab kanker usus sendiri cukup banyak, namun faktor makanan yang tidak sehat dapat menjadi penyebab utama yang sering ditemukan di masyarakat. Gejala kanker usus halus atau usus kecil memang cukup banyak, dimana tanda-tanda kanker usus terkadang hampir sama dengan kanker usus besar. Gejala kanker usus besar pada stadium awal memang belum berbahaya, namun setelah memasuki stadium lanjut gejala kanker usus kecil dapat berakibat fatal dan sering mengancam nyawa. Adapun gejala kanker usus kecil tersebut dapat dilihat dari beberapa poin berikut ini.

Sponsors Link

1. Nyeri pada Perut

Salah satu gejala yang sering terjadi saat seseorang terkena kanker usus kecil adalah munculnya rasa nyeri pada perut dan semakin lama rasa sakit tersebut akan semakin kuat. Nyeri pada perut ini terjadi akibat aktivitas sel kanker yang terus menggerogoti usus sehingga muncul peradangan dan menimbulkan rasa sakit yang sangat menyiksa. Namun nyeri perut ini dapat menandakan berbagai penyakit sehingga diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter.

2. Merasa Mual

Gejala lainnya yang terbilang cukup sering terjadi adalah munculnya rasa mual yang berlebihan, dan kondisi ini sangat sering terjadi. Meskipun mual bisa menunjukkan pertanda masuk angin atau sedang hamil, kondisi tersebut tetap harus diwaspadai.

3. Mengalami Muntah

Selain merasa mual, tak jarang penderita kanker usus kecil mengalami muntah. Bisa jadi muntah terjadi begitu saja tanpa ada gejala awal. Biasanya muntah sangat sering terjadi karena sel kanker telah mengganggu fungsi organ pencernaan sehingga mual dan muntah dapat berlangsung berkali-kali.

4. Berat Badan Berkurang

Penderita kanker usus kecil juga bisa mengalami penurunan berat badan, dan hal ini biasanya terjadi sangat drastis. Berkurangnya berat badan dikarenakan muntah berkelanjutan membuat makanan keluar dan nutrisinya tidak bisa diserap. Selain itu sel kanker telah merusak usus sehingga tidak lagi mampu menyerap sari makanan dengan sempurna.

5. Mengalami Sembelit

Kanker usus kecil juga dapat membuat seseorang mengalami sembelit yang cukup parah. Fungsinya yang terganggu membuat pencernaan tidak lagi berjalan secara normal. Akibatnya sisa makanan menumpuk dalam usus dan sulit dikeluarkan, terutama karena usus tidak dapat melakukan gerak peristaltik dengan sempurna untuk mendorong sisa metabolisme keluar.

6. Mengalami Diare

Pada sebagian kasus, orang yang menderita kanker usus kecil tidak mengalami sembelit, melainkan mengalami diare yang berlebihan. Diare yang terjadi berlangsung cukup lama sehingga penderitanya rentan mengalami dehidrasi. Hal ini dikarenakan usus mengalami gangguan sehingga tidak mampu melakukan fungsinya secara normal.

7. Feses Berdarah

Mengalami buang air besar dengan feses yang bercampur darah tentu membuat perasaan menjadi khawatir. Feses berdarah memang banyak penyebabnya, namun jika terus terjadi dan semakin lama semakin intens, kemungkinan terdapat kanker usus kecil. Sel kanker telah merusak permukaan usus sehingga terjadi luka dan keluar darah yang bercampur dengan feses.

8. Mengalami Anemia

Keluarnya darah terus menerus baik saat buang air besar maupun muntah, dapat membuat seseorang mengalami anemia. Kanker usus kecil yang mengalami pendarahan akan mengurangi jumlah sel darah merah dalam tubuh sehingga penderitanya akan mengalami anemia berkepanjangan.

9. Kelelahan dan Tubuh Semakin Lemah

Kondisi kanker yang terus bertambah parah membuat penderitanya mengalami penurunan stamina dan daya tahan tubuh. Hal ini berdampak pada kondisi tubuh yang semakin lemah sehingga mudah mengalami kelelahan meski tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat.

10. Perut Terasa Penuh

Sel kanker yang menggerogoti usus kecil bisa juga menyerang lambung sehingga membuat penderitanya sering mengalami kondisi perut yang selalu terasa penuh atau begah. Hal ini membuat nafsu makan berkurang dan saat makan perut akan terasa sangat sakit.

11. Perut Kembung

Akibat dari sel kanker pada usus kecil hingga lambung, maka penderita akan menjadi sering mengalami kembung. Hal ini dikarenakan lambung menghasilkan gas yang berlebih sehingga perut dipenuhi gas dan terasa sangat tidak nyaman. Meski telah meminum obat, gejala ini tidak juga mereda justru terkadang semakin parah.

Sponsors Link

12. Mengalami Kram Perut

Penderita kanker usus kecil juga dapat mengalami kram perut, karena usus kecil mengalami gangguan sehingga fungsinya tidak lagi berjalan dengan normal. Kram perut atau disebut juga kolik dapat menimbulkan rasa sakit yang luar biasa sehingga diperlukan pertolongan sesegera mungkin agar gejala tersebut dapat diatasi.

Itulah gejala kanker usus kecil yang cukup berbahaya dan sangat penting untuk kita waspadai. Kanker usus kecil umumnya jarang terdiagnosis pada stadium awal, karena itu ketahui gejala tersebut dan jika Anda mengalaminya sebaiknya segera periksakan diri ke dokter agar bisa segera mendapat penanganan yang tepat.

, , , , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.