6 Gejala Kanker Usus Besar Stadium Awal Dan Penyebabnya

Kanker usus besae pengertian ciri penyebab dan diagnosisnya  juga dikenal dengan nama kanker usus besar atau kanker kolorektal dalam dunia medis. Kanker usus menyerang bagian usus besar yang menjadi organ pencernaan terakhir pada manusia. Penyakit ini biasanya terjadi pada usia lansia atau diatas 60 tahun. Kanker usus besar dimulai dengan pembentukan banyak gumpalan yang menyebar dan semakin meluas tanpa terkendali.

Sponsors Link

Penyakit kanker usus besar bisa dikenali dengan gejala-gejala yang muncul bersamaan dengan rasa nyeri di sekitar perut. Beberapa gejala yang bisa diamati untuk tanda awal kanker usus besar antara lain sebagai berikut.

1.Intensitas Buang Air Besar

Buang air besar yang tidak normal menjadi salah satu gejala yang bisa dideteksi dari penyakit kanker usus besar. Biasanya, ditandai dengan intensitas buang air besar yang abnormal, antara diare yang berlebihan atau justru susah buang air besar dengan rasa sembelit yang menyiksa perut penderitanya.

2. Darah Pada Feses

Saat intensitas buang air besar sudah tidak normal, wajib untuk mengamati tekstur pada feses. Umumnya, pada penderita kanker usus besar, feses akan disertai dengan darah. Namun, tidak semua feses yang berdarah tersebut mengindikasikan adanya kanker. Untuk darah feses yang berwarna hitam atau sangat gelap menandakan adanya gangguan pada saluran pencernaan, terutama ulkus lambung. Untuk darah segar yang berwarna merah, lebih mengindikasikan pada penyakit wasir atau luka pada saluran pembuangan.

3. Berat Badan Menurun

Penyakit kanker selalu ditandai dengan penurunan berat badan secara drastis yang tidak jelas penyebabnya. Kondisi ini juga terjadi ketika menderita kanker usus. Umumnya, pada penderita kanker usus akan disertai dengan penurunan berat badan yang lebih signifikan. Hal ini disebabkan usus sebagai bagian pencernaan sudah tidak mampu lagi menyerap sari-sari makanan dan menjalankan fungsinya dengan baik.

4. Mudah Lelah

Mudah lelah termasuk salah satu dampak dari anemia yang disebabkan oleh indikasi kanker usus dalam tubuh seseorang. Selain tubuh yang sudah tidak bisa mengambil nutrisi dengan baik, mudah lelah juga disebabkan massa sel tumor yang semakin berkembang.

5. Muntah

Muntah merupakan salah satu indikasi ada yang tidak beres dalam saluran pencernaan seseorang. Bila terjadi muntah, juga bisa menandakan hal yang tidak baik pada organ pencernaan terutama pada usus. Ini juga merupakan tanda tanda kanker usus dalam tubuh seseorang.

6. Anemia

Kondisi kurang darah atau anemia sangat mungkin dialami oleh mereka yang terindikasi penyakit kanker. Penyebab dari anemia itu sendiri awalnya tidak akan diketahui dengan jelas. Bersamaan dengan itu, kondisi tubuh akan semakin menurun dan menyebabkan kekurangan darah pada waktu tertentu.

Sponsors Link

Gejala tersebut terkadang terlihat seperti penyakit yang biasa pada umumnya. Gejala juga tidak semua dirasakan oleh penderita. Oleh sebab itu, sangat sulit untuk mendeteksi kanker usus besar yang ada di dalam tubuh bila tidak disertai pemeriksaan lebih lanjut. Jika memang dialami beberapa diantara gejala tersebut maka yang disarankan adalah segera melakukan pemeriksaan ke dokter, terutama bagi anda yang berusia 50 tahun keatas. Selain pengobatan medis, juga bisa dilakukan metode pengobatan kanker usus besar tanpa operasi untuk menyembuhkan penyakit mematikan ini.

Kanker usus besar umumnya disebabkan oleh faktor kebiasaan tidak sehat dari gaya hidup serta pola makan yang sembarangan. Beberapa penyebab gejala kanker usus besar diantaranya adalah:

  • Sering mengonsumsi daging merah, kekurangan serat
  • Rokok dan minuman beralkohol yang berlebihan
  • Obesitas dan berada di usia diatas 50 tahun
  • Kurang olahraga
  • Faktor keturunan yang mengidap penyakit kanker usus besar
  • Pernah menderita penyakit gangguan pencernaan.

Sekian artikel seputar gejala kanker usus besar stadium awal yang bisa kami sampaikan. Dengan mengetahui gejala kanker usus besar stadium awal diharapkan kita semua bisa semakin tahu bahwa pola hidup sehat harus diterapkan sejak sekarang. Semoga bisa bermanfaat untuk pembaca!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Kanker Usus

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.