15 Gejala Awal Kanker Usus Besar yang Harus Diwaspadai

Kanker usus mungkin terjadi tanpa gejala. Untuk alasan ini, penting untuk dilakukan pemeriksaan tubuh secara teratur agar kanker usus dapat terdeteksi lebih awal. Namun, tidak semua kanker usus tanpa gejala. Salah satu gejala awal kanker usus adalah perdarahan. Namun, kadangkala volume perdarahan yang berasal dari tumor kanker usus sangat sedikit dan baru terdeteksi dengan pemeriksaan laboratorium. Berikut ini beberapa Gejala Awal Kanker Usus Besar

Sponsors Link

baca juga: tanda awal kanker usus

1. Perubahan kebiasaan buang air besar

Penderita dapat mengalami konstipasi atau susah buang air besar serta diare atau mencret secara bergantian walaupun gejala yang lain yang kurang serius dapat mejadi gejala awal kanker usus. Riwayat gejala perubahan kebiasaan buang air besar dapat dideskripsikan sebagai perubahan frekuensi defekasi, konsistensi tinja, bentuk tinja dan kesulitan mengeluarkan tinja. Dan seringnya istilah konstipasi dan diare sering digunakan untuk menjelaskan gejala yang dialami. Di United Kingdom, istilah perubahan kebiasaan buang air besar dideskripsikan dengan spesifik sebagai mengeluarkan tinja yang lembek atau peningkatan frekuensi buang air besar yang terjadi selama 6 minggu terutama pada pasien yang berusia lebih dari 60 tahun. Pada praktik kedokteran umum, kecurigaan kanker usus jika perubahan kebiasaan buang air besar ini disertai dengan perdarahan.

baca juga: pengobatan kanker usus

2. Darah bercampur tinja

Munculnya darah dapat menjadi suatu tanda peringatan saluran cerna anda sedang bermasalah. Munculnya darah pada tinja dapat disebabkan perdarahan saluran cerna atas atau perdarahan dari saluran cerna bagian bawah. Batas atas dan bawah dari salurn cerna adalah ligamentum treitz. Perdarahan dari saluan cerna belum tentu menunjukan suatu kanker. Penyakit lain juga dapat memunculkan gejala perdarahan dari saluran cerna seperti wasir, ulkus gaster, ulkus duodenum, kolitis ulseratif dan penyakit chron. Selain itu, beberapa makanan tertentu juga dapat menyebabkan warna tinja menjadi kemerahan atau kehitaman seperti buah bit atau makanan yang mengandung besi. Sehingga sering di salah artikan sebagai darah pada tinja.

baca juga: gejala kanker usus pada anak

Berdasarkan penelitian, 70% pasien yang menderita kanker usus mengeluhkan perdarahan pada saluran cerna yang berwarna merah terang, 22% penderita mengalami perdarahan saluran cerna berwarna merah gelap, dan 8% berwarna merah burgundy atau merah marun. Sebagian besar penderita kanker usus yang mengalami perdarahan berwarna merah terang, mengalami perdarahan yang berasal dari usus besar yang berjarak 60 cm. Pada pusat pelayanan kesehatan primer, darah yang bercampur tinja yang berwarna kehitaman lebih memiliki kecenderungan disebabkan oleh kanker usus.

baca juga: gejala kanker usus stadium awal

3. Anemia yang tidak dapat dijelaskan

Anemia adalah suatu keadaan tubuh kekurangan darah merah atau eritrosit. Sel darah merah ini mengandung hemoglobin yang bila berikatan dengan oksigen dapat memberikan warna merah pada selnya. Sesuai dengan fungsinya sel darah merah bertugas untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh. Jika anda mengalami anemia, tubuh anda akan cepat letih, lelah, lemas lesu dan lunglai. Anda dapat mengistarahatkaan diri anda supaya gejala berkurang. Namun, penyebabnya harus diidentifikasi. Jika tubuh anda tidak terlihat mngalami perdarahan secara kasat mata mungkin, terjadi perdarahan tersembunyi yang tidak diketahui. Organ yang sering mengalami perdarahan tersembunyi adalah usus. Pada tahap awal penyakit, perdarahan dapat muncul secara tersembunyi sehingga memerlukan pemeriksan lebih feses lengkap atau FOBT (fecal occult bleeding time)

baca juga: pengobatan alternatif kanker usus

4. Distensi perut

Distensi perut atau perut yang mereggang akibat kanker usus yang sudah menyumbat usus dan menyebabkan cairan serta makanan tidak dapat lewat. Makanan akan terus masuk namun tidak bisa keluar. Untuk mengurangi gejala biasanya dibuat kolonostomi untuk mengeluarkan isi makanan. Kolonostomi ini bisa dibuat sementara atau seterusnya tergantung tingkat keparahan kanker usus.

baca juga: gejala kanker usus kecil

Sponsors Link

5. Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan sebabnya

Dua penelitian telah menjelaskan bahwa populasi umum memiliki prevalensi penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan sebesar 2.3% dan 3.3%. Masih terdapat perbedaan pendapat mengenai definisi penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan. Namun, jika kehilangan berat badan 5% dari berat badan tubuh selama 6- 12 bulan tanpa sedang bermaksud untuk menurunkan berat badan dengan menjaga makan dan berolahraga, maka penurunan berat badan ini dipikirkan sebagai suatu gejala yang signifikan. Penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas ini dapat terjadi tidak hanya pada kanker usus namun juga dapat terjadi pada kanker usus jinak yang cukup serius seperti inflammatory bowel disease, pasien juga bisa menurunkan berat badannya sendiri namun berat badannya dapat kembali normal dalam waktu 9-42 minggu.

baca juga: cara pengobatan kanker usus besar

6. Lemah

Keadaan tubuh yang sering lemah mungkin disebabkan kekurangan darah yang dialami oleh pasien. Selain itu, massa tumor juga menyebabkan gangguan penyerapan nutrisi seperti air, karbohidrat, protein dan lemak yang diperlukan tubuh. Akibatnya tubuh kekurangan nutrisi untuk tubuhnya. tumor kanker usus sendiri menyerap banyak nutrisi yang di miliki tubuh sehingga tubuh menjadi sangat kekurangan makanan. Pada akhirnya berat tubuh menjadi berkurang cukup banyak.

baca juga: tanda awal kanker usus besar

7. Muntah

Tumor kanker usus dapat menyebabkan sumbatan pada usus, makanan dan air tidak dapat dikeluarkan dan diserap. Keadaan ini dapat menyebabkan penumpukan cairan pada usus dan saluran cerna. Karena terlalu penuh air dapat keuar lewat mulut dan menjadi muntah. Selain itu, adanya iritas dari kanker usus merangsang saraf yang menyebabkan muntah. Karena itu ambang muntah pasien dapat menurun dan dengan sedikit rangsangan dapat memicu muntah.

baca juga: gejala awal kanker usus

ads

8. Nyeri perut

Sekitar 15-30% populasi umum memiliki gejala nyeri perut di beberapa tahun belakangan ini. Nyeri perut mungkin dapat menjadi gejala dari usus yang tirirtasi karen penyakit iritabel bowel disease. Namun penyakit ini lebih sering menjangkit orang yang berusia lebih muda dan biasanya berhubungan dengan diare. IBS biasanya akan kambuh kembali selama periode waktu yang lebih panjang. Namun, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa sekitar 45-90% pasien memiliki kanker usus proksimal dan 10-50% pasien memiliki kanker usus distal. Karena gejala nyeri ini tidak spesifik, jika nyeri disertai dengan perdarahan yang bercampur dengan tinja makan, keduanya dapat dianggap sebagai fitur yang dapat digunakan untuk prediksi terjadinya kanker usus kanker usus.

baca juga: ciri kanker usus 12 jari

9. Benjolan yang teraba di perut

Benjolan yang dicurigai sebagai kanker usus jika teraba benjolan pada perut bawah kanan dan perut bawah kiri walupun insidennya lebih jarang ditemukan. Benjolan pada perut juga bisa menjadi penanda penyakit yang lain seperti usus bunu atau mioma uteri. Perlu data yang lain untuk menambah kepastian suatu diagnosis kanker usus.

baca juga: kanker usus besar stadium 4

10. Benjolan yang teraba dari anus

Benjolan yang teraba dari usus biasanya dianggap sebagai wasir. Namun, dengan pemeriksaan rektal dapat dibedakan antara kanker usus atau wasir. Pada suatu penelitian, pemeriksaan oleh dokter umum memiliki keakuratan sebesar 82% dengan tingkat false negatif sebesar 18%. Penelitian saat menunjukan bahwa pasien yang berusia lebih dari 34 tahun yang diperiksa oleh dokter umum mengeluhkan juga perdarahan dari usus rektum sebesar 36%.

baca juga: gejala kanker usus halus

11. Anemia defisiensi besi

World Health Organisation (WHO) mendefinisikan anemia defisiensi besi sebagai kadar Hb dibawah 13 g% pada laki- laki diatas 15 tahun dan dibawah 12 g% pada wanita yang tidak hamil yang memiliki usia lebih dari 15 tahun. Selain itu, untuk lebih memastikan anemia defisiensi besi dapat dianalisa hasil darah dan kadar serum besi. Penyebab anemia defisiensi besi adalah obat antinyeri NSAID, kanker usus, kanker lambung dan penyakit coeliac. Anemia defisiensi besi merupakan indikator klasik dari kanker usus. Anemia ini muncul pada 11- 57% kanker dan terutama terjadi pada 80% pada tumor sisi kanan.

baca juga: tanda tanda kanker usus

12.Presentasi akut

Sekitar 25-40% kanker usus merupakan keadaan akut yang memerlukan rawat inap ke pusat pelayanan sekunder serperti rumah sakit Tipe A dan tipe B. Dengan pengenalan yang lebih baik terhadap gejala yang signifikan pada presentasi awal, kasus kanker usus dapat secara mungkin dirujuk sebelum gejala akut muncul.

baca juga: gejala kanker usus besar

Sponsors Link

13. Tidak bisa kentut

Massa tumor usus dapat tumbuh besar dan menyebabkan sumbatan pada usus. Usus adalah organ berongga tempat lewatnya sisa makanan dan zat- zat yang tidak diperlukan oleh tubuh. Masssa tumor kanker usus yang besar ini akan menyebabkan obstruksi atau sumbatan pada usus yang tidak bisa dilewati sisa makanan bahkan udara. Karena itu pada awalnya pasien dapat datang ke unit gawat darurat karena nyeri perut hebat yang disertai dengan gejala tidak bisa kentut atau flatus.

Baca juga: Gejala Kanker Usus Pada Anak

14. Penurunan nafsu makan

Nafsu makan yang menurun dapat disebabkan karena gangguan penernaan akibat massa tumor yang menggangu pergerakan usus. Apapun gangguan ini dapat menyebabkan gejala mual dan muntah, gejala ini dapat menurunkan nafsu makan penderita dan bahkan bisa menyebabkan penurunan berat badan yang cukup signifikan

Baca juga: Gejala Tumor Pankreas

15. Gejala metastase ke organ lain

Kanker usus sering tidak disadari gejalanya sehingga kanker usus sudah mencapai stadium lanjut. Pada stadium ini kanker usus sudah mengalami penyebaran ke organ lain seperti ke otak, paru, ginjal, hati dan tulang. Sering kali gejala awal yang dikeluhkan adalah dari organ lain selain usus.

Baca juga:

, ,
Oleh :
Kategori : Kanker Usus

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.