7 Jenis Buah yang Boleh Dimakan Penderita Kanker Usus

Banyaknya jumlah penderita kanker yang terus bertambah dari tahun ke tahun menjadi gambaran bahwa pola hidup yang dijalani masyarakat kurang sehat. Banyak sekali penderita kanker usus yang harus menjalani sisa hidupnya di rumah sakit atau menjalani pengobatan kemoterapi yang menyakitkan, dan penderita kanker bisa dibilang dapat menyerang siapa saja tanpa memandang usia. Tanda awal kanker usus memang jarang dirasakan oleh para penderitanya, karena pada stadium 1 sel kanker hanya berupa bibit dan belum menyebar ke organ lainnya, termasuk gejala awal kanker usus besar.

Sponsors Link

Penyebab tumor usus besar kebanyakan dikarenakan mengkonsumsi makanan penyebab kanker usus yang dilakukan secara berlebihan atau terlalu sering. Untuk memastikan seseorang terkena kanker usus atau tidak, diperlukan tindakan biopsi kanker usus oleh tenaga medis. Bila terlambat ditangani, kanker usus bisa semakin parah hingga mengakibatkan kanker usus besar stadium 4. Jadi jika bisa diketahui sejak dini pengobatan kanker usus dapat memberikan peluang kesembuhan yang lebih besar. Sebagian orang menjalani pengobatan kanker usus dengan memanfaatkan tanaman obat kanker usus, apalagi jika dibantu dengan mengkonsumsi buah yang boleh dimakan penderita kanker usus seperti berikut ini.

1. Alpukat

Anda tentu sering mendengar kalau buah alpukat dapat mengatasi dan mencegah penyakit kanker. Hal tersebut memang ada benarnya, dan khasiat buah alpukat untuk penyakit kanker lebih besar untuk penderita kanker usus. Penderita kanker usus yang mengkonsumsi alpukat setiap hari akan memiliki kesehatan yang lebih baik, sel kanker lebih lambat berkembang dan bahkan buah ini efektif dalam mencegah tumbuhnya kanker usus. Hal ini dikarenakan nutrisi yang sangat lengkap dari buah alpukat dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, antioksidannya juga dapat menangkal radikal bebas penyebab kanker, dan tentu saja alpukat dapat membantu proses pencernaan sehingga usus tidak terbebani dalam menjalankan fungsinya.

2. Anggur

Buah anggur memang banyak memberikan manfaat bagi tubuh, baik dalam hal kesehatan maupun kecantikan. Anggur mengandung antioksidan dan vitamin C yang sangat tinggi, sehingga sangat efektif untuk mencegah dan mengatasi kanker usus. Penderita kanker usus dapat mengkonsumsi buah anggur setiap hari agar penyakitnya tidak menyebar dengan cepat. Buah anggur juga dapat mendukung proses penyembuhan dan meningkatkan efektivitas obat yang dikonsumsi penderita kanker. Dengan begitu penderita kanker usus dapat lebih cepat sembuh dan daya tahan tubuhnya ikut meningkat.

3. Tomat

Kebanyakan orang menganggap tomat hanya efektif untuk mengatasi kanker prostat, padahal tomat juga mampu mencegah dan mengatasi kanker usus maupun kanker yang terdapat pada organ pencernaan lainnya. Tomat mengandung likopen yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, juga kaya antioksidan dan berbagai vitamin untuk melindungi tubuh dari kerusakan akibat senyawa radikal bebas yang dapat menyebabkan munculnya sel kanker di dalam tubuh. Jadi, biasakan rutin mengkonsumsi tomat baik dalam keadaan mentah maupun direbus atau dijadikan produk olahan tomat lainnya.

4. Berry

Berbagai jenis buah yang tergolong berry-berryan seperti strawberry, blueberry, acai berry maupun raspberry sangat kaya antioksidan, antosianin dan flavonoid. Buah-buahan ini dipercaya mampu mencegah dan mengatasi kanker usus hingga penderita kanker usus lebih cepat mengalami penyembuhan. Tentunya buah berry harus dikonsumsi setiap hari agar manfaatnya dapat  dirasakan secara nyata. Buah berry juga dapat mengeluarkan toksin dari dalam tubuh sehingga tubuh semakin sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

5. Nanas

Buah nanas juga ternyata dapat membantu mengatasi masalah kanker sehingga sangat bagus dikonsumsi penderita kanker usus. Nanas memang dimitoskan dapat menyebabkan keputihan berlebih pada wanita, namun hal tersebut tidaklah benar. Nanas mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu nanas mampu mengaktifkan imunitas alami tubuh sehingga tubuh lebih kuat dalam melawan toksin dan mencegah kerusakan DNA yang menjadi pemicu munculnya sel kanker.

6. Sirsak

Banyak orang yang tahu bahwa buah sirsak memang bagus dikonsumsi penderita kanker untuk membantu proses penyembuhannya, bahkan bagus dikonsumsi oleh orang yang sehat agar terhindar dari kanker. Bahkan daun sirsak pun memiliki kemampuan yang sama dalam memerangi penyakit kanker usus. Senyawa flavonoid dalam buah sirsak mampu mengatasi penyakit kanker dan dalam dosis tertentu bahkan memiliki efektivitas yang sama seperti pengobatan kemoterapi.

Sponsors Link

7. Buah Naga

Buah satu ini memang dikenal sebagai buah super yang kaya manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah berbagai penyakit termasuk kanker usus. Buah naga dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker, terutama yang berdaging merah karena kandungan antosianin yang sangat tinggi. Senyawa tersebut akan menekan aktivitas sel kanker sekaligus meningkatkan tahan tubuh sehingga tubuh lebih kuat untuk melawan aktivitas sel yang tidak terkendali sebagai cikal bakal terbentuknya kanker usus.

Itulah buah yang boleh dikonsumsi penderita kanker usus yang perlu diketahui orang banyak. Selain efektif dalam menghambat sel kanker menyebar luas, buah tersebut juga ampuh mencegah penyakit kanker muncul sehingga buah-buahan di atas sangat bagus dikonsumsi oleh siapa saja.

, , , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.