Berapa Biaya Kemoterapi Kanker Usus Besar? Ini Jawabannya

Kanker usus besar merupakan salah satu jenis kanker yang terjadi di usus besar. pada umumnya, gejala kanker usus besar yang sering terjadi adalah saat BAB keluar darah. Penyakit ini asalnya dari tumor jinak yang bisa kita sebut dengan polip.

Sponsors Link

Sampai detik ini penyebab terjadinya kanker usus besar masih belum diketahui secara jelas. Akan tetapi ada beberapa hal yang diduga bisa membuat seseorang dapat terkena kanker usus besar. Umumnya adalah beberapa kebiasaan buruk seperti berikut ini.

  1. Jarang mengonsumsi sayuran
  2. Terlalu sering makan-makanan lemak dan daging merah
  3. Sering merokok
  4. Sering minum-minuman keras
  5. Jarang melakukan Olahraga
  6. Sering konsumsi suplemen yang banyak mengandung bahan kimia.

Selain karena kebiasaan hidup yang buruk, penyebab kanker usus besar juga dapat diderita oleh beberapa hal berikut.

  • Rata-rata usianya di atas 50 tahun
  • Mempunyai riwayat orang tua maupun saudara yang terkena kanker usus besar.
  • Pernah menderita penyakit polip usus
  • Mengalami obesitas, atau kelebihan berat badan dia atas normal
  • Pernah menderita diabetes
  • Pernah menderita penyakit radang usus
  • Pernah melakukan radioterapi di sekitar perut
  • Memiliki kelainan genetik yang sering disebut familial adenomatous polyposos atau juga disebut sindrom Lynch

Beberapa gejala kanker usus besar pada stadium awal di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Sering diare dan sembelit
  2. Perut sering terasa kembung
  3. Terjadinya kram arau sering merasakan sakit pada perut
  4. Adanya perubahan warna pada tinja serta bentuknya
  5. Saat BAB, darah ikut keluar
  6. Sering merasa kelelahan
  7. BAB selalu tidak tuntas
  8. Terjadi penurunan berat badan yang cukup drastis
  9. Pandangan mulai kabur
  10. Sering sakit kepala

Pengobatan Kanker Usus Besar

Setiap penyakit pasti memiliki cara keluarnya. Begitu juga dengan pengobatan kanker usus besar ini. ada beberapa cara pengobatan kanker usus besar ini. Salah satu cara pengobatan usus besar adalah dengan kemoterapi. Kemoterapi adalah pengobatan yang menggunakan berbagai macam obat-obatan tujuan menghancurkan sel-sel kanker. Pengobatan menggunakan kemoterapi sendiri baru bisa dilakukan apabila kanker sudah menyebar ke bagian kelenjar getah bening. Dengan menggunakan metode ini, diharapkan sel kanker tidak tumbuh lebih meluas lagi.

Pengobatan dengan metode kemoterapi ini dapat dilakukan setelah operasi maupun sebelum operasi. Jika dilakukan setelah operasi, maka penyebaran kankernya sudah cukup meluas atau tidak bisa dilakukan dengan metode operasi saja. sedangkan jika dilakukan sebelum operasi, metode kemoterapi ini dapat dilakukan untuk menyusutkan sel kanker sehingga nanti saat dioperasi lebih mudah dalam pengangkatan sel kankernya.

Sponsors Link

Biaya Kemoterapi kanker usus besar

Seperti yang sudah diketahui bahwa pengobatan kanker memerlukan biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu, bagi orang-orang yang kelas ekonominya menengah ke bawah akan kesulitan dalam membiayai pengobatan kanker. Begitu juga dengan Biaya Kemoterapi Kanker Usus Besar yang satu ini. Meskipun operasi telah dilakukan, namun dalam keadaan tertentu dokter terkadang menyarankan pasien untuk dilakukan kemoterapi. Beberapa kondisi yang selalu diperhatikan untuk menjalani kemoterapi adalah sebagai berikut.

  • Mematikan sel kanker agar tidak tumbuh kembali

Meskipun metode operasi telah dilakukan, namun keadaannya akan berbeda jika sel kanker telah menyebar jauh dari usus besar. Maka dari itu, untuk mengantisipasi penyebaran kanker yang lebih luas lagi, kemoterapi menjadi jalan yang terbaik.

Sponsors Link

  • Mematikan sel kanker secara tuntas

Pada saat kita dilakukan operasi, dokter hanya mengangkut sel kanker yang sudah mulai tumbuh ganas di sekitar usus besar. akan tetapi, sel kanker tidak hanya berjumlah satu jenis saja. apalagi sel-sel kanker “bersembunyi” di sekitar aliran darah maupun sistem limfatik atau kelenjar getah bening. Hal tersebut bisa membuat sel kanker lainnya akan tumbuh di masa yang akan datang. Maka dari itu, pengobatan menggunakan kemoterapi perlu dilakukan pasca operasi.

Nah, dari sisi biaya yang harus ditanggung untuk sekali penggunaan kemoterapi, umumnya adalah Rp 2 Juta. Meskipun terlihat “murah” akan tetapi, hal itu hanya dilakukan dalam sekali saja. perlu Anda ketahui bahwa rata-rata penggunaan kemoterapi dilakukan selama 4 hingga 12 kali pengobatan. Artinya, untuk pengobatan kemoterapi secara keseluruhan, total biaya yang harus dikeluarkan bisa mencapai Rp 8 juta hingga Rp 24 Juta. Hal tersebut merupakan biaya yang cukup tinggi dan itu belum termasuk biaya untuk melakukan operasi.

Itulah kira-kira biaya kemoterapi kanker usus besar secara total. Dengan biaya yang cuup besar seperti itu, kita bisa melihat bahwa pengobatan usus besar termasuk cukup tinggi dan menguras kantong kita demi kesehatan. Untuk referensi lainnya, Anda bisa coba pengobatan kanker usus besar tanpa operasi dan biaya operasi tumor usus besar. semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk pembaca semua.

, , ,
Oleh :
Kategori : Kanker Usus

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.