4 Lembaga Yayasan Peduli Kanker Indonesia

Kanker adalah penyakit yang menguras tenaga, waktu, materi serta perasaan pasiennnya. Para penderita dan survivor kanker embuat sebuah komunitas sebagai suatu wadah untuk berkumpul dan berbagi pengalaman mengenai penyakit kanker yang sedang atau mereka alami. Harapannya melalui komunittas ersebut penderita kanker tetap semangat melawan penyakitnya dan tidak merasa ditinggalkan atau dikucilkan. Bahkan beberapa penyakit kanker yang terbanyak di Indonesia memiliki wadah khusus untuk penykit tersebut seperti kanker payudara, kanker leher rahim serta kanker pada anak contohnya leukimia. Berikut ini beberapa lembaga yayasan peduli kanker di Indonesia

Sponsors Link

1. Yayasan Kanker Indonesia (YKI)

  • Sejarah

Yayasan Kanker Indonesia awalnya bernama Yayasan Lembaga Kanker Indonesia (YLKI) didirikan pada tanggal 17 April 1977 oleh 17 tokoh masyarakat dan pemerhati kesehatan yang terpanggil untuk mendirikan Yayasan Kanker Indonesia (YLKI). Kemudian berganti nama menyajdi Yayasan Kanker Indonesia pada tahun 1987 dengan ketua umum pertama adalah Prof.Dr.Soedarto Pronggoutomo SP.PA (1977-1978), kemudian dilanjutkan oleh ibu Karlina Umar Wirahadikusuma (1978-2006). (Baca Juga: Manfaat Daun Sirih Untuk Kanker , Manfaat Air Lemon Untuk Kanker)

Pendirinya yayasan ini adalah

  • Dr. Mohammad Hatta
  • Let. Jend. Ali Sadikin
  • Prof.DR.G.A.Siwabessy
  • Prof.Dr.Soedarto Pronggoutomo
  • Satoto Hoepedio
  • Prof.Dr.Asmino
  • DR.Arifin M,Siregar

(baca juga : Efek Kemoterapi Kanker Getah Bening, Manfaat Apel Untuk Kanker)

Para tokoh masyarakat ini berpikiran bahwa masalah utama dalam penanggulangan masyarakat adalah kurangnya pengetahuan mengenai penyakit kanker sehingga kesadaran untuk melakukan perilaku hidup sehat demi mengurangi risiko kanker dan melakukan skrining kanker adalah kurang. Hal ini berdampak dari banyaknya kanker yang ditemukan dalam stadium yang telah lanjut dan amat sulit ditatalaksana karena prognosisnya sudah sangat kecil. (Baca juga : Gejala Kanker Anal , Manfaat Vitamin C Untuk Kanker )

  • Visi

Visi yayasan ini adalah Masyarakat PEDULI Kanker, yaitu

  1. Memberikan (PE)erhatian bahwa kanker bukan masalah individu atau keluarga, melainkan masalah bersama masyarakat
  2. Memberikan (DU)kungan baik moral maupun material sesuah dengan kemampuan dan kapasitas anggota lembaga.
  3. Memberikan (LI)dungan agar para penderita kanker merasa terayomi sehingga timbul semangat diri untuk mencari solusi terbaik dalam upaya pengobatan maupun peningkatan kualitas hidup pasien kanker. (Baca juga : Jenis Kanker Tulang , Manfaat Chia Seed Untuk Kanker)
  • Misi

Misiyang dimiliki yayasan ini adalah meningkatkan kepedulian masyarakan agar mau menjalankan hidup sehat melalui pelayanan kesehatan primer yang meliputi promotif, preventif dan suportif.

Sponsors Link

  • Tujuan

Yayasan Kanker Indonesia merupakan lembaga non-profit yang bersifat sosial dan kemanusiaan di bidang kesehatan khususnya peduli terhadap penyakit kanker. Yayasan ini bertujuan untuk menanggulangi kanker dengan meningkatkan pelayanan medis primer berupa promotif, preventif dan suportif. Ketiga kegiatan ini ditujukan bagi orang yang sehat dan belum menderita kanker. Promotif biasanya dilakukan melalui berbagai penyuluhan berupa poster, leaflet, seminar. Sedangkan preventif adalah sebuah usaha untuk mencegah agar orang sehat tidak terpapar faktor risiko penyebab kanker. Sedangkaat suportif adalah kegiatan yang bertujuan untuk memberikan dukungan dan semangat bagi penderita kanker untuk melawan penyakitnya. Biasanya berupa sharing pengalaman dan konsultasi mengenai perjalanan terapi.  (Baca juga : Gejala Kanker Tulang Sesuai Jenisnya , Manfaat Daun Afrika Untuk Kanker)

Yayasan ini mengadakan kerja sama dibanyak pihak seperti pemerintah, organisasi profesi, lembaga swadaya masyarakat, swasta da dunia usaha baik di dalam maupun luar negeri.

  • Program

Yayasan Kanker Indonesia (YKI) mempunyai berbagai program pencegahan kanker yang memberikan prioritas pada 10 kanker terbanyak di Indonesia, yaitu:

  1. Kanker Leher Rahim
  2. Kanker Payudara
  3. Kanker Hati
  4. Kanker Paru
  5. Kanker Kulit
  6. Kanker Nasofaring
  7. Kanker Kolorektal
  8. Leukimia
  9. Trofoblas ganas
  10. Limfoma Maligna

Yayasan Kanker Indonesia memiliki cabang yang tersebar di seluruh daerah Indonesia, Untuk mengetahui alamatnya anda bisa mengunjungi website yayasan kanker Indonesia.

2. Yayasan Kanker Payudara Indonesia

  • Sejarah

Menurut data yang ada , kanker payudara meningkat setiap tahun dan menjadi penyakit yang merupakan penyebab utama dari kematian wanita akibat penyakit kanker. Sebuat penelitian GLOBOCAN 2012 menyatakan peningkatan yang mencolok pada kasus kanker payudara. Penelitian ni merekomendasikan kanker payudara menjadi prioritas untuk dilakukan penyuluhan dalam rangka pencegahan. Yayasan ini didirikan pertama kali dengan naman Yayasan Kesehatan Payudara Jakarta (YKPJ) pada tanggal 19 Agustus 2003 sebagai organisasi nirlaba yang berkerja sama dengan pemerintah. Sejak bulan Januari 2015 Yayasan ini berganti nama menjadi Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI). (Baca juga : Penyebab Kanker Batang OtakGejala Kanker Kulit Kepala)

  • Visi

Yayasan kanker payudara Indonesia memiliki visi yaitu menuju Indonesia bebas kanker payudara stadium lanjut

  • Misi

Misi yang dimiliki oleh yayasan peduli kanker payudara inia adalah

  1. Deteksi dini kanker payudara menjadi bagian dari cek kesehatan seharihari atau general check up
  2. Pelayanan deteksi dapat dilakukan oleh semua rumah sakit
  3. Penyuluhan kepada masyarakan tentang kanker payudara dpat dilakukan oleh tenaga kesehatan dan relawan terlatih
  4. Penderitaan pasca pelayanan kanker payudara dapat dikurangi dan penderita pasca kanker dapat melakukan kegiatannya sehari-hari

(Baca Juga: Manfaat Akupresur Untuk Kanker , Manfaat Petai Untuk Kanker)

  • Tujuan

Tujuan dari yayasan ini ada tiga hal yaitu

  1. menurunkan angka kejadian kanker payudara stadium lanjut
  2. meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat terhadap kanker payudara
  3. menemukan kasus kanker payudara dalam stadium yang masih dini.
  • Program

Program yang ditawarkan yayasan ini sebagian besar memiliki prinsip pencegahan dan promosi kesehatan melalui berbagai seminar dan talkshow. Selain itu dikembangkan juga website yayasan yang memuat info mengenai kanker payudara dan melakukan donasi bagi penderita kanker pyaudara. Selain itu, yayasan ini juga menawarkan penapisan mammografi yang dapat diakukan pendaftaran melalu website yayasan kanker payudara Indonesia.  (Baca juga: Manfaat Bekam Untuk Kanker , Manfaat Daun Sirsak Untuk Kanker)

3. Yayasan Peduli Kanker Serviks

Selain, yayasan peduli kanker payudara, kanker lain pada wanita yang menduduki peringkat teratas dari kanker pad wanita adalah kanker serviks atau kanker leher rahim. (Baca Juga : Manfaat Singkong Untuk Kanker , Tanda Kanker Pita Suara)

  • Sejarah

Yayasan ini berawal dari sekelompok masyarakat yang peduli dengan kesehatan reproduksi wanita. Kemudian komunitas ini membentk Gerakan Peduli kanker Serviks pada tanggal 1 Agustus 2014 yang berganti nama menjadi Yayasan Peduli Kanker Serviks

  • Program

Program yang dimiliki yayasan ini adalah seputar upaya promotif dan preventif kanker payudara dengan mendukung program pemerintah dalam menggalakan Gerakan Pencegahan dan Deteksi Dini kanker pada wanita. (baca juga : Manfaat Daun Kelor Untuk Kanker, Gejala Awal Kanker Lambung)

Sponsors Link

4. Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia

Yayasan kasih anak Kanker Indonesia adalah wadah masyarakat yang peduli dengan nasib anak yang menderita kanker apa pun.

  • Visi

Setiap anak Indonesia yang menderita kanker berhak mendapat pengobatan dan perawatan yang sebaik-baiknya serta hak belajar dan bermain selama melakukan pengobatan dapat terpenuhi seperti anak yang sehat. (baca juga :Makanan Pemicu Kanker Payudara, Makanan Pemicu Kanker Serviks)

  • Misi

Misi yayasan ini adalah dengan mengakomodasikan antara fasilitas pendidikan, transportasi bagi anak- anak penderita kanker yang memerlukan perawatan di rumah sakit terutama di kota- kota besar. Selain itu, Yayasan ini berusaha menyediaka informasi bagi masyarakat awam dalam menghadapi berbagai perawatan dan terapi kanker dan usaha-usaha lain yang berguna bagi anak penderita kanker. (baca juga : Gejala Awal Kanker Lidah, Gejala Kanker Darah)

Itulah tadi beberapa yayasan peduli kanker yang dapat anda ketahui untuk menambah wawasan anda. Ternyata, di Indonesia banyak sekali komunitas yang peduli terhadap berbagai kanker mulai dari orang dewasa dan anak- anak. Dengan masih banyaknya lembaga yang peduli terhadap penyakit kanker di Indonesia, masyarakat baik miskin atau kaya yang menderita kanker dapat mendapat pengobatan dan perawatan yang tepat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Kanker Umum

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.