13 Gejala Kanker Yang Sering Diabaikan dan Berbahaya

Kita cenderung menganggap kanker sebagai penyakit tunggal. Tapi sebenarnya itu bukan penyakit tunggal sama sekali. Ini sekelompok yang berbeda. Dan dengan variasi itu, muncul banyak gejala yang berbeda. Beberapa di antaranya begitu halus atau tampaknya tidak berhubungan. Atau lebih buruk lagi, diabaikan begitu saja seperti gejala awal kanker mulut rahim.

Sponsors Link

13 Gejala Kanker Yang Sering Diabaikan

Anda mungkin bisa mengisi sebuah buku dengan akun tentang gejala-gejala kanker yang tidak terduga yang diderita orang sebelum akhirnya mereka mendapatkan diagnosis. Tapi ternyata ada yang beberapa gejala kanker umum yang kita dapat di mencari. Berikut adalah 13 gejala kanker yang sering diabaikan yang seharusnya tidak Anda abaikan.

1. Kelelahan atau Kelemahan

Kita semua merasa sedikit lelah dari waktu ke waktu. Mungkin Anda begadang membaca novel baru itu. Atau mungkin, seperti saya baru-baru ini, Anda memutuskan untuk pergi ke konser di tengah minggu dan tidak mendapatkan cukup istirahat. Dalam kasus semacam itu, normal untuk merasa sedikit lelah dalam waktu singkat seperti tanda-tanda kanker paru-paru.

Tetapi jika tidak ada alasan yang jelas untuk kelelahan Anda, atau jika itu berlarut-larut untuk waktu yang lama, itu adalah bendera merah. Dan seharusnya tidak diabaikan. Kelelahan, atau perasaan lemah yang tidak dapat dijelaskan, adalah salah satu gejala paling umum yang dilaporkan oleh orang-orang tidak peduli kanker apa yang mereka miliki.

2. Perubahan kuku atau kuli

Garis-garis atau titik-titik coklat atau hitam yang tidak dapat dijelaskan muncul di bawah kuku jari Anda? Mereka bisa terhubung ke kanker kulit. Dan jika kuku Anda berubah sangat pucat, atau bahkan putih, itu bisa menjadi tanda kanker di hati Anda. Ujung jari yang membesar dengan kuku yang mulai tumbuh ke bawah sering menjadi bendera merah untuk kanker paru-paru.

Jika Anda memiliki bintik bintik, tahi lalat atau kutil yang tiba-tiba berubah ukuran, bentuk atau warna kanker kulit atau melanoma bisa menjadi pemicunya. Kulit dan mata yang gelap atau merah dan kuning juga terkait dengan berbagai jenis kanker.

3. Batuk berdarah atau suara serak

Jika Anda batuk yang sepertinya tidak akan berhenti, jangan mengabaikannya. Jika sudah digantung selama berminggu-minggu akhirnya bisa terhubung ke kanker paru-paru. Perjalanan singkat ke dokter dapat menentukan apakah itu hanya batuk dan tidak perlu khawatir atau menjadi perhatian nyata seperti tanda-tanda kanker serviks sejak dini.

Jika Anda sering menemukan diri Anda serak atau di tepi kehilangan suara Anda, jangan hanya menganggap Anda terlalu banyak bicara atau terlalu keras. Jika itu masalah kronis, kanker adalah suatu kemungkinan. Baik kanker tiroid dan kanker laring dapat menyebabkan suara Anda menjadi berbunyi serak atau serak. Periksa dengan dokter Anda untuk memastikan.

4. Perubahan pola berkemih

Karena setiap orang mengalami masalah kamar mandi sesekali, mudah untuk mengabaikan yang bisa menjadi gejala kanker. Dan itu tidak membantu bahwa sebagian besar dari kita lebih suka tidak berbicara tentang hal semacam ini. Tetapi Anda harus selalu mengambil perubahan mendadak dalam kebiasaan buang air kecil atau buang air besar dengan serius.

Jika Anda menemukan diri Anda perlu buang air kecil lebih banyak atau kurang sering, itu bisa menjadi tanda kanker kandung kemih atau prostat. Urin yang mengambil warna merah jambu adalah tanda perdarahan, yang berhubungan dengan kanker kandung kemih, ginjal dan prostat.

5. Penurunan berat badan yang tak terduga

Jika Anda tidak secara aktif berusaha menurunkan berat badan tetapi tiba-tiba kehilangan 10 pon atau lebih, itu bisa menjadi gejala jenis kanker tertentu. Penurunan berat badan yang tidak direncanakan sering menyertai kanker terkait pencernaan termasuk kanker kerongkongan, pankreas, perut atau usus besar. Kanker yang telah menyebar ke hati Anda dapat memicu penurunan berat badan yang tak terduga juga.

6. Luka yang tidak sembuh

Kanker kulit dapat terlihat seperti sakit yang tidak akan keropeng dan sembuh. Mereka sering mudah berdarah juga. Jika Anda pernah mengalami sakit yang tidak menunjukkan tanda-tanda penyembuhan setelah dua minggu periksa dengan dokter kulit atau dokter biasa. Sakit yang tidak akan sembuh di mulut bisa menjadi gejala kanker mulut, terutama jika Anda mengunyah tembakau atau perokok.

7. Perubahan payudara atau puting susu

Jika payudara Anda tiba-tiba terasa sakit dan bengkak dan memerah, itu bisa menjadi pertanda kanker payudara yang meradang. Kulit merah atau menebal pada payudara bisa menjadi tanda kanker payudara. Puting yang tiba-tiba berubah bentuk mendatar, membalik atau berputar ke samping atau yang mengeluarkan cairan juga bisa menjadi tanda kanker payudara.

8. Merasa kekenyangan

Wanita dengan kanker ovarium sering melaporkan merasa terlalu kenyang atau kembung bahkan ketika mereka belum makan. Jika Anda tidak memiliki nafsu makan dan merasa overfull bahkan ketika Anda melewatkan makan, tanyakan pada dokter Anda.

Sponsors Link

9. Kesulitan menelan (dengan atau tanpa gangguan pencernaan)

Apakah Anda tiba-tiba mengalami kesulitan menelan? Tenggorokan, perut esofagus atau kanker paru-paru bisa menjadi penyebabnya. Gangguan pencernaan kronis dapat menyertai gejala ini seperti tanda awal kanker lambung.

10. Nyeri tanpa sebab yang jelas

Rasa sakit yang tak dapat dijelaskan di kaki, lengan, atau tulang lainnya bisa disebabkan oleh kanker tulang. Rasa sakit di punggung Anda bisa menjadi tanda kanker kolon, ovarium atau bahkan payudara. Dan untuk pria, nyeri di daerah selangkangan bisa jadi berasal dari kanker testis.

11. Kesulitan bernapas atau mengi

Kanker paru-paru dapat menyebabkan sesak nafas, merasa berangin atau tersengal-sengal. Jika berjalan sebentar ke kotak surat membuat Anda merasa kehabisan napas, ada baiknya untuk membuat janji bertemu dokter

12. Perdarahan atau memar yang tidak biasa

Gerakan usus berwarna gelap menunjukkan ada darah di tinja dan bisa menjadi tanda kanker usus besar. Dan darah dalam urin berhubungan dengan kanker kandung kemih dan ginjal. Memar yang berlebihan sering merupakan tanda leukemia.

13. Infeksi dan demam yang sering terjadi

Beberapa kanker seperti limfoma dan leukemia dapat mempengaruhi sistem kekebalan Anda sehingga lebih sulit bagi tubuh Anda untuk melawan infeksi.

, ,
Oleh :
Kategori : Tanda Umum

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Papsmear adalah salah satu tindakan medis yang ampuh mencegah kanker serviks. Yuk Ketahui Prosedur, cara, dan manfaatnya.