5 Ciri-Ciri Sel Kanker Yang Harus Diketahui

Ada banyak jenis sel kanker karena ada beragam jenis kanker seperti gejala kanker usu besar kiri. Dari seratus jenis kanker plus, masing-masing diberi nama untuk jenis sel kanker di mana ia mulai. Dan sama seperti kanker dapat berperilaku berbeda satu sama lain, tidak semua sel kanker berperilaku sama.

Sponsors Link

Bagaimana Sel kanker Berkembang?

Sel-sel kanker biasanya terbentuk setelah serangkaian mutasi menyebabkan mereka menjadi semakin abnormal. Mutasi ini diwariskan atau lebih sering, disebabkan oleh karsinogen (zat penyebab kanker) di lingkungan kita. Kanker itu disebabkan oleh tidak satu tetapi beberapa mutasi menjelaskan mengapa kanker lebih umum pada orang yang lebih tua dan mengapa sering multifaktorial yang berarti ada beberapa faktor yang bekerja sama untuk menyebabkan kanker.

Ini juga membantu menjelaskan kecenderungan genetik terhadap kanker. Suatu predisposisi genetik tidak berarti Anda akan mendapatkan kanker, tetapi, sederhananya, jika beberapa mutasi sudah ada, kemungkinan akan mengambil lebih sedikit mutasi yang diperoleh untuk sel menjadi kanker seperti ciri-ciri kanker kulit pada kuku.

Proses sel normal menjadi kanker sering melewati tahap di mana sel menjadi semakin tidak normal muncul. Tahap-tahap ini mungkin termasuk hiperplasia, displasia, dan akhirnya kanker. Anda mungkin juga mendengar ini digambarkan sebagai diferensiasi. Awal sel mungkin terlihat seperti sel normal dari organ atau jaringan, tetapi seiring perkembangan terjadi, sel menjadi semakin tidak terdiferensiasi.

Ciri-Ciri Sel Kanker

Untuk mendalami lebih dalam tentang masalah sel kanker, maka berikut kita bahas 5 ciri-ciri sel kanker yang perlu diketahui:

1. Sel Kanker Tetap Aktif Membelah

Sel-sel normal dirancang dari sel induk asalnya untuk memenuhi tujuan tertentu dalam tubuh manusia. Meskipun setiap sel memiliki kode genetik yang sama, sel dengan tujuan yang berbeda memiliki gen yang berbeda yang diaktifkan sehingga mereka dapat melakukan tugas yang unik di dalam tubuh seperti ciri-ciri kanker kulit pada wajah.

Beberapa sel dapat berdiferensiasi menjadi sel otot jantung yang membentuk jaringan jantung sementara sel-sel epitel pada garis hati dan melindungi organ vital ini. Sel kanker tidak pernah membedakan. Mereka terus membelah, menyebabkan lebih banyak kerusakan, dan menyerang jaringan baru yang merupakan hasil dari sifat pro-survival lainnya yang terspesialisasi di dalam sel kanker.

2. Sel Kanker Kurang Merespons Sinyal Sel Normal

Sel-sel kanker dapat berproliferasi, membangun lapisan di atas satu sama lain menghasilkan tumor. Sel-sel sehat diprogram untuk berhenti berproliferasi setelah mencapai kontak dengan sel tetangga. Fitur utama sel kanker dan ketidakmampuan mereka untuk menanggapi sinyal komunikasi internal dan eksternal meliputi:

  • Hilangnya Penghambatan Kontak

Proliferasi sel terjadi di sel sehat ketika kebutuhan muncul untuk menggantikan dan mempertahankan jumlah sel yang konsisten dalam jaringan dan organ. Sel-sel sehat diatur oleh siklus sel dengan “kontak penghambatan” yang berfungsi untuk mencegah sel-sel mereplikasi di luar kebutuhan mereka di dalam tubuh.

Sel-sel kanker kehilangan inhibisi kontak. Akibatnya, sel-sel kanker dicirikan oleh pertumbuhan yang tidak dapat dikendalikan, kemampuan untuk tumbuh di atas sel-sel lain dalam lapisan yang menghasilkan tumor , dan juga menyerang jaringan baru.

  • Menghindari Apoptosis

Fungsi sel normal yang terorganisir dan alami adalah untuk mengenali sinyal yang menginduksi apoptosis. Apoptosis disebut sebagai “bunuh diri sel” karena sel normal memiliki kemampuan untuk mengenali kerusakan yang tidak dapat diperbaiki dan melakukan pengendalian diri yang terkontrol untuk kebaikan keseluruhan. Fitur ini dimatikan pada sel kanker yang memungkinkan fitur mereka yang rusak dan abnormal untuk terus menginfeksi tubuh.

Para peneliti di bidang terapi anti-kanker berusaha untuk memahami berbagai fungsi pemberian sinyal yang terlibat dalam resistensi terhadap apoptosis yang ditandai oleh sel-sel kanker. Jika jalur sinyal apoptosis dapat dinyalakan, sel kanker akan dapat dihilangkan dari tubuh manusia seperti sel non-kanker yang rusak.

3. Sel Kanker Mengandung Nuclei yang Abnormal

Di bawah mikroskop, Anda dapat mengamati perbedaan awal antara sel kanker dan sel normal. Keganasan mereka pertama kali dicatat oleh fitur morfologi yang unik. Sel-sel kanker memiliki nukleus berbentuk asimetris yang lebih besar dari biasanya, sehingga mengurangi kehadiran sitoplasma di dalam sel.

Inti sel kanker memiliki perubahan dalam kromatin, kelainan pada struktur yang disebut spindle mitosis yang membantu dalam pembelahan sel dan mengandung berbagai kelainan genetik seperti mutasi pada urutan gen.

Sponsors Link

4. Sel Kanker Telah Mengubah Metabolisme Energi

Sel-sel kanker tidak memerlukan konsumsi oksigen untuk menghasilkan energi seperti halnya sel-sel normal. Sebaliknya, sel kanker bergantung pada glukosa (gula) sekitar 5 hingga 10 kali lebih banyak daripada sel normal untuk jalur penghasil energi primer mereka. Glukosa diubah menjadi asam laktat yang kemudian didaur ulang kembali menjadi glukosa oleh hati.

Akibatnya, kondisi metabolisme yang berubah adalah karakteristik dari pertumbuhan kanker. Para peneliti sering menyinggung sel kanker sebagai “parasit metabolik” karena kemampuan mereka untuk “mencuri” energi dari inang untuk memicu pertumbuhan tumor mereka sendiri. Ini dapat menyebabkan kelelahan dan perasaan kehabisan energi dari individu. Metabolisme kanker menciptakan kerusakan metabolik dengan menciptakan resistensi insulin . Bahkan, penelitian mendukung bahwa individu dengan diabetes dan pasien kanker menunjukkan jalur metabolik yang sebanding.

Organel yang rusak bertanggung jawab untuk metabolisme rewiring yang mencirikan sel kanker adalah mitokondria. Dinamakan setelah ahli biokimia yang mempelajari hubungan antara sel-sel kanker dan fungsi mitokondria yang dikompromikan, “Efek Warburg” adalah apa yang mendorong aktivitas pro-survival sel kanker. Sel-sel kanker mengandung mitokondria dengan DNA bermutasi dan perubahan struktur protein dan enzim. Perubahan ini meningkatkan produksi radikal bebas dan mengganggu produksi energi normal.

5 . Sel Kanker menginduksi Vaskularisasi

Karakteristik unik kelima sel kanker adalah sifat vaskularisasi mereka, atau kemampuan untuk membentuk pembuluh darah baru. Secara khusus, sel-sel kanker mengirimkan sinyal kimia yang mempromosikan angiogenesis. Pembuluh darah baru menyediakan suplai darah yang diperlukan untuk pertumbuhan dengan bertindak sebagai jenis tabung pengisi untuk pengiriman oksigen dan nutrisi ke sel kanker. Angiogenesis sangat penting untuk memungkinkan sel kanker untuk bermetastasis atau menyerang jaringan tetangga dan daerah tubuh yang jauh.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tanda Umum

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Papsmear adalah salah satu tindakan medis yang ampuh mencegah kanker serviks. Yuk Ketahui Prosedur, cara, dan manfaatnya.