Waspada 4 Ciri Ciri Rambut Rontok Karena Kanker Ini

Penyebab rambut rontok yang sering terjadi disebabkan oleh banyak faktor, baik karena ada kerusakan pada rambut, akar rambut, kurangnya nutrisi, maupun menjadi salah satu gejala penyakit berbahaya. Salah satu jenis penyakit berbahaya yang perlu di perhatikan adalah penyakit kanker. Penyakit kanker dan rambut rontok memang memiliki hubungan yang erat satu sama lain.

Sponsors Link

Dimana rambut rontok merupakan salah satu ciri atau gejala umum dari penyakit kanker, dan juga menjadi salah satu dampak dari adanya pengobatan kanker. Lantas bagaimana ciri-cirinya? Mari simak ulasan berikut.

Mengapa Rambut Rontok pada Penderita Kanker?

Keadaan rambut rontok pada penderita kanker memang bisa dikaitkan dengan dua hal, yang pertama disebabkan karena menjadi salah satu gejala dari perkembangan sel kanker itu sendiri dan yang kedua dikaitkan dengan efek samping dari adanya pengobatan kanker. Salah satu jenis kanker yang paling umum menyebabkan kerontokan pada gejalanya adalah adanya ciri-ciri kanker otak rambut rontok, namun bukan berarti hanya kanker otak saja. Jenis kanker lainnya, juga dapat menyebabkan penderitanya mengalami kerontokan rambut karena adanya perkembangan dan penyebaran sel kanker didalam tubuh.

Ketika sel kanker berkembang dan menyebar, bahkan hingga ke pembuluh darah maka nutrisi yang dibawa oleh pembuluh darah akan terhambat sehingga akar rambut tidak mendapatkan nutrisinya. Sekita nutrisi tidak didapatkan, maka rambut akan kekurangan nutrisi dan berdampak pada kerusakan serta kerontokan rambut. Sel kanker yang secara langsung menyebar ke bagian otak yang berada di kepala juga dapat menyebabkan kerusakan pada rambut yang disebabkan oleh aktivitas dari sel kanker itu sendiri. Sebagai contoh seperti ciri ciri kanker payudara menyebar ke otak, dan lain sebagainya.

Selain dari aktivitas sel kanker, kerontokan rambut juga dapat berkaitan dengan pengobatan kanker yang dilakukan. Salah satu pengobatan tersebut adalah pengobatan kemoterapi, seperti kemoterapi kanker otak, kemoterapi kanker payudara, dan lain sebagainya, dimana pengobatan ini bertujuan untuk membunuh sel-sel kanker. Namun selain membunuh sel kanker, sel-sel sehat lainnya seperti sel-sel rambut juga akan ikut terbunuh. Oleh sebab itu, kerontokan rambut menjadi tidak terhindarkan.

Ciri Ciri Rambut Rontok pada Penderita Kanker

Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa rambut rontok dan kanker memiliki hubungan yang erat satu sama lain, lantas bagaimana dengan ciri ciri rambut rontok karena kanker? Apakah sama saja dengan ciri-ciri rambut rontok pada umumnya? berikut ini beberapa ciri-ciri rambut rontok pada penderita kanker yang perlu diwaspadai:

  • Tekstur rambut rusak

Salah satu ciri yang dapat dilihat adalah adanya kerusakan pada tekstur rambut. Pada penderita kanker, rambut rontok dapat terjadi langsung dari akar maupun dari segi tekstur rambut. Ketika tekstur rambut rusak, maka rambut akan lebih mudah patah dan terlihat tidak sehat. Rambut yang mudah patah secara otomatis akan meningkatkan pula volume rambut rontok yang dialami oleh penderita kanker.

  • Akar rambut rusak

Selain menyebabkan tekstur rambut rusak, sel kanker juga dapat menyebabkan akar rambut rusak. Hal ini yang menjadikan kerontokan rambut terjadi. Ketika akar rambut menjadi rusak, maka rambut akan menjadi tidak kuat dan lebih mudah rontok. Oleh sebab itulah, penderita kanker akan banyak mengalami kerontokan rambut.

  • Rambut kekurangan nutrisi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa perkembangan dan penyebaran kanker pada pembuluh darah menyebabkan akar rambut tidak dapat mendapatkan nutrisinya. Oleh sebab itu, rambut menjadi kekurangan nutrisi. Ketika rambut kekurangan nutrisi pastinya akan berpengaruh pada kesehatan rambut itu sendiri, baik menjadi mudah patah maupun akar yang menjadi rusak sehingga menyebabkan kerontokan parah.

Sponsors Link

  • Berpotensi mengalami kebotakan

Ciri yang terakhir adalah yang paling membedakan pada kerontokan rambut pada umumnya. kerontokan rambut yang dialami oleh penderita kanker akan sangat memungkinkan menyebabkan kebotakan. Oleh sebab itu, banyak penderita kanker yang pada akhirnya mengalami kebotakan baik karena adanya aktivitas sel kanker didalam tubuh maupun karena adanya pengaruh pengobatan kanker itu sendiri. Pada awalnya penderita kanker akan mengalami kerontokan dalam jumlah yang sedikit, dan lama kelamaan menjadi banyak hingga berpotensi pada kebotakan.

Itulah beberapa ciri ciri rambut rontok karena kanker yang perlu untuk di waspadai maupun di perhatikan. Walaupun demikian ada pula beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi kerontokan yang terjadi pada penderita kanker. Beberapa cara tersebut diantaranya adalah:

  • Memperbanyak asupan makanan dan minuman yang bergizi, sehingga ketika energi didalam tubuh diambil oleh sel-sel kanker tubuh masih memiliki cukup energi maupun nutrisi, terutama bagi kesehatan akar dan rambut. Seperti mengonsumsi makanan dan menimuman yang wajib dikonsumsi setelah kemoterapi.
  • Menjaga pola hidup yang sehat, seperti mencukupi kebutuhan tidur dan juga olahraga yang cukup.
  • Mengikuti anjuran dokter agar pengobatan kanker dapat berjalan dengan baik dan kerontokan rambut juga dapat dikurangi.

Demikian informasi mengenai ciri ciri rambut rontok karena kanker. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan meningkatkan kewaspadaan terhadap gejala-gejala yang terjadi baik didalam maupun diluar tubuh.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tanda Umum

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.