4 Ciri Ciri Rambut Rontok Karena Kanker Pada Umumnya

Pernahkah anda mendengar mengenai para penderita kanker yang kemudian menjadi botak karena kondisi rambut rontok? Penyakit kanker dan rambut rontok memang dua hal yang saling berkaitan satu sama lain, namun tahukah anda bahwa sebenarnya  kerontokan rambut yang dialami oleh pasien kanker itu lebih lebih disebabkan oleh efek samping dari terapi maupun pengobatan kanker. Artinya kerontokan rambut bukan secara langsung disebabkan oleh kanker itu sendiri, kecuali beberapa jenis kanker seperti kanker otak dimana salah satu efek kanker otak pada penderita adalah kerontokan rambut. Lantas bagaimana hal tersebut bisa terjadi dan bagaimana pula ciri-ciri dari rambut rontok yang lebih disebabkan oleh penyakit kanker? Berikut ini ada beberapa penjelasan lanjut mengenai ciri ciri rambut rontok karena kanker.

Sponsors Link

Rambut Rontok saat Mengidap Kanker

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa kerontokan rambut yang dialami oleh pasien atau penderita kanker sebenarnya lebih disebabkan oleh efek samping dari terapi maupun pengobatan kanker itu sendiri. Kondisi tersebut disebabkan karena obat atau terapi kanker yang dijalani oleh penderita kanker itu akan menyerang semua sel yang mudah tumbuh, dimana sel-sel yang mudah tumbuh juga merupakan salah satu sifat dari sel kanker. Jadi, sel-sel yang normal didalam tubuh seperti hal nya sel cikal pertumbuhan rambut juga akan ikut terserang, yang akhirnya menyebabkan kondisi akar dari rambut menjadi tidak kuat dan rusak. Oleh sebab itulah, sebagian besar dari para penderita kanker yang menjalani pengobatan kanker maupun terapi kanker seperti kemoterapi maupun radioterapi mengalami kondisi dimana rambut mudah rontok hingga kondisi kebotakan.

Walaupun begitu, dibeberapa kasus ada pula penderita kanker yang mengalami kerontokan rambut sebagai salah satu gejala atau tanda adanya perkembangan atau pertumbuhan sel kanker didalam tubuh. Salah satunya adalah kanker otak, dimana gejala awal kanker otak yang paling sering dialami memang kerontokan rambut yang tidak kunjung berkurang. Namun anda tidak perlu khawatir jika mengalami kondisi kerontokan rambut parah, karena biasanya gejala kerontokan rambut karena kanker akan di sertai dengan beberapa gejala lainnya, seperti penurunan berat badan secara drastis, mengalami letih atau mudah lelah, dan lain sebagainya. Lantas bagaimana dengan ciri-ciri rambut rontok yang memang disebabkan karena kanker? Mari simak ulasan lanjutan berikut.

Ciri-Ciri Rambut Rontok

Rambut rontok yang disebabkan karena kanker atau adanya pertumbuhan dan penyebaran sel kanker didalam tubuh memang memiliki beberapa ciri-ciri tertentu. Beberapa ciri ciri rambut rontok karena kanker tersebut diantaranya adalah:

  • Rambut rontok parah hingga botak

Ciri yang pertama dan perlu diwaspadai adalah ketika anda mengalami kerontokan yang parah hingga mengalami kondisi kebotakan, atau juga bisa dibilang bahwa rambut tidak dapat tumbuh kembali. Kondisi ini disebabkan karena adanya pertumbuhan sel kanker didalam tubuh yang mungkin juga sudah menyebar kebagian lainnya seperti menyebar ke pembuluh darah yang membawa nutrisi untuk rambut dan akar rambut. Jadi, rambut dan akar rambut menjadi kekurangan nutrisi sehingga menjadi tidak kuat dan mudah patah hingga sulit untuk tumbuh kembali.  Selain itu, sel normal cikal pertumbuhan rambut juga dapat terganggu oleh pertumbuhan sel kanker dan juga oleh efek dari pengobatan kanker, yang kemudian menyebabkan kerontokan parah dan juga kebotakan karena sel cikal pertumbuhan rambut rusak.

  • Kerontokan rambut disertai dengan 3L

3L disini yang dimaksud adalah kondisi lemah, letih dan juga lesu. Jadi, ketika seseorang mengalami atau menderita penyakit kanker maka ketika mengalami kerontokan rambut yang parah biasanya juga akan disertai dengan kondisi 3L tersebut. Sehingga apabila anda mengalami kondisi rambut rontok dan 3L yang tidak kunjung membaik atau berkurang maka anda wajib untuk waspada terhadap kemungkinan penyakit kanker di tubuh anda.

Sponsors Link

  • Rambut rusak dan mudah patah

Ciri selanjutnya adalah kondisi dimana kerontokan rambut juga disertai dengan kondisi rambut yang mudah rusak dan mudah patah. Kondisi rambut rusak ini dapat berupa rambut yang bercabang, rambut kusut dan kering, ketika di pegang rambut mudah patah, dan lain sebagainya. Biasanya kondisi ini akan dialami perlahan-lahan, maksudnya ketika rambut rontok dan rusak hanya beberapa gumpalan kecil saja namun lama-kelamaan menjadi suatu gumpalan yang besar. Oleh sebab itu, kondisi ini juga memungkinkan penderita kanker mengalami kebotakan.

  • Rambut rontok disertai gejala lainnya

Untuk ciri yang terakhir dapat dilihat apakah kerontokan rambut yang dialami merupakan akibat dari kanker atau bukan itu dapat dilihat dari gejala lainnya yang dialami oleh penderita. Sebagai contoh seperti penderita kanker otak dimana penderita akan mengalami kerontokan rambut parah hingga berkemungkinan mengalami kebotakan dan juga penderita akan disertai dengan rasa nyeri maupun sakit kepala yang terus menerus dan tidak kunjung sembuh. Selain itu, dapat juga disertai dengan gejala kanker pada umumnya seperti penurunan berat badan secara drastis, penderita kanker mengalami penurunan nafsu makan, cepat merasa lelah, serta tidak bisa beraktivitas secara normal, dan lain sebagainya.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Tanda Umum

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.