Inilah Makanan Pemicu Kanker yang Dimakan Setiap Hari

Kanker merupakan salah satu penyakit yang mematikan dan menjadi momok menakutkan bagi seluruh manusia. Terlebih lagi penyebab kanker pada manusia yang sangat beragam, termasuk juga disebabkan oleh makanan-makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Ada beberapa jenis makanan yang sering di konsumsi sehari-hari ternyata dapat meningkatkan resiko terkena kanker, seperti yang akan di ulas dalam penjelasan berikut ini mengenai makanan pemicu kanker yang dimakan setiap hari. Apa saja makanan-makanan tersebut? berikut beberapa diantaranya:

Sponsors Link
  1. Daging Olahan

Makanan olahan memang menjadi salah satu makanan yang perlu diwaspadai untuk dikonsumsi sehari-hari, hal ini disebabkan karena kandungan didalam makanan olahan yang sudah berubah dari kandungan asli bahan yang di olah. Salah satunya adalah daging olahan, dimana daging olahan juga menjadi salah satu makanan yang digemari untuk dikonsumsi setiap hari. Semakin berkembangnya jaman juga menjadikan daging olahan menjadi lebih mudah untuk dikonsumsi dan juga tahan lama. Beberapa diantaranya seperti nugget, sosis, kornet, hingga dendeng, dan masih banyak yang lainnya lagi.

Tapi tahukah anda bahwa sebenarnya daging olahan yang anda konsumsi juga dapat meningkatkan resiko kanker? Ini disebabkan karena kandungan nutrisi yang telah berkurang didalam daging olahan, dan juga kandungan sodium atau garam yang lebih banyak didalamya. Selain itu untuk membuat daging olahan tahan lama terdapat pula bahan pengawet yang bersifat karsidogenik yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker. Bahan pengawet seperti natrium nitrat dan natrium nitrit didalam daging olahan juga diketahui dapat meningkatkan resiko makanan penyebab kanker usus besar dan jenis kanker lainnya.

  1. Tomat Kaleng

Kemajuan teknologi yang membuat kehidupan menjadi semakin modern juga berpengaruh dengan segala macam hal yang ingin dapat dibuat praktis, termasuk juga pembuatan makanan kaleng agar lebih mudah untuk di konsumsi  dan memiliki daya tahan yang lama. Tomat kaleng juga menjadi andalan bagi sebagian besar pecinta makanan kaleng yang praktis. Sebagai salah satu sumber vitamin C yang besar, tomat memang dipercaya mampu meningkatkan kesehatan tubuh hingga dapat mencegah pembentukan radikal bebas yang diketahui juga dapat memicu pertumbuhan sel kanker didalam tubuh. Oleh sebab itu tidak heran jika banyak orang yang rutin mengkonsumsi tomat setiap hari.

Namun beda ceritanya jika yang dikonsumsi setiap hari adalah tomat kalengan. Hal ini disebabkan tomat kalengan diketahui tidak sepenuhnya sehat untuk dikonsumsi, bahkan paling tidak sehat jika dibandingkan dengan makanan kalengan lainnya. Mengapa demikian? Karena tomat kalengan memiliki tingkat keasaman yang tinggi yang pastinya tidak baik bertemu dengan lapisan kaleng yang pada umumnya mengandung bahan kimia bisphenol-A (BPA). Kondisi tersebut lah yang menyebabkan tomat kalengan dapat menjadi beracun dan meningkatkan resiko pertumbuhan radikal bebas didalam tubuh sebagai pemicu pertumbuhan sel kanker, sehingga tomat kalengan menjadi salah satu bahan makanan penyebab kanker yang wajib dihindari.

  1. Buah-Buahan

Siapa sangka bahwa mengkonsumsi buah-buahan setiap hari juga dapat meningkatkan resiko pertumbuhan sel kanker didalam tubuh. Tapi jangan salah dulu, karena buah-buahan yang dimaksudkan disini adalah buah-buahan yang dikonsumsi tanpa dicuci bersih dan terkontaminasi pestisida. Pestisida merupakan salah satu bahan atau zat kimia yang sering digunakan untuk membasmi hama, oleh sebab itu tidak menutup kemungkinan bahwa buah-buahan yang dibeli dan dikonsumsi sehari-hari juga sempat terkontaminasi zat kimia berbahaya ini. Maka dari itulah, mencuci buah sebelum dikonsumsi  hingga bersih penting untuk dilakukan agar dapat mengurangi resiko tumbuhnya sel kanker didalam tubuh yang disebabkan oleh zat kimia berbahaya yang tertelan.

  1. Ikan Salmon

Ikan salmon menjadi salah satu makanan favorit yang dikonsumsi setiap hari, terutama bagi masyarakat Amerika Serikat. Ikan salmon sendiri pada dasarnya mengandung gizi yang baik bagi tubuh, seperti omega 3, vitamin A, protein, hingga asam amino yang tinggi. Akan tetapi sekarang ini juga banyak ikan salmon yang diternakkan agar dapat memproduksi lebih banyak ikan salmon dalam waktu yang lebih singkat. Namun, ikan salmon yang diternakkan ini justru terbukti mengandung omega-3 yang lebih rendah dibanding dengan ikan salmon yang tidak diternakkan.

Sponsors Link

Tidak hanya itu, ikan salmon yang diternakkan juga lebih berpotensi mengandung kandungan merkuri, PCB, hingga dioxin yang jika dikonsumsi secara sering atau setiap hari dapat meningkatkan potensi pengaktifan sel kanker didalam tubuh. Oleh sebab itu, jika anda gemar mengkonsumsi ikan salmon sehari-hari maka perlu diwaspadai apakah ikan salmon yang anda konsumsi adalah hasil dari ikan salmon yang diternakkan atau bukan.

  1. Junk Food

Makanan sepat saji atau junk food, seperti french fries juga dapat menjadi penyebab kanker jika dikonsumsi setiap hari. Hal ini disebabkan karena junk food atau french fries sendiri diketahui memiliki tingkat akrilamida atau zat karsinogenik yang terbentuk dalam makanan setelah diolah dalam suhu tinggi pada saat digoreng maupun dipanggang. Banyak studi menyebutkan bahwa makanan dengan tingkat akrilamida tinggi dapat meningkatkan resiko berbagai macam kanker didalam tubuh.

Itulah dia 5 makanan penyebab kanker yang dimakan setiap hari yang pastinya perlu anda waspadai demi kesehatan tubuh anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.