Bolehkah Penderita Kanker Makan Mie Instan?

Hampir semua orang menyukai mie instan. Selain rasanya yang enak, mie instan juga dapat dibuat dengan waktu yang singkat sehingga menjadi pilihan yang paling tepat bagi mereka yang terlalu sibuk untuk memasak makanan. Namun, dibalik kenikmatan dalam mie instan, terdapat banyak bahaya yang harus kita ketahui karena akan sangat berdampak pada kesehatan, apalagi jika sering dikonsumsi berlebihan.

Sponsors Link

Mie instan termasuk salah satu makanan yang digadang-gadang dapat menjadi pemicu munculnya penyakit kanker dalam tubuh. Hal ini membuat banyak orang merasa takut untuk makan mie instan, apalagi memang dalam beberapa kasus penderita kanker yang ditemukan, memiliki kebiasaan mengkonsumsi mie instan hampir setiap hari. Lalu, bolehkah penderita kanker makan mie instan?

Kandungan Bahan Kimia dalam Mie Instan
Sebelum memutuskan apakah mie instan boleh dikonsumsi penderita kanker atau tidak, kita perlu mengetahui bahan apa saja yang terkandung pada makanan cepat saji tersebut. Bahan utama dalam mie adalah karbohidrat, dan jika tidak menambahkan bahan makanan apapun saat memasak mie, tentu asupan nutrisi lainnya seperti protein, vitamin dan mineral tidak kita dapatkan. Konsumsi karbohidrat berlebih dapat menyebabkan masalah pada pencernaan seperti kembung, mual, sakit perut. Hal ini dikarenakan mie lebih lambat dicerna dibandingkan dengan nasi atau kentang.

Mie instan juga dikabarkan dibuat dengan tambahan bahan lilin dengan tujuan mie menjadi licin dan tidak lengket. Meskipun bahan tersebut sebenarnya dapat terbentuk secara alami pada beberapa jenis tumbuhan,
tetap saja tidak akan memberikan dampak baik untuk kesehatan jika kita konsumsi. Mie instan dan juga bumbunya mengandung monosodium glutamat atau disebut juga MSG, yang sering menjadi kambing hitam atas banyak penyakit yang muncul.

MSG digunakan bertujuan untuk menambah cita rasa pada makanan, sekaligus membuat makanan dapat bertahan lama. MSG pun dapat terbentuk secara alami seperti pada keju, namun tentu saja MSG yang dibuat secara sintetis tidak baik untuk kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Satu hal lagi yang membuat mie instan sebaiknya tidak rutin dikonsumsi adalah kandungan pengawet di dalamnya. Pengawet dapat merusak sel tubuh dan jika terus terakumulasi dapat memicu sel kanker menjadi aktif.

Dampak Konsumsi Mie Instan terhadap Penderita Kanker
Berdasarkan kandungan dalam mie instan yang telah diuraikan di atas, dapat disimpulkan kalau mie instan bisa memberikan dampak buruk terhadap kesehatan, terutama dapat memicu penyakit kanker. Namun, dampak ini muncul jika mie instan dimakan terlalu sering bahkan hampir setiap hari. Jika hanya sesekali sebenarnya tidak akan memberikan pengaruh yang signifikan. Karena pada dasarnya, tubuh memiliki kemampuan untuk membuang zat racun yang masuk ke dalam tubuh. Namun jika dikonsumsi terlalu sering, zat racun belum sempat dikeluarkan semua tetapi sudah masuk lagi sehingga terakumulasi untuk waktu yang lama.

Jika penderita kanker sangat ingin mengkonsumsi mie instan, sebaiknya dalam porsi yang sangat sedikit dan saat memasak sudah ditambahkan dengan bahan makanan lainnya yang lebih dibutuhkan tubuh seperti sayuran. Penderita kanker akan lebih disarankan untuk mengkonsumsi makanan dengan kandungan antioksidan yang tinggi, kadar glikemik dan protein yang rendah serta tidak mengandung lemak jenuh.

, , , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.