Bolehkah Penderita Kanker Makan Ikan Laut?

Jumlah penderita kanker setiap tahunnya memang terus bertambah, karena itu banyak yang merasa takut dan ingin memperbaiki pola hidup terutama pola makan agar kesehatan tubuhnya tetap terjaga. Salah satu jenis makanan yang dianggap tidak baik untuk penderita kanker adalah ikan laut. Benarkah penderita kanker tidak boleh makan ikan laut? Apakah hubungannya antara penyakit kanker dan ikan laut yang semestinya baik untuk dikonsumsi?

Sponsors Link

Kandungan Nutrisi Ikan Laut
Ikan laut sebenarnya mengandung nutrisi yang sangat tinggi dan dibutuhkan oleh tubuh. Nutrisi yang paling penting yang bisa diperoleh dari ikan laut adalah kandungan asam lemak tak jenuh yaitu omega-3. Setidaknya tubuh kita membutuhkan sebanyak 2,1 gram omega-3 setiap harinya, karena itu ikan laut sangat baik untuk dikonsumsi semua usia.

Namun, sejumlah peneliti menemukan bahwa dalam ikan laut juga terdapat kandungan asparagin, yaitu asam amino yang dibutuhkan untuk membentuk protein. Dalam beberapa penelitian disebutkan, kalau asparagin dapat memicu sel kanker lebih aktif dan berkembang dengan cepat. Hal ini dikarenakan sel abnormal yang merupakan sel kanker seakan mendapatkan asupan makanan saat asparagin masuk ke dalam tubuh, dan ini juga terjadi jika kita mengkonsumsi daging.

Hal ini telah diujikan pada tikus percobaan dengan membatasi asupan asparagin, sehingga penyebaran sel kanker dapat terhambat.Namun, fakta tersebut ditepis oleh peneliti lainnya, yang menyatakan kalau ikan laut masih aman untuk dikonsumsi. Masih dibutuhkan penelitan lebih lanjut untuk mengungkapkan dampak asparagin yang berasal dari ikan laut terhadap kondisi kesehatan tubuh. Sejauh ini, penderita kanker tidak mengalami gangguan kesehatan akibat ikan laut dan tetap mengkonsumsinya dalam batas yang wajar.

Ikan Laut yang Sebaiknya Dihindari
Penderita kanker boleh makan ikan laut, asalkan ikan yang dikonsumsi dalam keadaan segar dan tidak berlebihan. Selain itu, perlu diperhatikan bahwa ikan laut bisa jadi tidak boleh dikonsumsi penderita kanker, juga sebaiknya dihindari orang yang sehat agar terhindar dari penyakit yang membahayakan nyawa.

Sebaiknya pilih ikan laut yang didapat oleh nelayan tradisional, karena biasanya mereka langsung menjualnya setelah pulang dari laut, dan tidak menambahkan pengawet pada hasil tangkapannya. Berbeda dengan ikan yang ditangkap oleh nelayan berkapal besar, yang mampu menangkap ikan hingga ke tengah laut dan memakan waktu hingga berminggu-minggu. Sudah pasti ikan yang didapat telah diberi pengawet agar tetap terlihat segar saat sampai ke tangan pembeli.

Penderita kanker juga sebaiknya tidak mengkonsumsi ikan laut yang telah diasinkan, karena kandungan garam yang tinggi dapat membahayakan kesehatan. Selain itu, cara pengolahannya pun perlu diperhatikan. Hindari mengolah ikan laut dengan cara dibakar, karena zat karbon yang terbentuk dapat menjadi zat karsinogen bagi tubuh dan memicu berkembangnya sel kanker.

, , , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.