11 Bahan Makanan Penyebab Kanker yang Wajib Dihindari

Penyakit kanker hingga kini masih sangat ditakuti dan setiap tahunnya jumlah penderita terus saja meningkat. Meski metode pengobatan secara konvensional sudah semakin berkembang, tetap saja banyak penderita kanker yang tidak dapat diselamatkan dan meninggal dunia. Itulah sebabnya penyakit ini sangat ditakuti dan sebisa mungkin dicegah dengan berbagai cara. Salah satu yang menjadi penyebab seseorang mengalami penyakit kanker adalah karena pola hidup yang tidak sehat, termasuk pola makan. Makanan yang dapat menyebabkan kanker seringkali kita konsumsi tanpa sadar dan jika sering dilakukan maka senyawa berbahaya dari makanan tersebut akan menumpuk dan menyebabkan kerusakan materi genetik dalam tubuh. Nah, berikut ini merupakan bahan makanan penyebab kanker yang sebaiknya dihindari demi menjaga tubuh terhindar dari berbagai jenis kanker.

Sponsors Link

1. Daging Olahan

Berbagai daging olahan memang terasa begitu nikmat sehingga banyak orang yang menyukainya. Namun dibalik kelezatan rasanya, daging olahan seperti sosis, kornet dan nugget juga mengandung banyak senyawa kimia seperti pewarna, penyedap, pengawet dan bahan lainnya yang dapat memicu kerusakan sel hingga menjadi abnormal. Daging olahan yang dapat menjadi penyebab kanker usus dan penyebab kanker lambung ini sebaiknya tidak dikonsumsi apalagi jika dalam waktu yang berdekatan.

2. Daging Merah

Bukan hanya daging olahan dan kalengan saja yang sebaiknya dihindari, daging merah segar pun sebaiknya tidak dikonsumsi. Kandungan lemak yang tinggi dalam daging dapat menaikkan kolesterol dan memicu munculnya sel kanker di dalam tubuh, termasuk menjadi penyebab kanker payudara pada wanita.

3. Buah dan Sayur yang Mengandung Pestisida

Buah dan sayur memang menjadi bahan makanan yang paling disarankan untuk dikonsumsi setiap hari. Namun perlu hati-hati dengan sayur dan buah yang banyak mengandung pestisida. Kandungan senyawa racun berupa residu dari pestisida yang terdapat pada buah dan sayur dapat menyebabkan keracunan hingga merusak organ hati dan ginjal. Akibatnya kanker hati dan kanker ginjal menjadi lebih rentan untuk muncul.

4. Makanan yang Dipanggang

Berbagai jenis bahan makanan sebaiknya tidak diolah dengan cara dibakar atau dipanggang. Hal ini dikarenakan makanan yang dipanggang akan mengandung senyawa karsinogen sebagai pemicu munculnya sel kanker. Jadi olah makanan dengan baik bila perlu hanya direbus agar kandungan nutrisinya tetap terjaga dan terhindar dari penyakit kanker.

5. Makanan yang Diawetkan

Makanan yang ingin disimpan lama biasanya akan diawetkan agar dapat bertahan lama. Ada metode pengawetan dengan menggunakan bahan sintetis dari pabrik, ada pula yang menggunakan asap atau menggunakan garam untuk diasinkan. Semua makanan tersebut sebaiknya dihindari karena kandungan senyawa untuk mengawetkan makanan tersebut dapat memicu penyakit kanker seperti penyebab kanker prostat pada pria dan makanan penyebab kanker mulut.

6. Makanan Olahan Kentang

Kentang umumnya disajikan sebagai keripik kentang maupun kentang goreng dan bisa dipastikan semua kalangan sangat menyukainya. Namun mengolah kentang menjadi keripik kentang maupun kentang goreng tidaklah bagus untuk kesehatan.  Makanan tersebut sudah mengandung banyak lemak jahat yang dapat meracuni tubuh dan menyebabkan munculnya penyebab  kanker otak.

7. Makanan dan Minuman Kemasan

Baik makanan maupun minuman yang disajikan dalam kemasan sebaiknya juga dihindari. Pasalnya makanan dan minuman yang dikemas dalam kemasan tertentu sudah sering ditambahkan pengawet dan pemanis buatan sehingga tidak baik bagi kesehatan. Hindari kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut, dan beralihlah ke makanan sehari-hari pencegah kanker.

Sponsors Link

8. Minuman Bersoda

Minuman bersoda hanya memberikan kenikmatan sesaat, karena banyak sekali bahan kimia yang dapat meracuni tubuh terdapat di dalamnya, seperti pewarna, pengawet, pemanis buatan dan gas. Jika sering dikonsumsi, minuman ini dapat membuat tubuh menjadi tidak sehat karena sel tubuh mengalami kerusakan, termasuk salah satunya menjadi penyebab kanker paru-paru.

9. Makanan Ringan dan Manis

Makanan ringan, kue, dan cemilan yang banyak mengandung gula juga sangat rentan meningkatkan resiko terkena kanker. Gula memang menjadi makanan paling empuk bagi sel kanker, semakin banyak kadar gula dalam tubuh maka akan semakin cepat pula sel kanker akan berkembang.

10. Makanan Kalengan

Semua jenis makanan yang dikemas dalam bentuk kalengan pasti mengandung pengawet dan penguat rasa sehingga jika sering dikonsumsi dapat memicu kerusakan sel dan materi genetik. Hal ini tentu akan meningkatkan resiko terkena kanker yang sangat berbahaya seperti jenis-jenis kanker pada pria.

11. Makanan Berbahan Tepung

Tepung mengandung gula yang sangat tinggi, saat terurai kandungan gulanya akan menjadi berlebih di dalam tubuh. Selain memicu obesitas, makanan berbahan tepung juga dapat meningkatkan resiko terkena kanker apalagi jika sering dikonsumsi.

Itulah bahan makanan penyebab kanker yang sebaiknya dihindari. Mengatur pola makan sehat sangat penting jika ingin tubuh selalu sehat dan yang terpenting terhindar dari penyakit kanker. Mulai sekarang cobalah untuk lebih peduli dengan apa yang kita makan agar terhindar dari senyawa yang berbahaya bagi tubuh.

, , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.