Vitamin Penumbuh Rambut Setelah Kemoterapi dan Manfaatnya

Kemoterapi adalah salah satu jenis pengobatan kanker yang paling banyak di lakukan untuk membasmi sel-sel kanker yang tumbuh dan menyebar didalam tubuh. Walaupun banyak dipilih oleh para penderita kanker, namun kemoterapi ini memiliki efek samping yang cukup banyak dihindari.

Sponsors Link

Efek samping tersebut adalah adanya kondisi rambut rontok, bahkan juga menyebabkan kebotakan. Rambut rontok dalam pengobatan kemoterapi kanker memang tidak dapat dihindari, tetapi ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membantu menumbuhkan kembali rambut setelah proses kemoterapi. Dalam ulasan kali ini akan dibahas mengenai vitamin penumbuh rambut setelah kemoterapi yang perlu anda ketahui, sehingga anda tidak perlu khawatir mengalami kebotakan permanen.

Perkiraan Rambut Tumbuh Setelah Kemoterapi

Ciri-ciri rambut karena kanker secara mendadak dan dalam volume yang tinggi menyebabkan para penderita kanker sering berfikiran bahwa rambut mereka tidak dapat tumbuh kembali atau akan botak secara permanen. Namun tahukah anda bahwa sebenarnya rambut yang rontok karena proses kemoterapi dapat tumbuh kembali setelah proses kemoterapi selesai? Walaupun memang prosesnya akan berbeda-beda pada setiap penderita.

Rambut pada penderita kanker setelah kemoterapi sendiri biasanya akan tumbuh kembali setelah empat hingga enam minggu setelah kemoterapi. Proses tersebut sendiri dapat didukung dengan mengonsumsi makanan sehat untuk penderita kanker maupun dengan bantuan vitamin dan pola hidup sehat. Berikut ini perkiraan rambut tumbuh setelah kemoterapi selesai dilakukan:

  • 2-3 minggu setelah kemoterapi : pada masa ini akar rambut akan mulai muncul atau tumbuh kembali, biasanya akan ditandai dengan munculnya titik-titik hitam pada kulit kepala
  • 1-2 bulan setelah kemoterapi : rambut mulai akan tumbuh memanjang dengan volume yang cukup tebal
  • 2-3 bulan setelah kemoterapi : rambut akan lebih cepat tumbuh memanjang hingga 2-3 cm
  • 6 bulan setelah pengobatan : pada masa ini pertumbuhan rambut sudah dapat dikatakan normal kembali, sehingga volume dan panjang rambut juga bertambah

Perawatan Rambut setelah Kemoterapi

Setelah mengetahui adanya kemungkinan pertumbuhan rambut secara normal kembali setelah kemoterapi, maka perlu diketahui pula ada beberapa cara termasuk penggunaan vitamin yang dapat membantu pertumbuhan rambut setelah kemoterapi. Walaupun perawatan rambut yang dilakukan tidak dapat benar-benar mengembalikan kondisi rambut seperti semula, seperti warna, tekstur, dan ketebalan rambut yang berbeda, namun dengan perawatan yang sesuai atau tetap dapat meningkatkan kemungkinan dan kecepatan pertumbuhan rambut kembali.

Berikut ini ada beberapa tips dan juga vitamin penumbuh rambut yang dapat dicoba setelah pengobatan kemoterapi dilakukan:

  • Banyak konsumsi vitamin E dan C

Perawatan yang pertama adalah dengan secara rutin dan banyak mengonsumsi vitamin E dan C baik dalam bentuk alami maupun juga suplemen. Manfaat vitamin C untuk kanker dan manfaat vitamin E untuk kanker sendiri juga dapat digunakan sebagai nutrisi bagi akar rambut dalam proses pertumbuhannya, sehingga nantinya rambut akan menjadi lebih kuat kembali.

  • Inositol

Inositol merupakan salah satu jenis karbohidrat sederhana yang terkandung didalam vitamin B. Dengan asupan vitamin B yang cukup, maka dapat melancarkan peredaran darah di kulit kepala sehingga dapat mendorong rambut untuk tumbuh lebih cepat. Zat ini sendiri juga merupakan nutrisi yang penting untuk memulihkan fungsi sel kulit di kepala, sehingga mampu medorong pertumbuhan rambut baru. Anda dapat mendapatkan inositol melalui konsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran hijau, dan juga buah jeruk.

  • Konsumsi banyak protein

Mengonsumsi protein juga dapat mendorong pertumbuhan rambut dari dalam, dimana sebenarnya rambut juga memerlukan asupan protein. Oleh sebab itu, mengonsumsi banyak protein seperti yang terkandung dalam makanan telur, susu, daging, dan lain sebagainya akan mampu membantu merawat rambut setelah kemoterapi.

Sponsors Link

  • Asam lemak

Tidak hanya protein saja, tetapi asam lemak juga dapat membantu proses pertumbuhan rambut kembali setelah kemoterapi, baik asam lemak dari Omega-3 maupun Omega-6. Para penderita kanker dapat mendapatkan sumber asam lemak dari mengonsumsi ikan sardin, salmon, mackerel, dan lain sebagainya.

  • Minyak esensial untuk kulit kepala

Selain dengan bantuan vitamin, para penderita kanker juga dapat menggunakan minyak esensial pada kulit kepala. Dengan metode memijat kulit kepala dan penggunaan minyak esensial tersebut dipercaya juga mampu membantu proses pertumbuhan wambut setelah kemoterapi. Minyak-minyak seperti minyak lavender, minyak rosemaru, minyak bergamot, dan lain sebagainya memiliki fungsi untuk menguatkan akar rambut dan menutrisi folikel rambut. Oleh sebab itu dapat digunakan sebagai perawatan rambut setelah kemoterapi.

Itulah dia beberapa tips dan vitamin penumbuh rambut setelah kemoterapi selesai dilakukan. Perlu diketahui pula bahwa penggunaan maupun perawatan yang dilakukan akan memberikan hasil yang berbeda-beda pada setiap penderita kanker, hal ini disebabkan karena proses pertumbuhannya tetap akan dipengaruhi oleh kondisi tubuh masing-masing.

Selain itu, penderita kanker juga perlu memperhatikan jenis makanan dan minuman yang wajib dikonsumsi setelah kemoterapi. Akan lebih baik pula jika melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk cara maupun perawatan yang efektif dan sesuai dengan kondisi tubuh masing-masing.

Demikian informasi dan penjelasan mengenai vitamin penumbuh rambut setelah kemoterapi. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.