Vitamin C Dosis Tinggi untuk Kanker, begini Manfaat dan Efek Sampingnya

Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang mudah didapatkan dan juga sangat bermanfaat bagi tubuh. Beberapa manfaat dari vitamin C sendiri seperti untuk menangkal pilek, virus, dan lain sebagainya. Namun tahukah anda bahwa ternyata vitamin C juga memiliki manfaat bagi terapi kanker? Bahkan juga terdapat manfaat vitamin C untuk kanker. Lantas benarkah vitamin C dapat membantu proses penyembuhan kanker? Dalam ulasan kali ini akan dibahas secara lengkap mengenai vitamin C dosis tinggi untuk kanker, beserta dengan efek maupun manfaat didalamnya baik dalam pemberian secara injeksi dan juga dikonsumsi secara langsung.

Sponsors Link

Pemberian Vitamin C secara Injeksi

Dalam pemberian vitamin C pada penderita kanker, memang dapat dilakukan dalam dua cara, yaitu secara injeksi dan dikonsumsi secara langsung. Walaupun ketika dikonsumsi secara langsung akan sedikit sulit mendapatkan takaran dosis yang tinggi berbeda saat menggunakan metode injeksi. Metode injeksi sendiri dilakukan dengan cara menyuntikkan vitamin C dengan dosis tinggi hingga 100 kali lebih tinggi secara langsung pada aliran darah pasien kanker.

Menurut beberapa penelitian yang telah dilakukan, termasuk pemberian vitamin C dosis tinggi setiap minggu selama sembilan bulan kepada pasien kemoterapi kanker otak. Dapat diketahui bahwa vitamin C dosis tinggi dapat membantu membunuh sel kanker. Bahkan bukan hanya menghambat pertumbuhan sel kanker saja tetapi membantu membunuh sel kanker didalam tubuh. Berikut beberapa efek dan manfaat dari pemberian vitamin C secara injeksi:

  • Meningkatkan efek pembunuh sel kanker

Vitamin C dosis tinggi ternyata dapat meningkatkan efek pembunuh sel kanker terutama pada proses kemoterapi, seperti kemoterapi kanker darah. Pemberian vitamin C melalui injeksi yang aman tidak hanya akan menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker saja, tetapi juga mampu membantu membunuh sel kanker. Artinya bahwa vitamin C dosis tinggi juga dapat meningkatkan efektifitas dari kemoterapi maupun pengobatan radiasi bagi para penderita kanker, seperti halnya dalam manfaat vitamin E untuk kanker.

  • Membantu pembentukan molekul radikal bebas

Menurut penelitian yang dilakukan, zat besi yang mengikat tumor dapat bereaksi terhadap vitamin C dosis tinggi yang diberikan pada penderita kanker. Kondisi tersebut nantinya mampu menyebabkan adanya pembentukan molekul radikal bebas, dimana radikal bebas tersebutlah yang menjadi pemicu utama bagi terbunuhnya maupun hilangnya sel kanker. Dalam proses kemoterapi kanker maupun radiasi, pemberian vitamin C dosis tinggi dapat menyebabkan sel-sel kanker menjadi lebih mudah peka terhadap pengobatan yang berlangsung sehingga dapat berujung pada kematian sel-sel kanker itu sendiri.

  • Meningkatkan pembentukan hidrogen peroksida

Dalam suatu penelitian dikatakan bahwa, vitamin C mudah rusak sehingga akan mudah menciptakan hidrogen peroksida, yaitu suatu spesies oksigen reaktif yang dapat menyebabkan adanya kerusakan pada jaringan dan DNA. Dimana sel-sel kanker sendiri sebenarnya lebih mampu menghilangkan hidrogen peroksida dibandingkan dengan sel normal maupun sel-sel sehat didalam tubuh. Oleh sebab itu pemberian vitamin C dosis tinggi dapat meningkatkan pembentukan hidrogen peroksida, yang mana nantinya sel kanker akan lebih rentang terhadap kerusakan dan kematian disebabkan oleh kadar hidrogen peroksida yang tinggi.

  • Meningkatkan pelepasan enzim TET2

TET2 merupakan salah satu enzim yang memang secara alami terdapat didalam tubuh. Dimana enzim tersebut memiliki peran dalam merubah sel-sel yang mengalami mutasi untuk mati. Penyuntikkan vitamin C dosis tinggi sendiri mampu meningkatkan pelepasan enzim TET2 didalam tubuh, sehingga mampu menghambat pertumbuhan dari sel-sel kanker sebagai suatu sel yang berkembang tidak normal atau sel sehat yang mengalami mutasi.

Sponsors Link

  • Efek samping rendah

Selain beberapa manfaat diatas, pemberian vitamin C dosis tinggi untuk kanker juga memiliki efek samping yang rendah. Artinya tidak terdapat pengaruh selain dari manfaat diatas secara signifikan, hanya saja pasien akan lebih sering ke toilet dan juga mengalami mulut kering. Selain itu, tidak vitamin C dosis tinggi juga tidak berpengaruh terhadap jaringan normal, namun dapat merusak jaringan tumor didalam tubuh.

Vitamin C Dosis Tinggi Konsumsi Langsung

Selain dengan cara injeksi, vitamin C juga dapat dikonsumsi secara langsung. Walaupun memang memiliki manfaat yang sama, namun mengonsumsi secara langsung akan memberikan efek yang berbeda pada pasien kanker. Hal ini disebabkan karena vitamin C yang diberikan melalui mulut akan lebih mudah dikeluarkan oleh tubuh, sehingga manfaatnya tidak dapat diterima secara efektif maupun maksimal didalam tubuh. Kondisi tersebut berbeda dengan pemberian vitamin C dengan proses injeksi dimana langsung pada aliran darah.

Pemberian vitamin C dosis tinggi untuk kanker sendiri memang masih banyak diperbincangkan, dan dibutuhkan penelitian lebih lanjut. Hal ini disebabkan karena vitamin C dianggap akan lebih efektif dan memerlukan biaya yang lebih rendah dalam perawatan kanker. Walaupun memang sudah dilakukan beberapa penelitian hingga ditemukan manfaat yang efektif terhadap vitamin C dan kanker tersebut, namun tetap sebagai salah satu penyakit yang mematikan segala proses pengobatan maupun penanganan kanker harus disesuaikan dengan anjuran dokter dan proses yang aman serta sesuai. Demikian ulasan mengenai vitamin C dosis tinggi untuk kanker, semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.