Suplemen Pasca Kemoterapi Ini, Wajib Dihindari

Kanker merupakan suatu penyakit dimana terdapat pertumbuhan sel-sel tubuh yang abnormal atau tidak terkendali. Bagi para penderita kanker, baik yang masih dalam proses pengobatan maupun yang sudah sembuh, harus selalu mewaspadai pola hidup sehari-hari agar sel-sel kanker tidak bertambah banyak atau tumbuh kembali.

Sponsors Link

Salah satu kondisi yang perlu untuk dicermati adalah saat penderita kanker selesai menjalani kemoterapi atau pasca kemoterapi. Terdapat beberapa anjuran makanan yang dianggap boleh dan tidak boleh untuk dikonsumsi bagi para penderita kanker pasca kemoterapi, termasuk didalamnya beberapa suplemen bagi tubuh.

Dalam kesempatan kali ini akan dibahas mengenai suplemen pasca kemoterapi yang wajib dihindari. Apa saja suplemen tersebut? mari simak ulasan berikut untuk penjelasan lebih lanjut.

Suplemen dan Kemoterapi

Kemoterapi merupakan salah satu metode penyembuhan dari penyakit kanker. Dimana metode ini menggunakan obat-obat kimia untuk membunuh sel-sel dengan pertumbuhan sangat cepat seperti sel kanker. Oleh sebab itu, tidak heran jika sel-sel sehat didalam tubuh juga sering ikut mati karena proses kemoterapi kanker yang dijalankan, seperti menyebabkan munculnya ciri-ciri rambut rontok karena kanker.

Walaupun begitu, banyak juga cara mengatasi efek samping kemoterapi yang terjadi di tubuh, seperti dengan mengonsumsi suplemen, vitamin penumbuh rambut setelah kemoterapi, dan lain sebagainya.

Bagi para penderita kanker dalam proses pengobatan kemoterapi memang perlu untuk mengonsumsi suplemen maupun makanan dan minuman yang dianjurkan demi kesehatan tubuh dan proses kemoterapi yang lebih efektif. Tapi tahukah anda bahwa sebenarnya tidak semua jenis suplemen dapat memberikan efek yang baik bagi penderita kanker pasca kemoterapi?

Menurut beberapa penelitian yang dilakukan, setidaknya ada beberapa suplemen yang memang perlu untuk dihindari pasca kemoterapi. Hal ini disebabkan suplemen-suplemen tersebut justru dapat mengurangi keefektifan kemoterapi itu sendiri. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Suplemen Minyak Ikan

Suplemen minyak ikan biasanya banyak dikaitkan dengan kondisi yang berhubungan dengan kesehatan jantung dan juga darah. Namun ada pula pasien kanker yang mengonsumsi suplemen minyak ikan dengan tujuan untuk menurunkan kadar trigliserida dan juga mencegah terjadinya penurunan berat badan akibat proses pengobatan kanker.

Walaupun begitu, perlu anda ketahui bahwa menurut beberapa ahli, suplemen minyak ikan justru perlu untuk dihindari oleh penderita kanker terutama dalam proses kemoterapi maupun pasca kemoterapi. Hal ini disebabkan karena suplemen minyak ikan diketahui mengurangi efektifitas dari kemoterapi. Dimana dengan mengonsumsi suplemen minyak ikan pasca kemoterapi justru dapat menyebabkan sel kanker memperbaiki diri dengan lebih cepat. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan bagi para penderita kanker pasca kemoterapi untuk menghindari konsumsi suplemen minyak ikan.

  • Suplemen Herbal

Selain suplemen minyak ikan, terdapat pula suplemen herbal yang disarankan untuk dihindari pasca kemoterapi bagi para penderita kanker. Semakin berkembangnya teknologi dan informasi menyebabkan semakin mudah dan berkembangnya suplemen-suplemen kesehatan, salah satunya juga suplemen bagi penderita kanker.

Beberapa suplemen herbal seperti teh herbal, kunyit, bawang putih, dan lain sebagainya banyak diketahui bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun hal tersebut berbeda saat dikonsumsi oleh penderita kanker pasca kemoterapi. Hal ini disebabkan karena suplemen herbal diketahui justru dapat menghambat dan melemahkan efek dari kemoterapi itu sendiri.

Selain itu, suplemen herbal juga dapat menyebabkan munculnya reaksi, hingga memungkinkan juga menangkal terapi medis jika tidak dikonsumsi secara tepat. Terlebih lagi masih belum terdapat penelitian mengenai interaksi lebih jelas antara suplemen herbal dengan obat kemoterapi. Oleh sebab itu, menghindari suplemen herbal pasca kemoterapi lebih dianjurkan agar tidak mengurangi keefektifan pengobatan yang dilakukan.

Anjuran Asupan Pasca Kemoterapi

Walaupun suplemen minyak ikan dan suplemen herbal di anjurkan untuk dihindari, ada pula beberapa asupan yang justru disarankan pasca kemoterapi untuk membantu menjaga kesehatan tubuh dan juga keefektifan dari obat kanker. Beberapa diantaranya adalah:

  • Mengonsumsi cukup air

Mengonsumsi cukup air sangat dianjurkan bagi para penderita kanker pasca kemoterapi. Hal ini disebabkan karena adanya penurunan nafsu makan maupun minum setelah kemoterapi, sehingga tubuh akan mengalami kekurangan cairan. Oleh sebab itu, mengonsumsi cukup air menjadi penting. Anda juga dapat menambahkan sedikit lemon, jeruk, dan lain sebagainya.

  • Memenuhi kebutuhan karbohidrat dan protein

Hal yang dianjurkan kedua adalah selalu memenuhi kebutuhan karbohidrat dan juga protein  dalam tubuh, bisa juga dengan mengonsumsi makanan setelah kemoterapi. Karbohidrat dibutuhkan untuk memastikan tubuh tetap memiliki cukup energi seperti yang dapat didapatkan dari jagung, kentang, nasi, dan lainnya.

Sedangkan protein dibutuhkan karena sel-sel kanker yang bersifat merusak sel-sel tubuh, dimana dapat didapatkan melalui konsumsi daging merah (sapi), ayam, putih telur, dan lain sebagainya. Selain itu, perlu juga untuk mengatur pola makan dimana akan lebih baik jika sering makan dalam porsi kecil dibanding makan satu dua kali dalam porsi besar.

Sponsors Link

  • Konsumsi cukup buah dan sayur

Buah-buahan dan sayur-sayuran memang penting dikonsumsi dalam menjaga kesehatan serta nutrisi tubuh, terutama bagi para penderita kanker pasca kemoterapi yang memerlukan vitamin, mineral dan serat bagi tubuh. Terlebih banyak manfaat vitamin C untuk kanker, dan manfaat vitamin E untuk pengobatan kanker seperti pasca kemoterapi. Anda dapat mengonsumsi buah seperti jeruk, apel, pisang, dan menghindari anggur karena dapat mempengaruhi kemoterapi.

  • Pola hidup sehat

Menjaga pola hidup sehat seperti menjaga waktu tidur, olahraga ringan, menjaga berat badan, dan lain sebagainya juga dianjurkan agar dapat menjaga keefektifan kemoterapi.

Demikian informasi mengenai suplemen pasca kemoterapi yang wajib dihindari. Perlu diingat juga untuk tetap melakukan konsultasi dengan dokter untuk apa yang dikonsumsi bersamaan dengan obat kanker, karena efek yang didapatkan juga dapat berbeda-beda pada setiap orang. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.