7 Cara Penyembuhan Pasca Operasi Tumor Jinak

Penyakit tumor dapat terbagi menjadi dua jenis yaitu tumor ganas dan tumor jinak. Contoh tumor jinak yaitu tumor jinak di leher, tumor jinak tenggorokan, tumor jinak di kepala dan benjolan pada payudara. Jenis-jenis tumor jinak tersebut umumnya tidak terlalu berbahaya, namun bukan berarti boleh diabaikan. Tumor yang jinak sekalipun dapat berbahaya jika muncul penyebab tumor jinak menjadi ganas, seperti gaya hidup penyebab kanker. Tumor jinak umumnya diatasi dengan tindakan medis seperti operasi dan pengobatan yang biasanya juga dilakukan untuk mengatasi kanker. Namun tentunya semua proses tersebut tidak berjalan dengan cepat dan perlu tindakan perawatan pasca pengobatan selesai dijalani.

Sponsors Link

Penyembuhan pasca operasi tumor jinak termasuk sulit terutama jika dikhawatirkan tumor dapat menjadi ganas. Dukungan dari pihak keluarga pun sangat dibutuhkan agar pasien bisa segera sembuh. Tindakan operasi dibutuhkan untuk mengangkat seluruh jaringan dan sel tumor hingga akarnya sehingga diharapkan tubuh dapat terbebas dari tumor tersebut. Namun tentunya tindakan operasi pun dapat menimbulkan resiko terutama infeksi pada lukas bekas operasi. Karena itu beberapa cara penyembuhan pasca operasi tumor jinak berikut ini bisa dilakukan untuk mempercepat proses penyembuhan.

1. Merawat Lukas Bekas Operasi

Biasanya pasien yang menjalani operasi untuk pengangkatan tumor akan membutuhkan waktu agar bisa bergerak dengan normal, yang berkisar antara 3-7 hari tergantung besarnya tumor dan lokasi operasi. Luka operasi juga membutuhkan perawatan untuk mencegah infeksi dan pendarahan, dengan membersihkannya setiap hari dengan cairan pembersih yang steril dan menutupnya dengan kain kasa agar tidak mudah terkena air atau kotoran. Perawatan luka bekas operasi saat pasien masih di rumah sakit biasanya dilakukan oleh para perawat, namun jika sudah di rumah bisa dilakukan dengan bantuan anggota keluarga atau memanggil tenaga medis dari klinik yang jaraknya dekat dengan rumah.

2. Konsultasi dengan Dokter

Selain merawat bekas luka, pasien juga harus melakukan konsultasi dengan dokter, mengenai kondisi luka operasi tersebut apakah muncul masalah atau tidak. Kita juga perlu menanyakan kapan diperbolehkan untuk mulai menggerakkan anggota tubuh, beraktivitas hingga menggunakan pakaian tertentu tanpa mengganggu bekas operasi. Jika kita mengalami kondisi yang tidak nyaman atau tidak normal setelah operasi, kita perlu memberi tahu dokter agar dapat ditangani sebelum menjadi lebih parah.

3. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Pasien yang baru saja menjalani operasi tumor jinak perlu mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, untuk memulihkan stamina sekaligus membantu tubuh lebih cepat pulih dari lukas operasi. Perbanyak konsumsi buah dan sayur segar serta perbanyak minum air putih. Hindari bahan makanan penyebab kanker yang sekarang ini banyak dijual, termasuk yang mengandung banyak lemak, pemanis buatan, pengawet, pewarna, penyedap rasa dan minyak.

4. Hindari Kebiasaan Buruk

Banyak penderita tumor yang kesehatannya terus memburuk atau sulit untuk bisa cepat pulih karena masih mempertahankan kebiasaan buruknya di rumah, seperti merokok, minum alkohol dan sering bergadang. Hal tersebut akan merusak kesehatan tubuh dan menguras stamina sehingga daya tahan tubuh menurun dan penyakit pun mudah muncul. Karena itu, pasca operasi tumor jinak, jauhi kebiasaan buruk tersebut dan mulailah gaya hidup sehat secara perlahan.

Sponsors Link

5. Berolahraga secara Teratur

Meski baru menjalani operasi, bukan berarti kita perlu bersantai diri dan memanjakan tubuh terus-terusan di tempat tidur. Awalnya memang sangat sulit untuk dapat bergerak bebas namun Anda harus berusaha untuk menggerakkan tubuh secara bertahap dan mulai melakukan olahraga dari gerakan yang paling ringan. Misalnya, pada tahap awal mulailah untuk berjalan pelan, lalu lanjutkan dengan rutinitas jalan pagi setiap harinya. Setelah beberapa bulan, biasanya tubuh sudah bisa berolahraga dengan lancar. Karena itu, jadwalkan dalam seminggu berapa kali akan melakukan olahraga baik di rumah maupun di tempat umum seperti di taman.

6. Istirahat yang Cukup

Setelah menjalani proses operasi, pasien juga harus lebih banyak menghabiskan waktu dengan istirahat yang cukup. Istirahat akan membantu pasien lebih cepat pulih, baik pada bekas operasi maupun keseluruhan tubuh yang mungkin kelelahan selama menjalani perawatan.

7. Pemeriksaan Lanjutan

Setelah selesai operasi pasien mungkin akan lupa untuk konsultasi dengan dokter. Padahal, pasca operasi pemeriksaan lanjutan sangat diperlukan untuk memantau bekas operasi apakah bermasalah atau tidak dan melihat apalah tumor bersifat jinak ataukah ganas. Jadi pasien harus rutin ke rumah sakit agar penyakitnya dapat dipantau dengan ahlinya. Bila ditemukan masalah tentu dokter akan cepat bertindak berdasarkan hasil yang diperoleh hasil pemeriksaan tersebut.

Itulah cara penyebuhan pasca operasi tumor jinak yang dapat dilakukan, baik di rumah sakit maupun di rumah. Sebelum operasi biasanya akan ada biopsi kanker untuk mendiagnosis dan menentukan apakah tumor termasuk tumor atau tidak dan sudah seberapa besar tumor tersebut muncul. Seperti halnya pengobatan tumor tulang jinak dan cara pemulihan setelah operasi tumor parotis, pemulihan pasca operasi tumor jinak harus dilakukan dengan kesabaran.

, , , ,