16 Manfaat Nanas Untuk Penderita Kanker

Indonesia merupakan negara yang memiliki tanah yang subur karena terletak di garis khatulistiwa. Hal ini memberikan dampak positif bagi masyarakat yang ingin membudidayakan tanaman. Salah satu tanaman yang tumbuh subur di Indonesia adalah buah nanas. Buah tropis ini banyak ditemukan di berbagai belahan dunia, terutama di Indonesia. Selain kesegarannya, buah nanas ini ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. (Baca juga: Manfaat Daun Afrika Untuk Kanker ).

Sponsors Link

Berdasarkan hasil temuan yang ditemukan oleh beberapa ahli, buah nanas memiliki manfaat untuk penanganan penyakit kanker. Seperti yang telah kita ketahui, kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh masyarakat pada umumnya. Hal ini dikarenakan dampak terburuk dari adanya penyakit kanker adalah dapat menyebabkan kematian, terutama jika terlambat ditangani. (Baca juga: Ciri ciri Kanker Tenggorokan ).

Banyak sekali tanaman atau obat – obatan herbal yang dipercaya dapat menangani masalah penyakit kanker. Penanganan penyakit kanker melalui obat – obatan herbal dinilai lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping dibandingkan dengan penanganan secara medis. Selain itu, penanganan dengan obat herbal diketahui lebih efektif, sehingga banyak masyarakat yang beralih mengkonsumsi obat – obatan herbal untuk menangani penyakitnya. (Baca juga: Kopi Bagi Penderita Kanker ).

Nanas merupakan salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi bagi penderita penyakit kanker. Tanpa kita sadari ada beberapa bagian dari buah nanas yang terabaikan padahal bagian tersebut dipercaya ampuh untuk menangani penyakit kanker. Bagian dari buah nanas yang memiliki manfaat besar untuk penyakit kanker, yaitu kulit dan bonggol nanas. Terkadang kita tidak menyadari manfaat yang terkandung pada bagian tersebut, sehingga kebanyakan dari kita membuangnya. Hal tersebut kemungkinan besar dipengaruhi oleh kurangnya pengetahuan dan pemahaman yang dimiliki mengenai buah nanas. Oleh sebab itu, disarankan untuk tidak mengabaikan dan tidak membuang bagian kulit dan bonggol nanas. Hal ini dikarenakan dalam bagian tersebut memiliki kandungan yang sangat baik dalam mengatasi dan mencegah sel kanker. (Baca juga: Manfaat Madu Untuk Penderita Kanker ).

Banyak para ahli yang melakukan penelitian terhadap buah nanas untuk mengetahui manfaat yang terkandung di dalamnya, terutama untuk penyakit kanker. Oleh sebab itu, kita perlu mengetahui manfaat – manfaat tersebut melalui pemaparan di bawah ini. (Baca juga: Manfaat Buah Nanas Untuk Mencegah Kanker ).

  1. Adanya kandungan Bromelain

Zat bromelain terkandung pada buah nanas di bagian bonggolnya. Zat ini mengandung dua unsur, yaitu CCS dan CCZ. Kedua unsur ini sangat baik dalam mengatasi sel kanker yang mirip dengan protein dalam tubuh yang tidak bisa dikenali oleh sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan dari dua unsur tersebut mampu meningkatkan dan menghambat pertumbuhan atau perkembangan sel kanker yang mirip sekali dengan protein yang ada dalam tubuh.

Sponsors Link

  1. Adanya dua molekul yang dapat mengobati kanker

Dalam bonggol nanas, terdapat dua molekul yang berperan sebagai zat yang dapat mengobati kanker. Molekul pertama, dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk membunuh sel – sel kanker. Sedangkan, molekul lainnya dapat menghentikan perkembangan protein sebanyak 30% dalam berbagai kasus penyakit kanker.

  1. Adanya kandungan Vitamin A dan Betakaroten

Buah nanas kaya akan vitamin A dan Betakaroten, zat tersebut tidak hanya berguna untuk melindungi mata, tetapi dapat juga dijadikan pencegahan terhadap kanker paru – paru dan juga kanker mulut.

  1. Adanya kandungan Vitamin C, Flavonoid, dan Antioksidan

Dalam buah nanas, terdapat kandungan vitamin C, flovonoid, dan antioksidan. Dimana ketiga zat tersebut dapat membantu dalam membangun sistem kekebalan tubuh serta menghancurkan radikal bebas. Sehingga metabolisme tubuh menjadi lebih kuat dan terhindar dari berbagai macam penyakit, termasuk penyakit kanker.

  1. Mengandung Vitamin B1

Vitamin B1 atau disebut dengan Thiamin berfungsi untuk mengubah karbohidrat menjadi energi, memperkuat otot, dan meningkatkan fungsi sistem saraf yang tepat.

  1. Mengandung fosfor

Fosfor merupakan zat yang bermanfaat  dalam memperkuat struktur tulang dan gigi, sehingga menghentikan perkembangan osteoporosis.

  1. Adanya kalium

Kandungan kalium dalam buah nanas dapat mengatur tekanan darah dan mendukung fungsi ginjal.

  1. Adanya mangan

Mangan merupakan suatu mineral penting yang tidak bisa dibuat oleh tubuh. Zat ini akan kita temukan pada buah nanas. Fungsi dari mangan disini adalah untuk mendukung perkembangan tulang, mempercepat penyembuhan luka, mendukung kesehatan kulit, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan menstabilkan gula darah yang ada dalam  tubuh untuk mencegah terjadinya diabetes dan gangguan pada metabolisme tubuh.

  1. Adanya enzim

Kandungan enzim yang ada dalam buah nanas memiliki sifat – sifat anti – inflamasi. Khasiat yang dikandungnya ini dapat mengurangi nyeri sendi akibat asam urat, mengurangi sakit tenggorokan, menghentikan perkembangan tumor baru penyebab kanker dan menyusutkan kanker, mengurangi pembengkakan setelah melakukan operasi, mencegah asam lambung untuk naik, dan menjadi pelengkap untuk mempercepat proses pencernaan.

  1. Memperkuat otot jantung

Zat valine yang terdapat dalam buah nanas dapat mempertahankan kadar energi di dalam tubuh, menopang fungsi sendi, tendon, serta menguatkan otot – otot pada jantung.

  1. Menurunkan berat badan

Kandungan enzim proteiolitik dapat menghambat penyerapan lemak dalam saluran pencernaan. Selain itu, kandungan vitamin C pada buah nanas dapat membantu dalam pembakaran lemak, sehingga lemak tidak menumpuk dalam tubuh dan menurunkan berat badan.

  1. Mengatasi perut kembung

Kandungan bromelain yang terdapat dalam buah nanas bisa membantu dalam memecah makanan. Sehingga mengurangi kembung yang mungkin terjadi pada perut setelah makan.

  1. Mencegah flu dan demam

Kandungan vitamin C yang juga terdapat pada buah nanas membantu mencegah virus flu dan dapat melancarkan dahak ketika batuk. Sehingga flu dan demam dapat segera sembuh.

  1. Memperbaiki penglihatan

Kandungan betakaroten yang ada dalam nanas juga membantu dan sangat baik bagi sistem penglihatan. Sehingga mata menjadi lebih sehat.

Sponsors Link

  1. Mengurangi stress atau depresi

Kandungan senyawa seratonin yang terkandung dalam nanas dipercaya dapat mengurangi stress atau depresi. Sehingga menimbulkan rasa bahagia.

  1. Manfaat lainnya yang terkandung

Adapun manfaat lainnya yang terkandung dalam buah nanas, yaitu seperti mengatur kelenjar tiroid dan mengurangi risiko gondok, mengurangi pembengkakan tenggorokan akibat bronkitis dan asma, menurunkan tekanan darah, mengeluarkan parasit dari hati dan usus, meredakan sembelit, mencegah mual, rendah kalori untuk menurunkan berat badan, mengandung pektin tinggi yang membantu dalam mengeluarkan logam berat dan racun dalam tubuh, mengobati masalah saluran kemih, mengatasi radang kulit, mengobati kram otot, memperlancar menstruasi, serta mengandung zat anti pembekuan darah.

Meskipun buah nanas memiliki banyak manfaat untuk kesehatan terutama untuk mengatasi penyakit kanker, tetapi masih banyak masyarakat yang merasa was – was untuk mengkonsumsi buah nanas. Selain itu, apabila mengkonsumsi buah nanas secara berlebihan akan menimbulkan beberapa efek samping. Berikut ini adalah pemaparan mengenai efek samping dari buah nanas. (Baca juga: Manfaat Akupresur Untuk Kanker ).

  • Keguguran pada kandungan. Nanas berpotensi dalam menggugurkan kandungan, terutama nanas muda. Dalam nanas muda terkandung abortivum yang dapat menggugurkan janin yang ada dalam kandungan. Oleh sebab itu, wanita hamil disarankan untuk tidak mengkonsumsi nanass muda.
  • Memicu rematik. Buah nanas dapat memicu terjadinya rematik. Karena pada saat buah nanas dicerna dan telah terfermentasi menjadi alkohol dapat memicu rematik. Sehingga bagi penderita rematik dianjurkan untuk membatasi pengkonsumsian buah nanas.
  • Meningkatkan gula darah. Bagi penderita diabetes disarankan untuk membatasi konsumsi buah nanas. Karena dalam buah tersebut terdapat kadar gula yang tinggi, sehingga apabila buah nanas dikonsumsi secara berlebihan dapat meningkatkan gula darah yang ada dalam tubuh.
  • Timbulnya rasa gatal. Ketika mengkonsumsi buah nanas, terkadang kita akan merasakan gatal pada mulut dan lidah. Oleh sebab itu, sebelum mengkonsumsi buah nanas, disarankan untuk merendamnya terlebih dahulu dengan air garam. Sehingga kandungan getah yang ada dalam buah nanas menjadi berkurang dan tidak menyebabkan gatal.
  • Menyebabkan sakit kepala. Selain menyebabkan gatal atau alergi ketika dimakan, buah nanas juga dapat menyebabkan sakit pada kepala jika dikonsumsi secara berlebihan. Oleh sebab itu, batasi mengkonsumsi buah nanas untuk menghindari berbagai efek samping yang ditimbulkan.

Itulah pemaparan mengenai kandungan yang terdapat dalam buah nanas beserta efek sampingnya. Sebelum memilih cara penanganan pada suatu penyakit, lebih baik lakukan konsultasi terlebih dahulu untuk memastikan tindakan yang harus dilakukan. Semoga bermanfaat. (Baca juga: Manfaat Alpukat Untuk Kanker )

, , ,
Post Date: Monday 31st, October 2016 / 05:35 Oleh :
Kategori : Pengobatan