7 Manfaat Daun Sirih Untuk Kanker – Pengobatan dan Pencegahan

Daun sirih termasuk jenis tanaman yang kaya manfaatnya. Beberapa orang pada zaman dulu menggunakan daun sirih sebagai obat untuk mengatasi berbagai penyakit seperti keputihan pada wanita, bau mulut, merawat kesehatan gigi, mengobati luka sengatan dan sebagainya. Tahukah anda bahwa daun sirih ternyata juga bermanfaat untuk mengobati penyakit kronis seperti kanker? Ya. Daun sirih menurut penelitian yang dilakukan oleh beberapa studi menegaskan bahwa kandungan Flavonoid dalam daun sirih sangat tinggi dan berkhasiat menghambat pertumbuhan sel kanker. (baca juga : Gejala Kanker Empedu, Penyebab Kanker Anal)

Sponsors Link

Daun sirih sudah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia khususnya. Jenis tanaman ini mudah didapatkan di wilayah beriklim tropis. Daun sirih terdiri dari tiga jenis yang dapat dibedakan dari warnanya yaitu daun sirih merah, sirih hijau, dan sirih hitam. Dari ketiga jenis daun sirih tersebut daun sirih merah yang memiliki manfaat besar bagi pengobatan penyakit kanker. Beberapa jenis kanker yang dapat disembuhkan dengan konsumsi daun sirih merah diantaranya adalah kanker serviks dan kanker payudara. Kandungan yang terdapat dalam daun sirih diantaranya adalah sebagai berikut. (baca juga : Manfaat Apel Untuk Kanker, Manfaat Daun Sirsak Untuk Kanker Otak)

  • Flavonoid, senyawa ini berfungsi untuk menurunkan lemak jahat dalam darah serta mengedarkan oksigen dalam tubuh
  • Polifenol, senyawa ini bermanfaat sebagai antioksidan
  • Tanin, kandungan ini bermanfaat sebagai antiseptik yang mampu membunuh bakteri jahat
  • Eugenol, berguna sebagai pereda nyeri
  • Minyak atsiri, berguna untuk melawan sel kanker
  • Saponin, berfungsi menangkal virus, bakteri, dan kuman yang merugikan tubuh

Baca Juga :

Kandungan yang terdapat dalam daun sirih memiliki manfaat besar untuk pengobatan penyakit kanker. Peranan senyawa-senyawa yang terkandung dalam daun sirih tersebut antara lain,

#1. Meredakan Rasa Nyeri

Rasa nyeri yang dirasakan pasien kanker sangat hebat. Terkadang pasien akan mengalami depresi yang berkepanjangan saat rasa nyeri tersebut tidak tertahankan. Kandungan Eugenol yang ada pada daun sirih akan membantu mengurangi hal tersebut. Eugenol berfungsi mengatur dan mengendalikan rasa nyeri tepat pada bagian yang sedang dihinggapi sel kanker. Mengonsumsi ekstrak daun sirih akan membantu untuk mengurangi bahkan menghilangkan rasa nyeri secara berkala pada pasien kanker. (baca juga : Manfaat Jahe Untuk Kanker, Makanan Pemicu Kanker Serviks)

#2. Melawan Sel Kanker

Penyakit kanker selain dilawan dengan menggunakan tindakan medis seperti kemoterapi dan radioterapi yang cukup berisiko, juga harus dilawan dari dalam. Efek radiasi dan kemoterapi akan mengakibatkan kondisi tubuh pasien menurun dan mudah lemah. Dengan mengonsumsi daun sirih secara rutin akan membantu pasien untuk ikut serta melawan sel kanker dari dalam tubuhnya. Hal tersebut dilakukan karena bantuan dari kandungan minyak atsiri yang ada dalam daun sirih yang berfungsi membunuh perlahan sel kanker yang sudah tersebar.

Sponsors Link

#3. Antioksidan

Antioksidan dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan efek buruk radikal bebas yang diakibatkan oleh polusi serta gaya hidup yang tidak sehat. Daun sirih mengandung senyawa polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan tinggi untuk membantu proses pengobatan pasien kanker dengan cara menangkal risiko buruk radikal bebas yang berasal dari sel kanker.

#4. Melancarkan Peredaran Darah

Peredaran darah yang tidak lancar juga dialami pasien kanker. Alasan yang sering kali terdengar adalah akibat adanya penyumbatan saat kemoterapi dijalani. Persoalan ini sangat menganggu proses pengobatan pasien kanker yang akan berpengaruh pada hasil kemoterapi. Kandungan senyawa flavonoid bermanfaat untuk mengatasi masalah demikian. Oleh karena itu pemberian daun sirih akan membantu pengobatan pasien dengan jalan melancarkan peredaran darah sehingga suplai oksigen dapat tersebar menyeluruh ke dalam tubuh dan otak.

#5. Mencegah Virus

Semakin lama proses pengobatan kanker pada pasien akan mengganggu sistem metabolisme tubuh sehingga akan berpengaruh pula pada daya tahan tubuh pasien. Kemungkinan pasien akan terserang penyakit lain bisa terjadi karena kondisinya yang rentan terkena virus. Kandungan saponin yang terdapat dalam daun sirih akan sangat bermanfaat untuk menangkal virus serta bakteri jahat yang berasal dari lingkungan. Hal ini akan sangat berguna bagi pasien untuk dapat melewati masa pengobatan tanpa harus merasakan lemah karena virus atau bakteri yang kemungkinan besar menyerang saat kondisi tubuh tidak stabil. (baca juga : Gejala Awal Kanker Lambung, Tanda Awal Kanker Otak)

#6. Menurunkan Risiko Stres

Pasien yang sedang dalam tahap pengobatan atau hendak menjalani operasi pengangkatan kanker akan mengalami stres yang meningkat. Dalam kondisi seperti itu pasien tidak dapat mengontrol emosi dan dapat berakibat buruk bagi hasil pengobatannya. Kandungan flavonoid yang berguna dalam proses peredaran darah bagi penderita kanker akan membantu oksigen secara lancar menuju otak, jantung dan organ lain sehingga otomatis akan berpengaruh pada kondisi psikologis pasien. Dengan begitu risiko stres dan hipertensi sebagai penyebab depresi akan berkurang. (baca juga : Tanda Kanker Rahim, Gejala Kanker Pankreas)

Sponsors Link

#7. Membunuh Bakteri Jahat

Kandungan tanin dalam daun sirih sangat bermanfaat bagi penderita kanker stadium lanjut. Tanin berfungsi sebagai pembunuh bakteri jahat yang kemungkinan akan memanfaatkan kondisi pasien yang sangat lemah ketika kanker sudah pada stadium lanjut. hal ini dapat berakibat fatal pada proses penyembuhan pasien jika berhasil melewati masa kritisnya. Pemberian daun sirih sangat dianjurkan terutama bagi pasien kanker serviks dan payudara. Kedua jenis kanker tersebut akan sangat terbantu dengan konsumsi daun sirih secara rutin.

Artikel Terkait : Tanda Awal Kanker Usus Besar, Gejala Awal Kanker Lidah

Sejatinya pengobatan dengan menggunakan bahan-bahan tradisional juga diperlukan untuk menunjang tindakan medis yang sudah diusahakan guna menyembuhkan kanker. Daun sirih adalah satu diantara bahan tradisional yang sangat mudah ditemukan di iklim tropis seperti Indonesia dan memiliki manfaat yang banyak. Dengan demikian tidak sulit bagi kita untuk mengolahnya dan mengonsumsinya sebagai tindakan preventif. Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Semoga bermanfaat !

, , ,
Post Date: Wednesday 25th, January 2017 / 05:51 Oleh :
Kategori : Pengobatan