5 Manfaat Daun Kenikir untuk Kanker

Pernahkah Anda mengkonsumsi daun kenikir? Ya, daun kenikir yang biasa kita kenal sebagai sayuran pelengkap dalam masakan urap ternyata memiliki kandungan senyawa yang sangat efektif dalam melawan penyakit kanker. Seperti yang kita tahu, penyakit kanker masih menjadi penyakit yang paling ditakuti semua orang, karena sifatnya yang sangat ganas dan mematikan. Hingga saat ini banyak sekali jenis kanker bermunculan, dan beberapa di antaranya termasuk jenis kanker paling mematikan di dunia. Karena itu banyak orang yang mencari pengobatan dan pencegahan penyakit kanker seperti salah satunya adalah daun kenikir.

Sponsors Link

Seperti halnya manfaat daun dewa untuk kanker, manfaat daun kenikir untuk kanker juga sudah dibuktikan oleh banyak penderita kanker, khususnya kanker payudara. Kanker payudara memang menjadi kanker pembunuh wanita nomor satu sehingga penyakit ini sangat ditakuti, terlebih ciri-ciri kanker payudara pada stadium awal hampir tidak dirasakan sehingga penyakit ini sering terlambat didiagnosis. Daun kenikir sering dijadikan pengobatan alternatif kanker maupun pendukung untuk meringankan efek samping kemoterapi kanker. Jika dikombinasikan, pengobatan konvensional dan tradisional dapat saling melengkapi sehingga lebih efektif dalam melawan penyakit kanker.

Cara Kerja Daun Kenikir Melawan Kanker

Pengobatan kanker menggunakan daun kenikir memang belum dibuktikan secara medis namun banyak yang sudah membuktikan khasiatnya. Tentunya banyak sekali kandungan senyawa dalam daun kenikir yang sangat berperan dalam melawan sel kanker di dalam tubuh. Senyawa tersebut antara lain:

  • artemisinin
  • terpenoid
  • flavonoid
  • saponin
  • magnesium
  • quercetin
  • tokoferol
  • koniferil alkohol
  • polifenol
  • kalsium
  • hidroksi eugenol

Nah, dari semua senyawa tersebut, kandungan artemisinin lah yang paling utama dalam membunuh sel kanker. Cara kerja senyawa tersebut yaitu mengikat kandungan iron yang sangat tinggi dalam sel kanker, sehingga sel kanker akan berkurang sedikit demi sedikit dan dikeluarkan dari tubuh. Namun tentu saja khasiat tersebut tidak kita dapatkan secara instan. Hasil akan  terlihat setelah kita menggunakan daun kenikir secara rutin selama beberapa bulan hingga setahun. Umumnya daun kenikir dapat mengatasi berbagai jenis kanker, namun yang paling efektif adalah kanker payudara.

Cara konsumsi kenikir untuk kanker bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti dimakan sebagai lalapan, direbus dan diminum airnya, dijadikan jus maupun dikonsumsi ekstraknya. Jika di luar negeri seperti Amerika, daun kenikir telah diekstrak dan dikemas dalam bentuk botol serta diperjualbelikan. Namun harganya pun bisa dibilang cukup mahal. Sedangkan di Indonesia sendiri belum ada yang menjual daun kenikir dalam bentuk ekstrak. Jadi kita bisa mengolahnya sendiri sesuai kebutuhan, karena daun kenikir segar mudah ditemukan di pasar bahan banyak masyarakat yang menanamnya di pekarangan rumah.

Manfaat Daun Kenikir untuk Kanker

Beberapa manfaat daun kenikir untuk mengobati penyakit kanker dapat dilihat sebagai berikut.

1. Membunuh Sel Kanker

Senyawa dalam daun kenikir secara alami dan bertahap akan menghancurkan sel kanker dengan mengikat iron dalam sel kanker tersebut. Bahkan daun kenikir dapat merangsang sel kanker melakukan apoptosis sehingga sel kanker akan hancur sendiri.

2. Mengecilkan Sel Kanker

Daun kenikir juga membantu dalam mengecilkan sel kanker dan mempersempit area tubuh yang terserang kanker. Hal ini menunjukkan daun kenikir memberikan harapan hidup yang luar biasa, jika sel kanker semakin kecil maka penyakit mematikan tersebut akan lebih mudah untuk disembuhkan. Selain itu daun kenikir juga akan menghambat pertumbuhan sel kanker sehingga sel kanker tidak mampu berkembang untuk bermetastasis.

Sponsors Link

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Dengan mengkonsumsi daun kenikir setiap hari, maka daya tahan tubuh semakin bagus dan lebih kuat dalam melawan sel kanker dari dalam tubuh. Apalagi jika dilakukan bersamaan dengan kemoterapi, maka tubuh akan lebih kuat menahan efek sampingnya dan bisa segera sembuh. Daun kenikir akan membuat tubuh terasa lebih bugar sehingga tidak merasa lemah meski sedang menderita kanker.

4. Mengurangi Rasa Nyeri

Penyakit kanker menimbulkan rasa nyeri yang cukup hebat, karena itu penderitanya akan sangat tersiksa. Dengan mengkonsumsi daun kenikir maka rasa sakit dan nyeri yang dirasakan akan jauh berkurang. Hal ini penting untuk proses penyembuhan karena dengan berkurangnya rasa sakit penderita kanker akan lebih bersemngat untuk beraktivitas.

5. Mencegah Kanker

Selain berfungsi untuk mengobati, daun kenikir juga ampuh dalam mncegah munculnya penyakit kanker di dalam tubuh. Caranya sediakan seikat daun kenikir atau sekitar 100 gram lalu rebus dalam 350 ml air. Setelah mndidih dan daun kenikir berubah warna angkat dan saring, minumlah selagi hangat. Untuk pencegahan, ramuan tersebut bisa diminum 1-2 kali dalam seminggu.

Nah, itulah manfaat daun kenikir untuk kanker yang penting untuk kita ketahui. Pemanfaatan bahan alami dalam pengobatan kanker masih menjadi perdebatan, namun tidak ada salahnya mencoba karena usaha harus terus dilakukan jika ingin sembuh dari penyakit kanker.

, , , ,
Info Dokter

Apa kanker paling bahaya ? Mengapa ? Yuks simak penjelasan dokter spesialis Kulit dan Kelamin dari RSPAD Gatot Soebroto, jangan lupa subscribe untuk penjelasan dokter lainnya.