7 Manfaat Daun Kelor Untuk Pengobatan Kanker

Mendengar kata daun kelor, beberapa masyarakat mungkin akan teringat pada satu ungkapan yang seringkali dijadikan sebagai nasihat, “Dunia Tak Selebar Daun Kelor”. Meningkatnya popularitas daun kelor karena ungkapan tersebut mungkin tak sebanding dengan meningkatnya pengetahuan masyarakat tentang daun kelor terutama manfaatnya. Daun kelor atau yang dalam bahasa latinnya disebut dengan istilah Moringa oleifera merupakan salah satu jenis tanaman obat atau apotek hidup yang dapat berkembang dengan baik pada daerah yang memiliki ketinggian antara 300 hingga 500 meter di atas permukaan laut. (Baca juga : Gejala Awal Kanker Lambung)

Sponsors Link

Tanaman kelor biasanya tumbuh dengan ketinggian sekitar 7 hingga 8 meter. Daunnya sendiri memiiki bentuk bulat menyerupai telur yang berukuran kecil serta tersusun banyak dalam satu tangkai. Untuk membudidayakan tanaman obat ini biasanya masyarakat mengembangkannya secara mandiri dengan metode stek. Dibalik ungkapan “Dunia Tak Selebar Daun Kelor”, tanaman ini rupanya memiliki banyak sekali manfaat yang sangat berguna di dunia kesehatan. Begitu banyak bagian dari tanaman kelor yang dapat diambil manfaatnya, salah satunya adalah daun dari tanaman tersebut. Manfaat daun dari tanaman asli Indonesia ini ternyata sudah terdengar bahkan hingga ke mancanegara. (Baca juga : Tanda Awal Kanker Mulut)

Bagi sebagian masyarakat, daun kelor rupanya telah dikenal sebagai tanaman ajaib yang dapat digunakan sebagai obat herbal atau ramuan alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Begitu banyak penyakit yang kemunculannya dapat disembuhkan oleh daun kelor ini, dari mulai penyakit yang ringan hingga penyakit yang tergolong berat sekalipun. Salah satu penyakit ‘kelas berat’ yang dapat diobati dengan daun kelor ini adalah kanker.

Seperti yang telah kita semua ketahui, kanker termasuk salah satu penyakit yang mematikan dengan proses penyembuhan penyakitnya yang tidak mudah. Selama ini bahkan sudah banyak penderita kanker yang bahkan mengalami putus asa ditengah perjuangannya untuk menghilangkan penyakit berbahaya tersebut dari dalam tubuhnya. Mulai saat ini penderita kanker tidak perlu lagi merasa sulit untuk sembuh dari penyakit berbahaya tersebut, karena daun kelor membawa solusi yang sangat bermanfaat. (Baca juga : Bahaya Kanker Darah)

Sejuta Kandungan Manfaat Daun Kelor

Sehelai daun kelor mengandung berbagai zat yang tentunya mendatangkan manfaat bagi yang mengkonsumsinya, terutama untuk para penderita kanker. Beberapa kandungan yang terdapat di dalam daun kelor diantaranya:

  • Antioksidan

Daun kelor memiliki 46 kandungan senyawa antioksidan kuat yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Diantara 46 kandungan senyawa antioksidan tersebut ialah vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, vitamin B (Choline), vitamin B1 (Thiamin), vitamin B2 (Riboflavin), vitamin B3 (Niacin), vitamin B6, alanine, arginine, beta-sitosterol, askorbat acid, flavonoid, karotenoid, dan masih banyak lagi. (Baca juga : Tanda Awal Kanker Gusi)

Sponsors Link

  • Kandungan kalium 15 kali lebih banyak dari pada pisang
  • Vitamin A daun kelor sama dengan 10 kali lipatnya dari yang terkandung dalam wortel dan kandungan beta carotene-nya 4 kali lipat lebih banyak dari yang terkandung dalam wortel (Baca juga : Tanda Kanker Rahim Stadium Awal)
  • Memiliki kandungan zat besi sebanyak 25 kali lebih banyak dibandingkan yang terkandung pada bayam (Baca juga : Gejala Leukemia Stadium 2)
  • Kandungan kalsiumnya 17 kali lebih banyak dan 2 kali lipat protein lebih banyak dari yang terkandung di dalam susu (Baca juga : Makanan Pemicu Kanker Serviks)
  • Kandungan proteinnya 9 kali lebih banyak dari yang terkandung di dalam yogurt (Baca juga : Manfaat Ace-Maxs Untuk Kanker Serviks)
  • Memiliki kandungan zinc 6 kali lipat lebih banyak dari almond (Baca juga : Manfaat Kacang Almond Untuk Kanker)
  • Mengandung 5 kali serat lebih banyak dari yang terkandung dalam sayuran
  • Kandungan asam amino 6 kali lebih banyak dari yang terkandung di dalam bawang putih (Baca juga : Manfaat Daun Sirsak Untuk Kanker Serviks)
  • Memiliki kandungan 100 kali GABA (gamma-aminobutyric acid) lebih banyak dari yang terkandung di dalam beras merah (Baca juga : Tanda Kanker Payudara Mulai Sembuh)
  • Kandungan vitamin B2-nya 50 kali lebih banyak dari yang terkandung di dalam sardines, sementara kandungan vitamin B3-nya pun 50 kali lebih banyak dari yang terkandung di dalam kacang (Baca juga : Makanan Pencegah Kanker Rahim)
  • Memiliki kandungan vitamin E 4 kali lebih banyak dari yang terkandung di dalam minyak jagung (Baca juga : Gejala Awal Kanker Kulit)

Apa Saja Manfaat Daun Kelor Untuk Kanker ?

Beberapa kandungan daun kelor yang telah disebutkan tadi tentulah sangat membawa banyak manfaat jika dikonsumsi baik untuk orang sehat, terlebih untuk mereka yang sedang terserang kanker. Mengkonsumsi daun kelor pada saat pengobatan kanker secara medis sedang berlangsung akan mampu membantu percepatan proses penyembuhan penyakit berbahaya ini. Anda yang memerlukan pengobatan dari daun kelor untuk menyembuhkan kanker perlu mengetahui manfaat apa saja yang didatangkan oleh tanaman obat tersebut, agar semangat untuk sembuh kembali bangkit. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

  1. Memiliki Efek Anti-kanker

Berbagai penelitian telah dilakukan untuk menguji seberapa banyak manfaat daun kelor untuk penderita kanker. Hasilnya, beberapa penelitian telah menemukan bahwa daun kelor memiliki sifat anti-tumor dan anti-kanker karena kandungan senyawa aktif niaziminin di dalamnya. Kandungan senyawa aktif ini tentunya akan membantu mencegah pertumbuhan dan perkembangan sel-sel kanker di dalam tubuh. (Baca juga : Daftar Tanaman Obat Kanker)

ads
  1. Sebagai Antioksidan dan Anti-inflamasi

Sehelai daun kelor mengandung kandungan yang merupakan campuran dari asam amino esensial, fitonutrien karotenoid, senyawa antioksidan seperti quercetin, dan senyawa antibakteri alami yang berperan layaknya obat anti-inflamasi. Antioksidan besar peranannya untuk menangkal radikal bebas yang menyebabkan penyerangan sel kanker ke dalam tubuh manusia dan mengurangi sel kanker yang sudah terlanjur masuk ke tubuh bahkan menghilangkannya. Sedangkan anti-inflamasi dapat membantu meredakan atau mengurangi rasa sakit akibat peradangan yang terjadi pada pasien kanker akibat dari pertumbuhan sel-sel yang abnormal. (Baca juga : Manfaat Lemon Untuk Kanker)

  1. Memiliki Senyawa Anti Penuaan

Selain senyawa antioksidan, di dalam daun kelor juga terkandung senyawa anti penuaan yang mempu menurunkan efek stress oksidatif dan peradangan. Ditambah dengan adanya polifenol, vitamin C, beta carotene, quercetin, dan asam klorogenat dapat membantu penurunan risiko menyebarnya penyakit kanker ke organ-organ lain di dalam tubuh. (Baca juga : Manfaat Singkong Untuk Kanker)

  1. Dapat Mencegah Pembentukan Sel Kanker

Kandungan antioksidannya yang sangat kuat membuat daun kelor sangat ampuh untuk dapat mencegah pembentukan sel kanker di dalam tubuh. Selain itu, daun kelor juga mengandum potasium yang cukup tinggi sehingga dapat memperlambat bahkan menghentikan pembentukan sel kanker di dalam tubuh. (Baca juga : Manfaat Apel Untuk Kanker)

  1. Berperan Sebagai Antimikroba dan Antibakteri

Manfaat daun kelor berikutnya adalah dapat berperan sebagai antimikroba dan antibakteri di dalam tubuh penderita kanker, sehingga dapat membantu proses penyembuhan dan pengurangan sel-sel kanker. (Baca juga : Manfaat Alpukat Untuk Kanker)

  1. Dapat Menghancurkan dan Membunuh Sel Kanker

Kandungan isothiocyanate benzil di dalam daun kelor dinilai dapat menghancurkan sel tumor dan sel kanker di dalam tubuh karena kandungan tersebut memiliki kemampuan antikanker dan chemoprotective. Chemoprotective dibutuhkan oleh penderita kanker yang sedang menjalani kemoterapi untuk memperkuat sel-sel tubuh mereka dan membantu mereka untuk bertahan dari efek samping pengobatan kanker kemoterapi. (Baca juga : Manfaat Bayam Untuk Kanker)

  1. Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Penderita Kanker

Kandungan berbagai nutrisi, vitamin, mineral, dan juga asam amino di dalam daun kelor sangat berguna untuk menjaga tubuh agar tetap bugar sehingga dapat meningkatkan imunitas penderita kanker. Kondisi ini tentunya diperlukan bagi tubuh mengingat banyak penderita kanker yang tubuhnya kian melemah akibat dari efek samping pengobatan kanker secara medis maupun efek dari perkembangan sel kanker di dalam tubuh. (Baca juga : Manfaat Brokoli Untuk Kanker)

Itulah beberapa manfaat daun kelor yang sangat berguna untuk para penderita kanker. Mengkonsumsi daun kelor secara rutin dapat membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit ini. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

, , , , ,
Post Date: Tuesday 29th, November 2016 / 04:34 Oleh :
Kategori : Pengobatan