10 Manfaat Cuka Apel Untuk Kanker

Penyakit kanker termasuk penyakit yang jumlah penderitanya semakin meningkat dari tahun ke tahun. penyebabnya beragam, mulai dari pola hidup yang tidak sehat hingga kebiasaan buruk yang rutin dilakukan baik sengaja ataupun tidak. Untuk mengobati penyakit kanker terbilang cukup sulit dan menyiksa. Karena bagaimanapun pengobatan secara medis memberikan efek samping berupa rasa sakit maupun biaya yang mahal. Karena itu banyak penderita kanker yang merasa putus asa setelah divonis oleh dokter mengidap kanker. (Baca juga: Gejala Kanker Mata Pada Anak , Penyebab Kanker Bola Mata)

Sponsors Link

Sebenarnya, dalam mengatashi penyakit kanker bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa bahan alami dan obat herbal. Memang khasiatnya belum terbukti secara ilmiah, namun ada sebagian orang yang dapat sembuh hanya dengan menjalani pengobatan secara tradisional. Salah satu bahan alami yang dipercaya dapat mengatasi penyakit kanker adalah cuka apel atau disebut juga Apple cider vinegar. (Baca juga: Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium 3 , Ciri Kanker Payudara pada Ibu Menyusui)

Mungkin bagi masyarakat Indonesia pemanfaatan cuka apel masih tergolong jarang, karena itu masih sedikit yang memahami kalau cuka apel sangat bermanfaat untuk kesehatan. Cuka apel diperoleh dari hasil fermentasi sari apel atau buah apel segar, meski rasanya asam namun cuka apel tidak meningkatkan keasaman tubuh. Cuka apel ada yang mengandung alkohol, namun ada juga yang tidak. Dalam penggunaan sehari-hari cuka apel lebih sering digunakan untuk menambah rasa makanan, pengawet alami atau penurun berat badan. Lalu bagaimana dengan penyakit kanker? berikut ini manfaat cuka apel untuk kanker. (Baca juga: Ciri-ciri Kanker Amandel , Tanda Tanda Kanker Lidah)

  1. Cuka Apel Ampuh Membunuh Sel Kanker

Baik buah apel maupun cuka apel mengandung berbagai zat antikanker seperti betakaroten, vitamin C, thiamin, asam laktat dan asam asetat. Selain itu cuka apel juga mengandung pektin yang dapat menyerap senyawa kimia dan logam berat yang ada di dalam tubuh. Keberadaan pektin membuat hati tidak perlu bekerja terlalu berat dalam menetralisir racun dari dalam tubuh sehingga penggunaan cuka apel dapat mencegah kanker hati. Pektin juga dapat melapisi organ pencernaan dan mengikat lemak pada dinding usus besar sebagai tempat menampung zat sisa pencernaan yang akan dibuang. Dengan begitu usus menjadi bersih dan terhindar dari penyakit kanker usus besar. (Baca Juga: Manfaat Vitamin C Untuk Kanker , Pengobatan Kanker Serviks Stadium 2)

  1. Cuka Apel Dapat Mencegah Berbagai Penyakit Kanker

Cuka apel mengandung senyawa kimia quercetin dan procynidins, yang sangat efektif dalam menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker. Dengan begitu cuka apel dapat diandalkan dalam mencegah seseorang terkena penyakit kanker. Selain efektif dalam mencegah penyakit kanker hati dan kanker usus besar, cuka apel juga sangat ampuh dalam mengatasi penyakit kanker payudara, kanker kulit dan kanker paru-paru. Karena itu cuka apel sangat bagus dijadikan suplemen harian untuk membantu memelihara kesehatan, asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan. (Baca juga: Khasiat Petai Untuk Kanker , Manfaat Jengkol Untuk Kanker)

  1. Cuka Apel Menghambat Pembentukan Sel Tumor

Tumor dan kanker memang merupakan penyakit yang disebabkan aktivitas sel yang abnormal, sehingga pertumbuhannya tidak terkendali. Namun tumor biasanya berupa benjolan yang kian membesar, sedangkan kanker tidak melulu ditandai dengan adanya benjolan. Cuka apel yang mengandung catechin juga dapat dimanfaatkan untuk mencegah dan mengobati penyakit tumor yang ada di dalam tubuh. berbagai senyawa kimia dan antioksidannya akan melindungi sel dari kerusakan dan menyerap senyawa kimia berbahaya dalam tubuh sehingga tubuh lebih sehat dan terhindar dari penyakit tumor dan kanker. (Baca Juga: Khasiat Singkong Rebus Untuk Kanker , Manfaat Daun Afrika)

Sponsors Link

  1. Manfaat Cuka Apel lainnya Bagi Kesehatan

Cuka apel banyak memberikan manfaat di bidang kesehatan, bahkan sejak zaman Yunani kuno cuka apel telah dimanfaatkan dalam mengatasi permasalahan berat badan yang meningkat. Bangsa Romawi pun mempercayakan kecantikan kulitnya dengan memanfaatkan cuka apel. Selain itu, beberapa manfaat berikut ini juga bisa diperoleh dengan menggunakan cuka apel. (Baca juga: Ciri-ciri Kanker Getah Bening )

  • Mencegah dan mengatasi penyakit kolesterol – Cuka apel dapat menyerap lemak dan kolesterol berlebih di dalam tubuh sehingga plak kolesterol atau lemak jahat yang menempel di dalam dinding pembuluh darah dapat dibersihkan. Pembuluh darah menjadi lebih lebar dan peredaran darah pun akan menjadi lancar. (Baca Juga: Kopi Bagi Penderita Kanker)
  • Menurunkan tekanan darah – Tekanan darah tinggi dapat memicu seseorang terkena penyakit stroke. Namun dengan memanfaatkan cuka apel yang mampu membersihkan dan melancarkan peredaran darah, tekanan darah akan tetapdalam kondisi normal.
  • Mengatasi rasa pegal di kaki dan mengurangi nyeri reumatik – Lelah yang kita rasakan pada otot menandakan adanya senyawa asam yang disebut laktat menumpuk di otot kaki dan tangan kita. Dengan mengkonsumsi cuka apel maka laktat akan diserap sehingga badan terasa lebih sehat dan segar. (Baca juga: Khasiat Singkong Rebus Untuk Kanker )
  • Mengatasi Penyakit Asma – Asma sangat menyiksa dan dapat menghambat aktivitas bila sedang kambuh. Untungnya, asma dapat disebuhkan dengan menjalani program pengobatan secara lengkap. Cuka apel dapat membantu mengatasi penyakit asma dengan membantu fungsi paru-paru dalam menghirup oksigen.
  • Sumber Antioksidan – Sama seperti buahnya, cuka apel juga kaya antioksidan sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dari berbagai penyakit, termasuk mencegah sel kanker. Antioksidan yang paling besar pada cuka apel adalah vitamin C dan betakaroten.
  • Menstabilkan gula darah – Cuka apel dapat membantu menstabilkan kadar gula dalam darah sehingga seseorang yang rutin mengkonsumsi cuka apel dapat terhindar dari penyakit diabetes. (Baca juga: Bahaya Kanker Prostat dan Pencegahannya)
Sponsors Link

Sebenarnya masih banyak manfaat dari cuka apel untuk kesehatan tubuh seperti di antaranya dapat menyehatkan jantung, menjaga kesehatan kulit, kuku dan rambut, menekan nafsu makan dan mengontrol berat badan berlebih, mencegah konstipasi, memelihara kesehatan gigi, mencegah gangguan mata, membantu proses pengobatan penyakit ginjal dan kandung kemih,  serta mencegah penyakit magh. (Baca juga: Jenis-jenis Kanker ,  Manfaat Nanas Untuk Kanker)

Efek Samping Pemanfaatan Cuka Apel

Meskipun banyak manfaat yang diperoleh dari cuka apel, menggunakannya secara berlebihan dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Karena itu jangan pernah mengkonsumsi cuka apel melebihi dosis yang disarankan, yaitu 1/2 – 1 sendok makan untuk orang dewasa dan 1/2 sendok teh untuk anak-anak. Campurkan dalam segelas air lalu segera minum. Sebaiknya konsumsi cuka apel sebelum makan, dan perbanyak minum air putih agar penyerapan dan pembuangan racun dalm tubuh dapat berlangsung secara optimal. (Baca juga: Tanda Kanker Rahim Stadium Awal , Makanan yang Dapat Menyebabkan Kanker)

Bagaimanapun, cuka apel bukanlah obat melainkan suplemen. Karena itu sangat penting untuk melakukan konsultasi dengan dokter dan ahli gizi agar penggunaan cuka apel lebih tepat sasaran demi menghindari efek samping yang merugikan tubuh. Semoga bermanfaat. (Baca juga: Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening di Leher)

, , ,
Post Date: Thursday 08th, June 2017 / 01:29 Oleh :
Kategori : Pengobatan