13 Manfaat Ciplukan Untuk Kanker dan Tumor

Masyarakat pedesaan pasti tidak akan asing dengan yang namanya ciplukan. Ciplukan yang sering kita temukan di semak-semak ternyata memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan, terutama dalam mengobati berbagai jenis penyakit kanker. Tumbuhan ciplukan dapat hidup di wilayah tropis, dan tersebar di wilayah Asia Tenggara. Ciplukan juga dapat ditemukan di Amerika Selatan. Masyarakat di sana masih sangat mengandalkan ciplukan sebagai obat herbal yang diakui keampuhannya. (Baca juga: Manfaat Singkong Untuk Kanker)

Sponsors Link

Uniknya, di Amerika Selatan ciplukan dibudidayakan bahkan hingga diekspor ke berbagai negara di Eropa. Hal ini dikarenakan khasiat dari ciplukan yang sudah terbukti dalam mengobati berbagai jenis penyakit. Mungkin di Indonesia ciplukan lebih mudah dijumpai di pedesaan, tanpa dibudidayakan tumbuhan ini tumbuh di antara semak belukar. Sedangkan di kota ciplukan lebih sulit dicari dan msyarakat kota sudah banyak yang menyadari akan manfaat ciplukan sehingga ciplukan sering diperdagangkan dengan nilai jual yang tinggi. Ciplukan sendiri mengandung berbagai senyawa dan antioksidan seperti alkaloid, steroid, vitamin C, karotenid, asam palmitat, asam klorogenat, dan polifenol.

Baca juga:

Manfaat ciplukan yang fenomenal adalah kemampuannya dalam mengatasi penyakit kanker. Kita tahu bahwa penyakit kanker cukup berbahaya, dan tindakan medis sendiri terkadang tidak mampu untuk mengatasi penyakit tersebut. Selain masalah biaya dan efek samping yang menyakitkan, pengobatan medis dirasa cukup berat bagi sebagian orang. Mereka kemudian mencoba untuk melakukan pengobatan alternatif dengan bahan alami, seperti menggunakan tumbuhan ciplukan. Lalu bagaimana manfaat ciplukan untukmkanker? Simak penjelasan berikut. (Baca juga: Khasiat Bawang Dayak Untuk Kanker)

1. Ciplukan Efektif Melawan dan Membunuh Sel Kanker

Kandungan senyawa aktif pada ciplukan seperti alkaloid, steroid dan polifenol sangat ampuh dalam melawan sel kanker, bahkan membunuh sel kanker hingga ke akarnya. Senyawa steroid alami di dalamnya efektif dalam melawan sel kanker ganas secara in vitro dan bersifat sitotoksisitas terhadap sel kanker. Manfaat ciplukan terbukti dalam melawan sel kanker terutama pada kanker darah, kanker paru-paru, kanker nasofaring yang diujikan pada tikus. Selain itu ciplukan dapat mengatasi lima jenis penyakit kanker pada manusia melalui penelitian yang dilakukan oleh para peneliti Amerika dan Thailand, salah satunya adalah penyakit kanker ginjal. (Baca Juga: Penyebab Kanker Mulut Paling Utama , Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium 1)

2. Mengecilkan Ukuran Tumor dan Kanker

Ciplukan juga dapat membantu mengecilkan ukuran tumor dan kanker, serta mencegah sel kanker menyebar ke organ tubuh lainnya. Senyawa steroid pada ciplukan dapat menghambat kerja enzim sehingga siklus sel kanker dapat dihentikan. Selain itu berbagai kandungan senyawa lainnya dapat menghambat proses replikasi sel kanker dengan cara merusak DNAnya. Penelitian yang dilakukan di Cina dan Rusia menyatakan bahwa ciplukan dapat bertindak tegas terhadap proses blastogenesis, yaitu proses yang terjadi dalam tubuh akibat aktivitas sel kanker darah atau leukimia. (Baca juga: Manfaat Cuka Apel Untuk Kanker ,  Makanan Pencegah Kanker Rahim)

Sponsors Link

3. Manfaat Ciplukan Dalam Mencegah Kanker

Jika ciplukan sangat efektif dalam melawan dan membunuh sel kanker, tentu saja ciplukan juga lebih efektif dalam mencegah munculnya sel kanker. Senyawa antioksidan berupa vitamin C dan karotenid dalam tumbuhan ciplukan dapat meningkatkan daya tahan tubuh, menangkal berbagai senyawa radikal bebas hingga mencegah sel kanker tumbuh dan berkembang. Selain itu ada kandungan polifenol yang terbukti dapat mencegah penyebaran berbagai jenis sel kanker di dalam tubuh. Daya tahan tubuh yang prima akan mencegah tubuh terserang berbagai penyakit, termasuk penyakit kanker. (Baca juga: Penyebab Kanker Bola Mata ,  Gejala Kanker Empedu)

4. Manfaat Ciplukan Lainnya Untuk Kesehatan

Manfaat ciplukan untuk mengatasi berbagai penyakit dan memelihara kesehatan sudah terbukti, dan hingga sekarang masih sering dimanfaatkan sebagai bahan alami pengobatan tradisional. Beberapa manfaat ciplukan untuk kesehatan tubuh antara lain:

  • Mengobati penyakit diabetes. Senyawa dalam ciplukan dapat meningkatkan fungsi reseptor insulin agar dapat bekerja dengan baik, dan mengontrol kadar gula dalam darah. Cara membuat ramuannya, rebus akar ciplukan yang telah dicuci bersih dengan 3 gelas air. biarkan hingga menyusut menjadi 1 gelas, minum setiap hari hingga kadar gula kembali normal.
  • Sebagai antivirus. Ciplukan dapat melawan berbagai jenis virus berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit campak, herpes simpleks I, HIV-1, polio virus 1 dan hepatitis B. Kemampuan ciplukan ini terbukti dengan dilakukannya penelitian di Jepang. (Baca juga: Gejala Awal Kanker Rahim)
  • Mengatasi luka dan borok. Luka dan borok termasuk yang mengeluarkan nanah dapat disembuhkan dengan memanfaatkan daun ciplukan. Caranya, tumbuk halus segenggam daun ciplukan yang telah dibersihkan. Tambahkan 2 sendok makan air kapur sirih sambil diaduk rata. Oleskan pada luka dan biarkan hingga sembuh.
  • Mengobati nyeri sendi. Nyeri sendi dapat terjadi pada siapa saja, terutama pada orang tua. Untuk mengatasinya, rebus 10 gram buah ciplukan kering dengan 3 gelas air. Didihkan hingga menjadi satu setengah gelas, dan minum 3 kali sehari dengan ukuran setengah gelas sekali minum. (Baca juga: Kopi Bagi Penderita Kanker)
  • Meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah sariawan. Kandungan vitamin C pada buah ciplukan dapat mengatasi sariawan dan radang gusi, serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit. Untuk mendapat manfaat tersebut cukup dengan memakan buah ciplukan setiap hari.
    Sponsors Link

  • Menurunkan kadar kolesterol. Ciplukan dapat menekan kadar kolesterol jahat dalam tubuh karena mengandung asam oleat dan asam linoleat. Kedua kolesterol baik tersebut akan menyeimbangkan kadar kolesterol dalam darah sehingga kesehatan jantung pun terjaga. (Baca juga: Manfaat Lemon Untuk Kanker)
  • Menjadikan mata lebih sehat. Kesehatan mata meningkat dengan mengkonsumsi ciplukan dengan rutin, karena ciplukan mengandung senyawa karotenid. Senyawa tersebut akan mencegah terjadinya degenerasi makula dan katarak pada mata sehingga mata dapat berfungsi dengan baik.
  • Mencegah terjadinya epilepsi. Epilepsi atau ayan dapat dicegah dengan mengkonsumsi buah ciplukan setiap hari. Setidaknya makanlah 10 buah ciplukan secara rutin dan kesembuhan epilepsi akan terwujud secara bertahap.
  • Mengatasi radang kulit dan bisul. Radang kulit dan bisul selain memberikan rasa sakit juga dapat merusak kecantikan kulit. Untuk mengatasinya, cukup dengan menumbuk setengah genggam daun ciplukan sampai halus lalu tempelkan pada bisul atau masalah kulit lainnya. Biarkan hingga kering, lakukan setiap pagi dan sore hingga sembuh. (Baca juga: Manfaat Alpukat Untuk Kanker)

Nah, itulah beragam manfaat ciplukan untuk mengatasi penyakit kanker dan gangguan kesehatan lainnya. Jadi jangan sepele dengan tumbuhan yang tumbuh di semak-semak. Karena tanpa kita sadari banyak sekali tumbuhan yang dapat bermanfaat dalam mengobati berbagai jenis penyakit, termasuk salah satunya adalah ciplukan. Semoga bermanfaat. (Baca juga: Manfaat Daun Afrika Untuk Kanker)

, , ,
Post Date: Monday 12th, June 2017 / 03:34 Oleh :
Kategori : Pengobatan