10 Manfaat Bekicot Untuk Kanker Paling Ampuh

Penyakit kanker termasuk penyakit yang ditakuti, karena seringkali menjadi penyebab seseorang kehilangan nyawa. Karena itu pihak medis pun terus berusaha mencari pengobatan yang lebih efektif bagi para penderita kanker. Saat ini memang sudah ada metode tang dapat dilakukan untuk mengobati penyakit kanker, berupa tindakan operasi dan kemoterapi. Namun cara tersebut memerlukan biaya yang mahal, belum lagi rasa sakit yang luar biasa sebagai efek samping dari pengobatan tersebut. Apalagi jika penyakit sudah dalam kondisi parah, persentase kesembuhan menjadi lebih kecil. (Baca juga: Tanda tanda Kanker Otak)

Sponsors Link

Bagi sebagian orang yang kesulitan dalam hal biaya dan ingin menghindari pengobatan secara kimia, pengobatan tradisional menjadi alternatif untuk memperoleh kesembuhan. Dengan mengandalkan bahan dari alam, mereka percaya tidak akan ada efek samping dan bisa menghemat biaya. Salah satu yang dipercaya dapat mengatasi penyakit kanker adalah bekicot. Ya, meski bekicot termasuk hewan yang menjijikkan dan sering disebut sebagai hama ternyata dapat memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan, terutama mengobati penyakit kanker. (Baca juga: Ciri ciri Kanker Serviks)

Bekicot mengandung berbagai protein dan asam amino yang dapat membantu memperbaiki sel yang rusak sekaligus merangsang pembentukan sel baru. Selain itu bekicot juga mengandung lemak dalam jumlah kecil, vitamin B kompleks, fosfor, dan kalsium. Bekicot juga sering dimanfaatkan dalam dunia kecantikan untuk membantu merawat kulit secara menyeluruh. Ada dua bagian dari bekicot yang bisa dimanfaatkan, yaitu dagingnya dan lendirnya. Dagingnya dapat diolah menjadi sate bumbu kacang dan kresengan. Sedangkan lendirnya dapat dioleskan langsung pada kulit. Lalu bagaimana manfaat bekicot untuk kanker ini ? Simak penjelasan berikut. (Baca juga: Kanker Usus Besar)

1. Pengobatan Kanker Paru-paru

Daging bekicot dipercaya dapat membantu mengobati penyakit kanker, terutama kanker paru-paru. Berbagai senyawa penting yang terkandung di dalamnya tidak hanya menghambat perkembangan sel kanker, namun juga dapat menghilangkan kadar nikotin bagi perokok berat. Karena itu bekicot dapat meminimalisir resiko munculnya penyakit kanker paru-paru bagi para pecandu rokok. Meski perlu dilakukan studi dan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan kebenaran tersebut, nyatanya banyak yang mencoba melakukan pengobatan dengan alternatif mengkonsumsi bekicot. (Baca juga: Tanda Awal Kanker Gusi, Manfaat Jahe Untuk Penderita Kanker)

2. Membunuh Sel Kanker

Bekicot memang hewan yang dianggap sebagai hama, namun setelah diketahui bahwa manfaatnya luar biasa bagi kesehatan, banyak orang yang memburunya. Beberapa jenis siput laut juga dikabarkan dapat membunuh sel kanker hingga ke akarnya. Senyawa N-alkylisatins yang ditemukan pada telurnya ternyata sangat ampuh dalam membasmi sel kanker, bahkan lebih kuat daripada kemoterapi. Senyawa ini diketahui lebih efektif dalam menghadapi penyakit kanker payudara dan kanker prostat. Tetapi perlu dilakukan pengujian dan penelitian lebih lanjut untuk menemukan cara paling efektif dalam menggunakan senyawa tersebut. Jadi tidak heran bila kini orang-orang mulai tertarik untuk mengkonsumsi bekicot demi mandapatkan manfaatnya yang mengagumkan. (Baca juga: Manfaat Daun Dewa untuk Kanker)

3. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Jika bekicot dapat memberikan manfaat dalam membunuh sel kanker, tentu bekicot juga ampuh dalam menghambat pertumbuhan sel kanker. Tidak hanya mencegah munculnya sel kanker, namun bekicot juga mencegah sel kanker menyebar dan menyerang organ tubuh yang lain. Karena itu, meski terasa sedikit menjijikkan, banyak yang rela menahan perasaan jijik tersebut dan bersedia mengkonsumsi bekicot. Bahkan ada yang sanggup menelan lendirnya, karena lendirnya dapat bermanfaat dalam menyembuhkan luka dan membantu pembentukan sel baru dalam tubuh. (Baca juga: Manfaat Daun kelor Untuk Kanker)

Sponsors Link

Manfaat Lainnya Dari Bekicot Untuk Kesehatan

Selain dapat mengatasi penyakit kanker, ternyata bekicot sudah lebih dahulu dimanfaatkan dalam mengatasi berbagai gangguan kesehatan, juga sering digunakan di salon kecantikan sebagai spa lendir bekicot untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit. Berikut ini beberapa manfaat lainnya dari bekicot yang wajib untuk diketahui. (Baca juga: Ciri-ciri Kanker Amandel)

  1. Sumber protein hewani. Bagi yang sedang membutuhkan asupan protein dalam jumlah yang besar, bekicot dapat dijadikan sebagai salah satu sumber protein hewani terbaik. Protein dibutuhkan sebagai zat pembangun tubuh, memperbaiki sel yang rusak dan pembentukan massa otot.
  2. Menyembuhkan penyakit liver dan hepatitis. Penyakit hati seperti liver dan hepatitis B juga dapat diatasi dengan memanfaatkan daging bekicot. Jadi tidak ada salahnya untuk memilih bekicot sebagai obat alami yang dapat dinikmati dalam berbagai olahan.
  3. Membantu menyembuhkan luka. Berbagai senyawa yang ditemukan pada lendir bekicot terutama glycosaminoglycan dan cooper peptide dapat mempercepat penutupan luka sehingga luka lebih cepat sembuh. Senyawa tersebut bermanfaat dalam mengatasi kerusakan sel dan merangsang pembentukan sel kulit yang baru.
  4. Mengatasi kulit gatal-gatal. Lendir bekicot juga dapat mengatasi berbagai gangguan kulit termasuk gatal-gatal. Lendir tersebut memberikan sensasi dingin dan menyegarkan kulit sehingga gatal di kulit dapat berangsur-angsur hilang.
  5. Mengobati penyakit Asma dan TBC. Penyakit di sekitar paru-paru seperti asma dan TBC termasuk penyakit yang sedikit sulit untuk disembuhkan. Namun dengan menggunakan bekicot, penyakit yang berhubungan dengan organ pencernaan dapat diatasi.
  6. Menguatkan tulang dan gigi. Ini dikarenakan bekicot mengandung kalsium sehingga dapat menutrisi tulang dan gigi agar semakin kuat dan padat.
  7. Mengatasi anemia. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi anemia, termasuk salah satunya menggunakan bekicot. Bekicot kaya zat besi sehingga sangat cocok dikonsumsi demi mempercepat produksi sel darah merah di dalam tubuh. (Baca juga: Gejala Awal Kanker Rahim)
Sponsors Link

Selain yang telah disebutkan di atas, bekicot juga dapat mengobati penyakit lainnya seperti serangan jantung, tubuh kejang-kejang, insomnia, bengkak pada leher, menghilangkan keputihan dan mempercepat pecahnya bisul. Begitu besarnya manfaat bekicot menjadikan hewan bertubuh lunak ini menjadi kian digemari dan bahkan menjadi menu makanan mewah di sejumlah negara maju. (Baca juga: Manfaat Jengkol Untuk Kanker)

Bekicot juga dapat merawat kecantikan kulit, dengan lendirnya yang kaya asam hyaluronat mampu merangsang pembentukan kolagen dan menjaga kelembaban kulit. Selain itu dengan lendir bekicot kulit menjadi lebih kencang dan elastis, bebas kusam dan flek hitam serta lebih mulus. Uniknya, cangkang bekicot juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Misalnya, cangkang yang telah dihaluskan dapat digunakan untuk menjernihkan air, juga bisa dijadikan pakan ternak setelah dicampur tepung. (Baca juga: Khasiat Petai Untuk Kanker)

Nah, itulah sekelumit manfaat bekicot terutama untuk mengatasi penyakit kanker. Ternyata hewan yang menjijikkan dan dianggap hama pengganggu pun dapat memberikan manfaat tak terduga bagi kesehatan kita. Semoga bermanfaat. (Baca juga: Khasiat Singkong Rebus Untuk Kanker)

, , ,