8 Manfaat Bawang Putih Untuk Kanker Paling Ampuh

Penyakit kanker sangat ditakuti karena dapat merenggut nyawa seseorang dan sampai saat ini belum ada metode pengobatan yang benar-benar sempurna untuk mengobati penyakit tersebut. Meski banyak yang dapat sembuh dengan menjalani operasi dan pengobatan kemoterapi, kenyataannya banyak juga yang tidak dapat tertolong nyawanya karena berbagai alasan. Salah satunya senyawa kimia yang disuntikkan tidak berpengaruh terhadap sel kanker, atau sel kanker telah memasuki stadium lanjut sehingga cukup sulit untuk ditangani. Apapun alasannya, penyakit kanker telah menjadi momok yang dihindari oleh semua orang. (Baca juga: Kopi Bagi Penderita Kanker , Manfaat Bekicot Untuk Kanker )

Sponsors Link

Pengobatan medis bukanlah satu-satunya jalan untuk bisa sembuh dari penyakit kanker. Ada sebagian pasien kanker yang bisa sembuh setelah menjalani pengobatan secara tradisional dan hanya mengandalkan bahan alami saja. Salah satu bahan alami yang dipercaya dapat mencegah dan mengobati penyakit kanker. Siapa yang tidak kenal dengan bawang putih. Jenis bawang satu ini kerap digunakan sebagai bumbu masakan dan memberikan aroma yang khas untuk setiap menu makanan. Meskipun demikian, sebenarnya bawang putih sudah dimanfaatkan oleh masyarakat sejak ribuan tahun yang lalu sebagai obat alami dalam pengobatan secara tradisional.

Baca Juga:

Bahkan bawang putih diketahui mampu mengatasi 13 jenis infeksi dan 14 jenis kanker. Fakta ini telah dibuktikan melalui berbagai penelitian dan dipubilkasikan dalam banyak jurnal ilmiah. Manfaat tersebut bisa diperoleh dikarenakan berbagai senyawa aktif yang terkandung dalam bawang putih. Bawang putih mengandung nutrisi seperti vitamin A, B dan C, juga mengandung mineral seperti selenium, potasium dan zat besi. Selain itu bawang putih juga memiliki kandungan senyawa allyl sulfur, allicin, ajoene, dan beberapa senyawa aktif lainnya. Ingin tahu bagaimana dan apa saja Manfaat Bawang Putih Untuk Kanker ? Simak penjelasan berikut ini. (Baca juga: Manfaat Lemon Untuk Kanker , Khasiat Singkong Rebus Untuk Kanker)

1. Manfaat Bawang Putih Dalam Melawan Kanker

Kemampuan bawang putih dalam mengatasi penyakit kanker bukan hanya isapan jempol saja. Kandungan senyawa allyl dan turunannya dalam bawang putih dapat menghambat pembentukan dan pengaktifan nitrosamin dan zat karsinogen lainnya, dimana zat tersebut merupakan pemicu menculnya sel kanker dalam tubuh. Selain itu senyawa allyl dapat menghambat replikasi DNA sel kanker, mencegah terjadinya mutasi gen dan kerusakan DNA sehingga sel kanker akan melakukan apoptosis atau bunuh diri pada sel kanker.Benerapa penyakit kanker yang dapat diatasi dengan memanfaatkan bawang putih antara lain:

2. Bawang Putih Efektif Mencegah Penyakit Kanker

Tidak hanya dapat mengobati berbagai jenis penyakit kanker, bawang putih juga sangat efektif dalam tindakan pencegahan munculnya sel kanker di dalam tubuh. Kandungan allyl sulfida dan allicin pada bawang putih dapat menghambat dan mencegah pembelahan sel yang tidak normal sebagai penyebab munculnya sel kanker. Selain itu enzim allinase yang dihasilkan dari bawang putih dapat bertindak sebagai antikanker. Dengan mengkonsumsi bawang putih setiap hari baik dalam keadaan mentah ataupun sebagai bumbu masakan, maka hal tersebut telah sangat membantu dalam mencegah penyakit kanker. Selain itu tubuh juga mejadi lebih sehat karena bawang putih juga dapat mengatasi berbagai penyakit.

Baca juga:

Sponsors Link

Manfaat Bawang Putih Untuk Berbagai Penyakit

Bawang putih juga sangat efektif digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit, bahkan penyakit yang juga dapat membahayakan kesehatan tubuh. Manfaat tersebut antara lain:

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi. Kemampuan bawang putih dalam menurunkan tekanan darah sudah teruji dan keefektifannya mencapai 7-8%. (Baca Juga: Efek Kanker Darah)
  2. Sebagai antioksidan, antivirus dan anti bakteri. Bawang putih dapat menangkal senyawa radikal bebas, mencegah infeksi bakteri, virus dan jamur, serta meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah sakit.
  3. Mengontrol kadar kolesterol. Berbagai senyawa aktif dalam bawang putih juga sangat bermanfaat dalam menghilangkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, sehingga akan mempengaruhi kesehatan jantung dan lancarnya peredaran darah.
  4. Mengatasi sakit gigi. Bawang putih sangat ampuh mengobati sakit gigi. Cukup dengan menghaluskan satu siung bawang putih dan tambahkan sedikit garam Masukkan campuran tersebut ke dalam gigi yang berlubang lalu tutup dengan kapas. Maka dalam sekejap sakit gigi akan sembuh. (Baca Juga: Gejala Kanker Mulu)
  5. Mengatasi berbagai masalah kulit. Kemampuan bawang putih ternyata tidak hanya mengobati penyakit yang ada di dalam tubuh saja. Karena ternyata penyakit dan masalah yang ada di kulit juga dapat diatasi dengan bawang putih. Beberapa masalah yang bisa diatasi dengan memanfaatkan bawang putih adalah menghilangkan jerawat dan komedo, menyembuhkan luka, dan menghilangkan moda bekas luka. (Baca Juga: Gejala Kanker Kulit Kepala)
  6. Mencegah demensia dan alzheimer. Penyakit demensia dan alzheimer dipengaruhi oleh kerusakan sel otak dan saraf akibat adanya stres oksidatif. Dengan mengkonsumsi bawang putih yang kaya antioksidan maka kerusakan sel akibat proses oksidatif dapat dihindari dan penyakit yang berhubungan dengan saraf pun dapat dicegah. (Baca juga: Penyebab Kanker Bola Mata)

Cara Memanfaatkan Bawang Putih

Manfaat dari bawang putih baru bisa kita rasakan jika bawang putih diiris atau digeprak. Cara tersebut akan membantu mengeluarkan enzim allinase yang bersifat antikanker. Jika bawang putih langsung dimasak maka khasiat tersebut tidak akan kita dapatkan. Baik dikonsumsi dalam bentuk mentah, dijadikan rebusan atau digunakan sebagai bumbu masakan, biasakan untuk menggeprak bawang putih dan biarkan sampai 15 menit. Jika kurang dari itu maka khasiatnya tidak akan bisa maksimal.

Baca Juga:

Sponsors Link

Jika ingin dijadikan rebusan, iris atau geprak bawang putih sebanyak 6-7 siung lalu rebus dalam 600 ml air. Jadikan hingga satu setengah gelas air, lalu saring dan minum 3 kali sehari sebanyak setengah gelas sekali minum. Jika ingin dimakan mentah, sebaiknya konsumsi hanya sebanyak 1 hingga 2 siung saja per hari. Bawang putih juga bisa dijadikan acar, cukup kupas kulitnya dan potong ujung-ujungnya sehingga enzim allinase dapat keluar dan aktif. (Baca juga: Manfaat Cuka Apel Untuk Kanker)

Efek Samping Bawang Putih

Meski memberikan banyak manfaat, bawang putih tidak boleh dikonsumsi sembarangan dan melebihi batas yang disarankan. Berlebihan mengkonsumsi bawang putih dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti diare, mual, muntah, sesak napas, alergi dan bau tak sedap pada tubuh. Selain itu bawang putih dapat mencegah terjadinya pembekuan darah, sehingga bagi yang sedang mengalami luka atau baru menjalani proses operasi sebaiknya menghindari bawang putih. (Baca juga: Khasiat Bawang Dayak Untuk Kanker , Manfaat Chia Seed Untuk Kanker)

Bawang putih dapat membantu hati dalam menetralisir racun dan membuang senyawa kimia termasuk obat-obatan dari dalam tubuh. Jika Anda sedang menjalani pengobatan atau kemoterapi, maka bawang putih dapat menurunkan manfaat dari obat-obatan tersebut. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter apakah Anda boleh mengkonsumsi bawang putih atau tidak. Dan perhatikan, jika terjadi masalah setelah mengkonsumsi bawang putih, sebaiknya hentikan pemakaiannya. (Baca juga: Manfaat Singkong Untuk Kanker)

, , ,
Post Date: Saturday 10th, June 2017 / 02:43 Oleh :
Kategori : Pengobatan