4 Manfaat Akupresur Untuk Kanker dan Efek Sampingnya

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, maka semakin berkembang pula metode pengobatan untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Dahulu orang – orang lebih banyak menggunakan metode pengobatan tradisional dengan tanaman herbal untuk mengatasi penyakitnya. Kemudian masyarakat modern beralih menggunakan metode pengobatan yang lebih canggih untuk menyembuhkan penyakitnya. (Baca juga: Pengobatan Kanker Prostat , Kopi Bagi Penderita Kanker)

Sponsors Link

Ada berbagai macam pengobatan yang dapat dilakukan, di antaranya pengobatan herbal, pengobatan medis, dan pengobatan alternatif. Seperti yang telah kita ketahui, pengobatan herbal merupakan metode yang dilakukan dengan menggunakan bahan – bahan alami sebagai obatnya. Jenis pengobatan ini banyak digunakan dengan alasan lebih praktis karena bahan – bahan yang dibutuhkan pun sangat mudah dijumpai dimana – mana. Kemudian, pengobatan medis adalah metode pengobatan dengan menggunakan peralatan kedokteran. Metode ini pun banyak digunakan karena dinilai lebih efektif dalam mengatasi berbagai macam penyakit. Selain itu, perkembangan teknologi menjadikan peralatan kedokteran tersebut lebih canggih dalam menyembuhkan pasien. (Baca juga: Kemoterapi Kanker , Gejala Awal Kanker Mata)

Selain pengobatan herbal dan medis, ada satu lagi jenis pengobatan yang dapat dijadikan pilihan dalam menyembuhkan berbagai penyakit, yaitu pengobatan alternatif. Pengobatan alternatif adalah jenis pengobatan yang tidak menggunakan peralatan medis atau kedokteran, tetapi ada peralatan khusus yang digunakan dalam jenis pengobatan ini. Banyak sekali jenis dari pengobatan alternatif, salah satunya adalah metode Akupresur. Akupresur ini dipandang sebagai jenis pengobatan yang ampuh untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Akupresur merupakan metode pengobatan yang menitik beratkan pada penekanan di titik – titik syaraf tubuh. Lain halnya dengan metode pengobatan akupuntur, metode akupresur tidak menggunakan jarum dalam proses pengobatannya. Akupresur menggunakan kuku jari untuk menekan titik yang diindikasi merupakan daerah adanya penyakit. (Baca juga: Tahapan Operasi Kanker Otak , Penyebab Kanker Lidah)

Akupresur biasanya dilakukan di klinik dan cara kerjanya dilakukan bersamaan dengan terapi lainnya seperti pemijatan. Sebelum melakukan pengobatan ini, ada baiknya pasien mengkonsultasikannya terlebih dahulu kepada dokter untuk memastikan bahwa metode ini memang tepat dilakukan untuk mengatasi penyakitnya. Kemudian, pasien mengkonsultasikannya kepada ahli terapi untuk mengetahui daerah yang terkena penyakit tersebut dengan spesifik. Berikut ini adalah rincian mengenai cara kerja metode pengobatan akupresur. (Baca juga: Tanda Kanker Tulang , Manfaat Akupuntur Untuk Pengobatan Kanker).

  • Setelah dilakukan konsultasi dengan ahli terapi, pasien harus diposisikan senyaman mungkin agar proses pengobatan dapat berjalan dengan baik.
  • Langkah selanjutnya adalah proses terapi yang dilakukan dengan cara penguatan atau pengurangan energi.
  • Langkah terakhir berarti bahwa penyumbatan energi dihilangkan sementara yang awal meningkatkan energi hingga dapat mempengaruhi titik refleksi.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, metode pengobatan akupresur dapat mengatasi berbagai macam penyakit, salah satu penyakit yang dapat diatasi dengan metode ini adalah penyakit kanker. Penyakit kanker diketahui menjadi penyakit yang berbahaya bagi kehidupan manusia, karena dampak terburuknya dapat menyebabkan kematian. Terdapat penelitian yang membuktikan bahwa pengobatan akupresur bermanfaat bagi pasien yang terkena penyakit kanker payudara.  Berikut ini merupakan manfaat yang didapatkan dari pengobatan akupresur, khususnya untuk penyakti kanker. (Baca juga: Manfaat Tomat Untuk Kanker Payudara , Gejala Kanker Hati).

ads

Manfaat Akupresur Untuk Kanker

  1. Akupresur mampu membasmi toksin

Toksin merupakan racun yang terdapat di dalam tubuh. Racun sangatlah berbahaya bagi kesehatan apabila tidak segera dihilangkan atau dibuang. Pengobatan akupresur ini ternyata mampu mengeluarkan toksin yang ada dalam tubuh. Sehingga kesehatan organ tubuh menjadi lebih terjaga, karena bisa saja racun – racun tersebut menjadi pemicu terjadinya penyakit kanker. (Baca Juga: Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening)

  1. Metode ini mampu menyalurkan obat – obatan ke aliran darah

Selain mampu membasmi racun dalam tubuh, metode akupresur dapat melancarkan penyaluran obat – obatan ke aliran darah. Hal ini dikarenakan akupresur mampu melancarkan aliran darah dalam tubuh, sehingga obat – obatan yang disalurkan ke dalam tubuh alirannya tidak terhambat. (Baca Juga: Tanda-tanda Leukemia , Gejala Kanker Hati Pada Anak)

  1. Dipercaya dapat mematikan sel – sel kanker yang ada dalam tubuh

Pengobatan akupresur ternyata dipercaya dapat mematikan sel – sel penyebab kanker yang ada pada tubuh. Untuk mematikan sel – sel kanker tersebut dilakukan dengan cara pemijatan pada titik – titik syaraf tertentu. Hal ini diyakini dapat membunuh sel kanker secara efektif dibandingkan dengan metode pengobatan lainnya. (Baca Juga: Gejala dan Ciri Ciri Kanker Otak)

  1. Baik dilakukan untuk penderita kanker pada stadium awal maupun stadium akhir

Pengobatan akupresur dapat dilakukan bagi pasien yang mengalami penyakit kanker mulai dari stadium awal sampai dengan stadium akhir. Karena metode pengobatan ini cukup aman dilakukan untuk berbagai macam tingkatan dalam penyakit kanker. (Baca Juga: Gejala Kanker Lambung Stadium Awal , Gejala Kanker Paru-paru Stadium 4)

  1. Mengurangi penyebaran sel – sel kanker

Dengan melakukan pengobatan akupresur, penyebaran sel – sel kanker dalam organ tubuh dapat dikurangi. Sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit kanker karena penyebaran sel kanker yang tidak terkendali.

Pengobatan akupresur merupakan salah satu jenis pengobatan yang berasal dari negara China. Terdapat jenis – jenis pengobatan akupresur yang dapat dilakukan, yaitu sebagai berikut. (Baca juga: Jenis Pengobatan Kanker Hati ).

  • Shiatsu. Tipe ini merupakan pengobatan akupresur yang dilakukan melalui serangkaian penekanan menggunakan jari secara berirama ke seluruh bagian tubuh yang menjadi titik akupresur.
  • Jin Shin. Merupakan suatu pola penekanan yang dilakukan secara lembut dan berkepanjangan pada titik – titik akupresur dan titik – titik tertentu lainnya.
  • Do – in. Tipe ini merupakan suatu bentuk pemijatan terhadap diri sendiri pada otot dan titik – titik akupresur. Tindakan yang dapat dilakukan, meliputi gerakan, peregangan, dan latihan pernapasan.
  • Tui – na. Tipe ini adalah suatu bentuk pemijatan yang dapat merangsang titik – titik akupresur melalui berbagai gerakan tangan.

Jenis – jenis pengobatan akupresur tersebut di atas dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Untuk melakukan pengobatan ini, kita perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter ahli. Hal ini sebagai upaya untuk mencegah terjadinya kesalahan dalam mengatasi penyakit kanker. Karena pada kenyataannya setiap jenis pengobatan memiliki efek samping tertentu, terutama bagi orang – orang yang baru pertama kali melakukan jenis pengobatan tersebut meskipun sebenarnya  pengobatan akupresur ini tidak banyak menimbulkan efek samping. Adapun beberapa efek samping yang mungkin dialami dari melakukan pengobatan ini adalah sebagai berikut. (Baca juga: Efek Samping Vaksin Kanker Serviks , Ciri Kanker Usus 12 jari )

Efek Samping Pengobatan Akupresur

  • Menimbulkan komplikasi

Saat melakukan terapi akupresur sebaiknya tidak diikuti dengan mengkonsumsi obat – obatan, meskipun obat – obatan tersebut berbahan herbal atau alami, karena hal ini akan menimbulkan terjadinya komplikasi. Jika memang pasien memiliki ketergantungan terhadap obat, dapat mengkombinasikan dengan cara memberikan jarak waktu 5 sampai dengan 6 jam, baik sebelum ataupun sesudah dilakukan terapi akupresur. Apabila hal ini diabaikan maka dapat menyebabkan sesak napas dan tubuh menjadi kejang – kejang. (Baca Juga: Kanker Serviks Stadium 4 , Kanker Payudara Stadium 4)

  • Timbul demam atau meriang apabila terkena air

Setelah melakukan terapi akupresur, pori – pori yang ada dalam kulit menjadi terbuka dan suhu badan akan naik. Oleh sebab itu, dianjurkan agar tubuh tidak terkena air terlebih dahulu. Sebaiknya, beri jarak sekitar 2 jam setelah menjalani pengobatan akupresur. (Baca Juga: Ciri Ciri Kanker Kelenjar Getah Bening Sesuai Jenisnya)

Sponsors Link

  • Adanya luka pada tempat penusukan

Apabila keadaan fisik pasien terlalu lemah, akan terjadi luka pada tempat penusukan. Hal ini cukup berbahaya bagi pasien karena bisa saja menimbulkan infeksi. Sebaiknya, pastikan kondisi tubuh terlebih dahulu agar tidak terjadi dampak yang lebih buruk. (Baca Juga: Gejala Kanker Kulit)

  • Menyebabkan abortus pada ibu hamil

Abortus atau keguguran dapat terjadi pada ibu hamil yang melakukan pengobatan akupresur. Ada beberapa titik yang tidak boleh ditusuk melalui pengobatan ini karena akan menyebabkan ibu hamil tersebut mengalami keguguran. Alangkah baiknya jika ibu hamil tidak menggunakan pengobatan akupresur untuk mengatasi penyakitnya.

  • Timbul rasa nyeri di tempat penusukan

Hal ini umum terjadi dirasakan, apalagi jika pasien belum terbiasa dengan jenis pengobatan ini. Selain menyebabkan luka pada daerah terapi, akupresur dapat menimbulkan rasa nyeri pada daerah yang terluka tersebut. (Baca Juga: Ciri Benjolan Kanker Payudara dan Cara Pemeriksaannya)

  • Menyebabkan pneumotorak

Pneumotorak merupakan penimbunan udara pada dinding tipis di antara paru – paru dan rongga dada. Jika penumpukan tersebut dibiarkan maka tekanan udara yang menumpuk dapat memicu pengempisan paru – paru. Hal ini yang akan terjadi ketika melakukan pengobatan akupresur. (Baca Juga: Gejala Kanker Paru paru Stadium 1)

Itulah manfaat dari jenis pengobatan akupresur untuk kanker. Mengingat efek samping yang timbul dari pengobatan ini, ada baiknya jika proses pengobatan dilakukan oleh orang yang memang ahli di bidang pengobatan akupresur. Semoga bermanfaat. (Baca juga: Penyebab Kanker Hati Pada Bayi dan Cara Diagnosanya ).

, , , , , ,
Post Date: Sunday 23rd, October 2016 / 14:45 Oleh :
Kategori : Pengobatan