5 Manfaat Air Kelapa Untuk Pengobatan Kanker

Siapa yang tidak pernah mengenal kesegaran air kelapa. Air kelapa memang terkenal memiliki banyak sekali manfaat. Salah satu manfaat yang banyak dikenal orang adalah untuk menawarkan racun, meskipun tidak semua racun dapat dinetralisir dengan air kelapa. Di balik manfaatnya tersebut, ternyata air kelapa juga memiliki manfaat untuk mencegah perkembangan sel kanker. Pada artikel kali ini, akan dibahas mengenai kandungan air kelapa beserta manfaatnya terhadap penyakit kanker. Berikut ini merupakan manfaat air kelapa yang dapat Anda ketahui dan Anda gunakan sebagai alternatif pengobatan kanker.

Sponsors Link
  1. Memberi tubuh cairan tambahan

Dalam proses kemoterapi, tentu ada berbagai macam jenis obat yang dikonsumsi oleh penderita kanker. Dan tentu saja tidak jarang obat-obatan tersebut memberikan berbagai macam efek samping, salah satunya adalah membuat tubuh kekurangan cairan. Saat tubuh mengalami dehidrasi, ada baiknya untuk mengembalikan keseimbangan cairan tubuh adalah dengan cara mengkonsumsi air kelapa. Saat tubuh mengalami dehidrasi, perlu segera dilakukan pemberian cairan tambahan agar sel-sel yang ada di dalam tubuh tidak mengalami penyusutan bahkan mengalami kerusakan.

  1. Meningkatkan kerja ginjal dalam mengeluarkan racun-racun tubuh

Konsumsi obat atau bahan kimia yang sifatnya keras dapat membuat organ di dalam tubuh penderita kanker harus bekerja ekstra keras. Apabila tidak diimbangi dengan zat yang berguna untuk menetralisir, atau untuk sekedar mengencerkan maka dapat membahayakan fungsi ginjal. Tidak menutup kemungkinan selama masa pengobatan kanker, fungsi ginjal dapat terganggu. Oleh karena itulah diperlukan banyak cairan untuk menetralisir bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh. Selain minum banyak air putih, Anda juga dapat menggunakan air kelapa yang bisa Anda minum beberapa jam setelah mengkonsumsi obat-obatan.

  1. Menaikan trombosit dalam darah

Pada dasarnya, menaikkan trombosit di dalam darah bukan merupakan fungsi utama air kelapa. Namun seiring dengan terpenuhinya cairan dalam tubuh secara seimbang, maka jumlah trombosit di dalam darah juga akan meningkat. Pada penderita kanker darah, air kelapa dapat dikonsumsi untuk menambahkan cairan tubuh sehingga trombosit juga ikut meningkat.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Air kelapa sering dikenal juga sebagai larutan isotonik yang mengandung natrium dan kalium. Dengan adanya kandungan natrium dan kalium tersebut, air kelapa dapat bermanfaat untuk menjaga keseimbangan cairan dalam sel tubuh dan juga berfungsi untuk menyeimbangkan fungsi elektrolit dalam tubuh sehingga sistem saraf dapat bekerja secara optimal. Selain itu, tubuh juga dapat terlindungi dari berbagai jenis kanker yang mengancam.

Sponsors Link

  1. Menetralisir racun

Air kelapa banyak dikenal berfungsi sebagai penawar racun. Padahal, faktanya adalah tidak semua racun dapat dinetralisir dengan menggunakan air kelapa. Kandungan elektrolit di dalam air kelapa dapat berfungsi sebagai detox sehingga saat sel tubuh terinfeksi oleh racun, maka kandungan elektrolit akan memberikan perlindungan pada sel tubuh dengan mendorong racun keluar tubuh. Maka reaksi yang diberikan tubuh pada umumnya adalah muntah dan diare. Ketika tubuh penderita kanker melakukan pengobatan kemoterapi, ada efek yang ditimbulkan. Dengan mengkonsumsi air kelapa, maka sel-sel dalam tubuh akan terbantu untuk membentuk pertahanan dan juga membantu menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh, sehingga proses pembuangan racun tubuh terjadi secara alami.

Berikut ini merupakan artikel terkait yang dapat Anda gunakan sebagai referensi untuk pengobatan alternatif kanker:

Kandungan Sehat Air Kelapa

Air kelapa dapat Anda konsumsi setiap saat, terlebih jika Anda mengkonsumsi air kelapa secara alami tanpa memberikan tambahan gula atau sirup. Konsumsi air kelapa dapat membantu tubuh untuk memenuhi kebutuhan cairan elektrolit dibandingkan dengan mengkonsumsi air putih biasa. Untuk membuktikan keamanan dalam mengkonsumsi air kelapa, maka mari kita tinjau lebih jauh kandungan yang ada di dalam air kelapa. Air kelapa memiliki kandungan sebagai berikut :

  1. Vitamin C

Vitamin C pada air kelapa memang tidak sebanyak yang terdapat di dalam buah-buah. Namun demikian, cukup menjadi penyumbang senyawa antioksidan di dalam senyawa elektrolit sehingga air kelapa juga memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Vitamin B kompleks

Kandungan vitamin B air kelapa tidak sebanyak dengan kandungan vitamin B pada beras hitam. Pada air kelapa vitamin B berfungsi untuk memberikan kesegaran pada tubuh dan menghilangkan efek kelelahan. Maka dari itu, efek segar dalam meminum air kelapa tidak hanya karena air mineral yang dingin, namun juga cairan elektrolit dan vitamin B ini berperan serta dalam memberikan kesegaran.

Baca artikel: 4 Manfaat Beras Hitam Untuk Kanker

  1. Kalium

Kalium memberikan manfaat bagi tubuh sebagai pembentuk sel. Selain itu, kalium juga memberikan dukungan terhadap kinerja jantung, menurunkan tingkat stress, mencegah penyakit stroke, hipertensi. Pada penderita kanker, kandungan kalium dapat memberikan efek tenang, dan membantu regenerasi sel.

Sponsors Link

  1. Natrium

Natrium merupakan mineral yang dianjurkan untuk dipenuhi oleh tubuh dalam kadar seimbang. Mengapa demikian? Jika kelebihan natrium, bagi penderita hipertensi dapat berbahaya, karena dapat mengakibatkan pecahnya pembuluh darah dan serangan stroke. Dalam kadar yang seimbang, natrium bermanfaat sebagai mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh, mengatur kerja otot jantung, membantu membran sel membawa nutrisi dari yang telah diserap dan mengedarkan ke seluruh tubuh, serta membantu jalannya metabolisme.

  1. Kalsium

Kalsium secara umum berfungsi sebagai pembentuk tulang, sehingga tubuh terhindar dari pengeroposan tulang. Kebutuhan kalsium yang tercukupi dapat memperkecil kemungkinan terjadinya kanker tulang. Oleh karena itu harus dipastikan kebutuhan mineral dapat dipenuhi secara seimbang.

  1. Gula

Kadar gula alami di dalam air kelapa sangatlah baik untuk dikonsumsi. Bahkan, penderita diabetes juga diperbolehkan untuk meminum air kelapa. Hal ini dikarenakan gula di dalam air kelapa dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan metabolisme, membantu mengontrol berat badan, dan meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu, air kelapa sendiri juga dapat meningkatkan kinerja ginjal sehingga ginjal dapat bekerja secara maksimal untuk mengeluarkan zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Ternyata, setelah meninjau kembali kandungan dan manfaat dari air kelapa, selain memberikan kesegaran juga dapat bermanfaat bagi penderita kanker. Anda dapat mengkonsumsi air kelapa secara rutin. Selain menjadi pencegah berbagai macam penyakit juga dapat dapat sebagai cairang pengganti di dalam tubuh.

, ,
Post Date: Saturday 30th, April 2016 / 16:08 Oleh :
Kategori : Pengobatan