Makanan untuk Pasien Radioterapi – Sebelum dan Sesudah Pengobatan

Radioterapi merupakan metode pengobatan kanker selain kemoterapi kanker, dimana bertujuan untuk membunuh pertumbuhan dari sel-sel kanker didalam tubuh. Walaupun dapat membantu membunuh sel-sel kanker, namun metode pengobatan ini juga menimbulkan beberapa efek samping negatif bagi tubuh.

Sponsors Link

Untuk mengurangi efek samping itu sendiri, dibutuhkan makanan-makanan yang memiliki kandungan gizi dan juga nutrisi yang baik bagi tubuh. Hal tersebut dimaksudkan untuk menjaga kesehatan tubuh yang mengalami penurunan, terutama bagi kekuatan maupun stamina tubuh, karena proses radioterapi yang dilakukan. Lalu apa saja makanan-makanan yang dianjurkan tersebut? berikut ini ada beberapa penjelasannya.

Makanan sebelum Radioterapi

Sebelum pasien kanker menjalani proses radioterapi, diwajibkan terlebih dahulu untuk melakukan konsultasi dengan dokter. Dimana biasanya, dokter akan menjelaskan pula mengenai asupan makanan yang baik bagi pasien radioterapi sebelum proses pengobatan dilakukan, dan menghindar makanan pemicu kanker.

Hal ini dimaksudkan agar tubuh lebih sehat dan siap untuk menghadapi proses pengobatan maupun efek samping yang akan timbul nantinya. Beberapa anjuran makanan untuk pasien radioterapi tersebut diantaranya adalah:

  • Makanan yang tidak terlalu dingin dan panas

Anjuran makanan yang pertama adalah bahwa pasien radioterapi harus menghindari makanan yang terlalu dingin maupun makanan yang terlalu panas. Mengapa demikian? Karena dengan mengonsumsi makanan tersebut maka dapat meningkatkan kemunculan luka saat proses radioterapi dilakukan, terutama pada sekitar selaput rongga mulut.

  • Makanan dengan kandungan antioksidan tinggi

Pasien radioterapi juga akan dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kinerja dari organ tubuh, sehingga nantinya dapat melawan radikal bebas berbahaya yang muncul pada aliran darah.

Apabila radikal bebas berbahaya tersebut tidak dilawan, maka dapat menyebabkan kerusakan pada DNA dan juga menurunkan kekebalan tubuh. Makanan dengan kandungan antioksidan tinggi sendiri dapat diperoleh dari buah dan sayur yang memiliki warna mencolok, seperti bayam, anggur merah, berry, kacang tanah, dan lain sebagainya.

  • Makanan dengan kandungan protein tinggi

Tidak hanya kandungan antioksidan yang tinggi, namun makanan dengan kandungan protein tinggi juga dianjurkan untuk dikonsumsi sebelum pengobatan dilakukan. Kandungan protein memiliki peranan yang penting juga dalam proses penyembuhan ketika proses radioterapi telah dilakukan, seperti proses radioterapi kanker serviks dan lainnya. Pasien radioterapi dapat memperoleh kandungan protein tinggi dari kacang almond, yogurt, ikan tuna, tahu, susu kedelai, tempe, maupun produk dari bahan kacang-kacangan lainnya.

  • Makanan dengan kandungan vitamin C

Makanan sebelum proses radioterapi yang dianjurkan terakhir adalah makanan dengan kandungan vitamin C. Dimana vitamin C ini nantinya mampu membantu melancarkan proses perbaikan dan pertumbuhan sel-sel serta jaringan baru didalam tubuh pasien radioterapi. Biasanya mengonsumsi makanan dengan vitamin C akan dianjurkan dilakukan sekitar satu minggu sebelum pengobatan radioterapi berlangsung. Pasien radioterapi dapat memperoleh asupan ini juga dari sayur maupun buah-buahan.

Anjuran Makanan setelah Radioterapi

Tidak hanya mengatur makanan untuk pasien radioterapi yang dikonsumsi sebelum pengobatan radioterapi berlangsung, namun perlu juga memperhatikan asupan makanan setelah proses radioterapi selesai dilakukan. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan tubuh maupun juga mengurangi efek radioterapi itu sendiri. Adapun jenis-jenis makanan yang dianjurkan setelah radioterapi diantaranya adalah:

  • Makanan dengan serat tinggi

Makanan yang dianjurkan pertama adalah makanan dengan kandungan serat yang tinggi. Makanan ini penting untuk dikonsumsi untuk mengurangi efek samping dari proses radioterapi yang dilakukan, yaitu sembelit. Oleh sebab itu, penting untuk mengonsumsi makanan dengan serat tinggi seperti gandum yang menjadi salah satu sumber protein pencernaan.

  • Makanan dengan kandungan mineral dan vitamin

Selain makanan dengan serat tinggi, pasca radioterapi pasien juga akan dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan mineral dan vitamin yang tinggi. Pasien radioterapi dapat memperoleh dari mengonsumsi buah dan sayur dimana bermanfaat untuk membantu dalam proses pemulihan kesehatan. Selain itu, makanan dengan mineral dan vitamin tinggi juga dapat membantu mengatasi efek samping sembelit dari pengobatan radioterapi, seperti pada radioterapi kanker payudara.

  • Makanan dengan protein tinggi

Tidak hanya sebelum pengobatan radioterapi, namun makanan dengan kandungan protein tinggi juga penting dikonsumsi setelah radioterapi selesai dilakukan. Kandungan protein dapat membantu proses regenerasi dan pembentukan jaringan baru, terutama pada bagian kulit bekas operasi. Terlebih lagi, protein seperti yang didapatkan dari daging ayam dan kacang-kacangan dapat memberikan tenaga maupun energi bagi tubuh.

Sponsors Link

  • Makanan dengan lemak sehat

Untuk menambah energi dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang menurun, pasien radioterapi juga dapat mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak yang sehat. Sumber makanan dengan lemak sehat ini dapat diperoleh dari minyak zaitun dan juga kacang-kacangan.

  • Makanan dengan kandungan antikosidan

Sama dengan anjuran makanan sebelum radioterapi, pasien radioterapi juga akan dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan tersebut dapat diperoleh dari vitamin C yang terkandung dalam buah-buahan seperti apel dan jeruk. Vitamin C dosis tinggi untuk kanker sendiri bertujuan sama yaitu untuk melawan radikal-radikal bebas jahat yang muncul akibat proses radioterapi yang dilakukan.

  • Makanan dengan kandungan air tinggi

Anjuran makanan setelah radioterapi yang terakhir adalah makanan dengan kandungan air yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh sehingga racun dan juga radikal bebas akan lebih cepat dikeluarkan dari tubuh. Tidak hanya itu, dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan air tinggi maupun rajin minum air, maka dapat mengurangi resiko dehidrasi maupun kekurangan cairan pada tubuh akibat pengobatan radioterapi itu sendiri.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.