6 Jenis Makanan dan Minuman Yang Wajib Dikonsumsi Setelah Kemoterapi

Kemoterapi kanker merupakan metode pengobatan kanker yang paling lazim digunakan di dunia medis atau kedokteran. Meskipun memberikan efek samping yang cukup menyiksa, jalan ini sering ditempuh untuk mengobati setiap pasien kanker. Kemoterapi dilakukan dengan cara memasukkan senyawa kimia ke dalam tubuh untuk menghancurkan sel kanker, biasanya dalam bentuk cairan yang disuntik melalui infus, atau bisa juga dalam bentuk obat oral. Efek samping yang muncul setelah proses kemoterapi disebabkan senyawa kimia tersebut tidak hanya menghancurkan sel kanker namun juga menghancurkan sel sehat tubuh.

Sponsors Link

Metode ini menjadi pilihan utama untuk mengobati penyakit kanker, namun kita pasti tahu efeknya sangat tidak mengenakkan. Karena itu, sangat perlu untuk mengetahui bagaimana cara untuk menekan rasa sakit dari efek kemoterapi. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang wajib dikonsumsi setelah kemoterapi. Makanan setelah kemoterapi ini tidak hanya mengurangi rasa sakit dari metode pengobatan tersebut, namun juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan kanker kandungan antioksidannya.

Makanan dan Minuman yang Wajib Dikonsumsi Setelah Kemoterapi

1. Rumput Barley

Mungkin di Indonesia jenis makanan ini masih jarang didengar dan dikonsumsi. Namun rumput Barley sangat bagus dikonsumsi setelah penderita kanker menjalani kemoterapi. Rumput Barley mengandung berbagai nutrisi dan hormon tanaman yang bersifat basa, sehingga dapat mengatur kadar asam dalam tubuh yang dapat memicu munculnya kanker. Di samping itu, tanaman ini juga mengandung enzim hingga tiga ribu jenis enzim yang dapat mempercepat proses pencernaan.

2. Teh Hijau

Bagi yang sangat mempedulikan kesehatan dan kecantikan tubuhnya pasti sangat suka mengkonsumsi teh hijau. Ternyata jenis teh satu ini sangat bagus dikonsumsi penderita kanker terutama setelah menjalani kemoterapi. Teh hijau mengandung berbagai senyawa antioksidan termasuk polifenol yang sangat ampuh dalam melawan sel kanker serta membatasi persebaran sel kanker di dalam tubuh. Meski begitu, teh tidak baik dikonsumsi saat sedang menjalani pengobatan karena kandungan kafeinnya dapat menurunkan efektivitas dari pengobatan tersebut.

3. Beta-Glucan

Beta-glucan bisa kita jumpai pada dinding sel bakteri atau jamur dalam bentuk polisakarida kompleks. Salah satu sumber beta-glucan terbaik yang bisa kita konsumsi adalah jamur peragi Saccharomyces cerevisiae yang sering digunakan dalam pembuatan beberapa jenis makanan. Beta-glucan membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu sel imun mengenali sel kanker sehingga sel kanker dapat dimusnahkan sendiri dengan sistem imunitas tubuh yang ada.

4. Kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan mengandung banyak protein dan vitamin B kompleks yang sangat bagus dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh serta memperbaiki sel yang rusak. Akibat kemoterapi biasanya tubuh akan mengalami kelemahan dan kesakitan yang cukup besar. Dengan mengkonsumsi kacang-kacangan pasien pun akan lebih cepat sembuh dan efek samping dari kemotrapi bisa dihindari.

5. Telur dan Jahe

Telur mengandung vitamin B, vitamin D dan selenium serta vitamin E yang dapat menutrisi tubuh dengan cepat. Kandungan telur tersebut bisa berguna untuk mengurangi rasa sakit akibat efek samping kemoterapi. Selain itu jahe dapat bertindak sebagai anti inflamasi yang dapat mengatasi peradangan sel sehat akibat serangan senyawa kimia tersebut.

6. Berbagai Jenis Buah-buahan dan Sayuran Hijau yang Segar

Bagaimanapun, sayuran tetap menjadi pilihan makanan sehat nomor satu untuk kesehatan, yang juga tanpa kita sadari bisa menekan efek samping dari proses kemoterapi. Senyawa antioksidan, vitamin dan mineral dalam sayur-sayuran dapat bertindak sebagai zat detoksifikasi sehingga dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh yang dapat memicu munculnya sel kanker.

Itulah jenis makanan dan minuman yang wajib dikonsumsi setelah kemoterapi yang paling enak. Selain itu, kita juga bisa mengkonsumsi makanan sehari-hari pencegah kanker agar tubuh semakin kuat dan segera sembuh dari penyakit kanker yang diderita.

, , ,