Kenapa Kanker Tidak Bisa Disembuhkan? Inilah 4 Penyebab Utamanya

Penyakit kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang memiliki tingkat kematian tinggi dan tingkat peluang kesembuhan yang rendah. Oleh sebab itu, hampir seluruh bagian masyarakat pasti mengetahui jenis penyakit yang satu ini. Kanker sendiri merupakan suatu penyakit dimana terdapat perubahan fungsi serta struktur sel didalam tubuh, sehingga menyebabkan adanya gangguan pada organ-organ tertentu bahkan juga berkemungkinan menyebar dan mengganggu organ-organ dalam tubuh yang lainnya. Inilah yang menyebabkan kanker menjadi penyakit yang momok menakutkan bagi sebagian besar orang.

Sponsors Link

Terlebih lagi dengan gejala kanker yang biasanya tidak akan muncul di fase awal kanker tetapi akan muncul saat kanker sudah memasuki fase atau stadium lanjut. Lantas, mengapa kanker susah atau bahkan tidak bisa disembuhkan? Berikut ini terdapat beberapa penyebab yang dapat menjawab kenapa kanker tidak bisa disembuhkan secara lengkap dan jelas.

  1. Kanker bukan merupakan penyakit tunggal

Penyebab yang pertama adalah karena penyakit kanker itu sendiri bukan merupakan suatu penyakit tunggal. Artinya bahkan penyakit kanker merupakan gabungan dari beberapa gangguan penyakit yang terjadi didalam tubuh yang bergabung menjadi satu. Kondisi tersebut dapat pula disebabkan oleh perkembangan dari sel-sel kanker yang menyebar dan mengganggu fungsi organ lainnya didalam tubuh.

Terlebih lagi banyak sekali jenis kanker yang muncul, seperti kanker payudara, kanker prostat, kanker mulut dan lidah, dan masih banyak lagi yang lain. Dimana setiap jenis kanker tersebut pastinya juga memiliki penyebab, faktor resiko, gejala, dan cara mengatasi yang berbeda-beda. Oleh sebab itu lah, kanker biasanya akan sulit disembuhkan atau bahkan tidak dapat disembuhkan karena perlu analisa yang lengkap mengenai kanker yang tumbuh didalam tubuh seseorang. Belum lagi jika kanker sudah menyebar tanpa ditemukan gejala-gejala awalnya, dan menyebabkan perkembangan sel kanker di organ lain, yang dapat menyebabkan seseorang mengalami lebih dari satu jenis kanker, maka kondisi ini akan sangat sulit dan bahkan juga menjadi alasan kenapa kanker bisa menyebabkan kematian.

  1. Proses Karsinogenesis

Penyebab yang kedua adalah karena kanker disebabkan karena proses karsinogenesis yang rumit dan kompleks. Proses karsinogenesis merupakan suatu proses perubahan sel sehat menjadi suatu sel kanker didalam tubuh tanpa adanya penjelasan yang jelas mengenai penyebab maupun proses perubahannya, sehingga juga menjadi penyebab kanker tidak terdeteksi dari awal. Oleh sebab itu, penyebab kanker terkadang masih sering sulit untuk diketahui.

Kondisi ini juga yang menjadi salah satu alasan gejala kanker sulit ditemukan pada fase awal tumbuhnya kanker, dan menyebabkan ditemukannya kanker didalam tubuh seseorang ketika telah memasuki fase lanjut yang tentunya semakin menurunkan harapan untuk dapat disembuhkan.

  1. Sel kanker diproduksi oleh sel tubuh

Masih berhubungan dengan proses karsinogenesis, dimana terdapat perubahan sel sehat menjadi sel kanker, kondisi ini juga berarti bahwa sel kanker sebenarnya diproduksi oleh tubuh sendiri. artinya bahwa sel-sel didalam tubuhlah yang mengalami mutasi menjadi sel kanker dan menyebabkan perkembangan dan penyebaran sel kanker didalam tubuh. Oleh sebab itu, banyak pengobatan penyakit kanker yang memfokuskan pada cara menghancurkan sel kanker. Namun hal tersebut juga susah dilakukan karena untuk membedakan ciri-ciri sel kanker dan sel normal juga tidak mudah karena sama-sama berada didalam tubuh.

Kondisi ini pula yang menyebabkan kanker menjadi sulit atau bahkan tidak dapat disembuhkan. Terlebih lagi, ketika sel kanker dimusnahkan juga berkemungkinan bagi sel normal lainnya yang ikut musnah juga, oleh sebab itulah ketika proses kemoterapi biasanya akan menyebabkan gangguan pada organ lainnya seperti terjadinya kerontokan rambut, kulit menjadi gosong, dan lain sebagainya.

Sponsors Link

  1. Pengobatan yang berbeda-beda

Memang pengobatan kanker biasanya difokuskan pada bagaimana cara menghancurkan sel kanker yang tumbuh dan berkembang didalam tubuh. Selain itu, ada pula beberapa pengobatan kanker yang disesuaikan dengan bagaimana respon dari tubuh pasien kanker itu sendiri. Beberapa diantaranya adalah dengan radiasi, kemoterapi, operasi, imunoterapi, dan masih banyak yang lainnya lagi. Jadi bisa atau tidaknya kanker didalam tubuh disembuhkan juga tergantung pada respon dari tubuh pasien kanker itu sendiri.

Itulah dia beberapa penjelasan dan penyebab kenapa kanker tidak bisa disembuhkan. Dari penjelasan diatas sebenarnya dapat disimpulkan bahwa yang menyebabkan kanker menjadi sulit atau tidak dapat disembuhkan adalah karena proses pembelahan sel normal yang mengalami mutasi menjadi sel kanker, atau karena sel kanker yang sebenarnya dihasilkan oleh tubuh sendiri, sehingga menyebabkan adanya gangguan fungsi organ dan struktur sel didalam tubuh.

Terlebih lagi dengan berbagai pengobatan yang juga berisiko mengganggu fungsi organ lainnya, hingga juga menyebabkan adanya pemusnahan sel normal didalam tubuh. Demikian penjelasan mengenai alasan atau penyebab kanker tidak bisa disembuhkan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan mengingatkan anda untuk tetap terus waspada dan menjaga kesehatan tubuh dengan baik.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.