Cara Mengolah Daun Kelor untuk Kanker yang Patut Dicoba

Dalam metode pengobatan penyakit kanker, masyarakat tidak hanya mengandalkan pengobatan konvensional yang bergantung pada tenaga medis, namun juga sering mencoba pengobatan alternatif kanker menggunakan obat herbal. Beberapa tanaman di Indonesia memang dipercaya mengandung sejumlah senyawa yang sangat berkhasiat dalam melawan penyakit kanker, dan digadang-gadang tidak memberikan efek samping seperti halnya pengobatan medis. Memang ada banyak daftar tanaman obat kanker yang hingga sekarang masih digunakan untuk membantu mengatasi kanker, meskipun belum teruji secara ilmiah tentu hal ini tetap memberikan harapan bagi penderita kanker untuk dapat sembuh.

Sponsors Link

Salah satu tanaman yang layak untuk dicoba sebagai metode pengobatan kanker secara tradisional adalah daun kelor. Meski ukurannya kecil, daun kelor dianggap mampu menghambat sel kanker untuk berkembang lebih luas sehingga penyakit ini dapat disembuhkan secara bertahap. Manfaat daun kelor untuk kanker sebenarnya tidak jauh berbeda dengan manfaat singkong untuk kanker, manfaat apel untuk kanker dan manfaat alpukat untuk kanker. Bahkan daun kelor dapat dijadikan sebagai tanaman obat kanker lidah yang khasiatnya mirip dengan resep jus wortel untuk kanker. Jadi meski sering diabaikan, ternyata daun kelor memang pantas untuk dijadikans sebagai obat herbal untuk mengatasi penyakit kanker secara alami dan lebih aman.

Sekilas tentang Daun Kelor dan Kandungan Senyawanya

Daun kelor umumnya dapat tumbuh di ketinggian 300-500 mdpl dengan tinggi pohon berkisar 8-11 meter. Tumbuhan berkayu ini memiliki daun yang ukurannya sangat kecil dan jumlahnya banyak, tersusun pada tangkai daun sehingga terlihat seperti daun majemuk. Daun kelor memang telah digunakan masyarakat sejak zaman dahulu untuk mengobati berbagai penyakit. Namun siapa yang menyangka ternyata penyakit kanker pun bisa diatasi dengan daun kelor. Bahkan manfaatnya yang luar biasa tersebut tidak hanya tersebar di Indonesia saja, namun juga hingga ke berbagai negara di belahan dunia.

Daun kelor mengandung banyak sekali senyawa aktif yang terbukti ampuh dalam menghambat aktivitas sel kanker. Beberapa senyawa dan nutrisi yang dapat kita temukan di dalam daun kelor yaitu:

  • senyawa antioksidan, yang meliputi flavonoid, karotenoid, alanine, vitamin C, vitamin E, vitamin K, vitamin A, vitamin B, arginine, dan beta-sitosterol
  • mineral, seperti kalsium, zinc, kalium, zat besi
  • protein
  • serat
  • asam amino
  • GABA (gamma-aminobutyric acid).

Cukup banyak kandungan senyawa daun kelor bukan? Dengan kandungan nutrisi dan senyawa aktif tersebut, tentu tidak heran bila daun kelor pantas dijadikan tanaman obat kanker. Beberapa manfaat daun kelor untuk menghadapi penyakit kanker antara lain mencegah dan mengatasi gejala awal kanker lambung, tanda awal kanker mulut dan bahaya kanker darah. Agar mendapat manfaat tersebut secara maksimal, tentunya kita harus menggunakan daun kelor sebijak mungkin. Bila perlu konsultasikan dengan ahli herbal untuk mendapatkan dosis yang tepat sehingga pengobatan dapat lebih mujarab. Gunakan secara rutin atau setiap hari, karena jika berkelang justru khasiatnya tidak terasa dan penyakit kanker dapat semakin parah.

Cara Mengolah Daun Kelor untuk Kanker

Berikut ini terdapat cara yang benar dalam mengolah daun kelor agar dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit kanker. Cara tersebut yaitu sebagai berikut.

  • Siapkan daun kelor sebanyak satu ikat atau secukupnya sesuai kebutuhan.
  • Cuci daun kelor hingga benar-benar bersih dan masukkan ke dalam panci.
  • Tambahkan air segar sebanyak 500 ml ke dalam panci.
  • Rebus daun kelor hingga airnya mendidih.
  • Tunggu hingga air rebusan menyusut hingga setengahnya.
  • Angkat dan saring air rebusan daun kelor tersebut.
  • Tuang ke dalam helas dan tunggu hingga menjadi hangat.
  • Langsung minum hingga tidak ada sisa dan lakukan kdengan rutin, setidaknya 3 kali sehari.
Sponsors Link

Penggunaan daun kelor di atas hampir bisa digunakan untuk semua jenis kanker. Bahkan, daun kelor dapat dijadikan sabun untuk membersihkan area kewanitaan sehingga dapat mencegah kanker serviks. Dengan manfaatnya yang luar biasa tersebut, maka tidak  perlu ragu untuk menggunakan daun kelor untuk menghadapi penyakit kanker yang sangat berbahaya. Jangan lupa untuk berkomunikasi dengan dokter maupun anggota medis lainnya untuk menggunakan daun kelor di samping pengobatan medis yang tengah dijalani.

Untuk pemakaian luar seperti pengobatan pada kanker kulit, daun kelor pun dapat digunakan dengan cara sebagai berikut.

  • Sediakan daun kelor secukupnya dan cuci hingga bersih.
  • masukkan ke dalam blender.
  • Tambahkan dengan 3-5 sendok makan minyak zaitun.
  • Blender hingga halus, tuang ke dalam wadah.
  • Gunakan sebagai obat oles untuk mengobati kanker kulit yang membuat kulit terasa sakit dan perih.

Nah, itulah cara mengolah daun kelor untuk kanker yang sangat bagus untuk dicoba. Sebagai penyakit berbahaya, kita memang harus lebih peka terhadap penyakit kanker yang sangat sering merengut nyawa penderitanya. Jika kita bisa menggunakan bahan alami tentu lebih baik dilakukan karena bahan alami membuat kesehatan tubuh meningkat sehingga terhindar dari penyakit berbahaya seperti kanker tanpa memberikan efek negatif.

, , , , ,
Info Dokter

Apa kanker paling bahaya ? Mengapa ? Yuks simak penjelasan dokter spesialis Kulit dan Kelamin dari RSPAD Gatot Soebroto, jangan lupa subscribe untuk penjelasan dokter lainnya.