4 Cara Konsumsi Kenikir untuk Kanker yang Terbukti Ampuh

Dalam pengobatan kanker, ada banyak cara yang ditempuh agar dapat berhasil sembuh dari penyakit mematikan tersebut. Meski metode pengobatan secara medis tetap menjadi utama, banyak juga penderita kanker yang mencoba pengobatan alternatif kanker atau pengobatan tradisional yang memanfaatkan tumbuhan herbal. Memang tidak dipungkiri berbagai jenis kanker ada yang berhasil disembuhkan hanya dengan berikhtiar menggunakan bahan alami, meskipun hal ini tidak bisa dijadikan rujukan ilmiah. Salah satu tumbuhan yang dipercaya mampu memerangi penyakit kanker adalah kenikir.

Sponsors Link

Kenikir sendiri merupakan tumbuhan yang di Indonesia sendiri sering dimanfaatkan sebagai lalapan atau bagian dari menu urap atau pecal. Aroma dari daun kenikir seringkali membuat nafsu makan meningkat. Siapa sangka sayuran tersebut dapat membantu mengatasi penyakit kanker, bahkan jenis kanker yang paling mematikan di dunia. Fakta ini jelas menunjukkan bahwa tidak ada salahnya melakukan pengobatan dengan menggunakan bahan alami, apalagi jika dikombinasikan dengan pengobatan konvensional seperti kemoterapi kanker dan radioterapi.

Kandungan Senyawa Kenikir dan Cara Kerjanya Melawan Kanker

Tumbuhan kenikir awalnya tumbuh liar, namun karena sering dimanfaatkan akhirnya dibudidayakan oleh masayarakat. Kenikir mengandung senyawa yang dapat mengatasi penyakit kanker dan mencegah kanker muncul dalam tubuh, seperti terpenoid, saponin dan flavonoid. Senyawa tersebut membantu menghalau senyawa radikal bebas di dalam tubuh sehingga mengurangi resiko kerusakan sel akibat senyawa tersebut. Daya tahan tubuh pun akan meningkat dan mampu melawan sel kanker. Selain itu terdapat pula kandungan artemisinin, sebagai senyawa utama yang berperan membunuh sel kanker.

Artemisinin menyebabkan sel kanker mengalami apoptosis atau menghancurkan diri sendiri, sehingga secara bertahap sel kanker akan berkurang dan penderita kanker lebih mudah mencapai kesembuhan. Artemisinin sendiri bekerja dengan mengikat iron yang kandungannya sangat tinggi dalam sel kanker, sehingga sel kanker akan diluruhkan dan dibuang. Dengan demikian penyakit kanker akan terus menyusut hingga kanker dapat sembuh. Tentunya manfaat tersebut bisa diperoleh jika kenikir dikonsumsi setiap hari dan dijadikan sebagai pengobatan pendukung di samping pengobatan medis.

Cara Konsumsi Kenikir untuk Kanker

Ada beberapa cara yang bisa lakukan untuk mengkonsumsi kenikir dalam mengatasi penyakit kanker, seperti halnya cara mengolah singkong untuk kanker dan cara mengolah daun kelor untuk kanker, yaitu sebagai berikut.

1. Dijadikan Lalapan

Kenikir kerap dijadikan sayuran lalap bagi masyarakat khususnya yang memiliki adat Jawa. Selain dimakan mentah, kenikir juga kerap dijadikan bahan dalam menu urap atau pecal yang digabungkan dengan jenis sayuran lainnya. Nah, penderita kanker bisa mengkonsumsinya setiap hari baik dimakan mentah maupun dimasak dalam menu sayuran.

2. Dijadikan Jus

Meski mungkin rasanya kurang enak, jus kenikir dapat lebih cepat membantu melawan sel kanker di dalam tubuh seperti halnya resep jus wortel untuk kanker. Cara membuatnya, ambil seikat daun kenikir yang biasa dijual di pasar, lalu potong-potong dan cuci sampai bersih. Masukkan ke dalam blender dan tambah air secukupnya, blender sampai benar-benar halus. Minum sampai habis dan lakukan 2 kali sehari pagi dan malam.

3. Air Rebusan

Alternatif lainnya untuk mengkonsumsi kenikir dalam mengobati kanker yaitu dengan merebusnya dan diminum airnya. Siapkan segenggam daun kenikir lalu cuci bersih dan potong-potong. Rebus dalam 250 ml air dan biarkan mendidih. Biarkan hingga menyusut setengahnya lalu saring dan biarkan menjadi hangat. Minumlah ramuan tersebut dua kali sehari secara rutin hingga terlihat perubahan pada penyakit kanker yang di derita.

4. Mengkonsumsi Ekstrak Kenikir

Jika memiliki uang berlebih dan tidak ingin repot mengolah daun kenikir tersebut, Anda bisa mengkonsumsi ekstraknya langsung yang dapat dibeli di pasar online. Namun sayangnya di Indonesia sangat sulit menemukan penjual artemisin atau ekstrak kenikir, dan produk tersebut lebih mudah ditemukan di Amerika. Beberapa situs penjualan online luar negeri ada yang menjual ekstrak kenikir namun tentu saja harganya cukup mahal. Belum lagi kendalanya pengiriman yang jauh menjadi hambatan untuk mendapatkan produk tersebut lebih cepat.

Sponsors Link

Manfaat Kenikir lainnya

Selain mengatasi kanker, kenikir pun kerap dimanfaatkan untuk mengatasi gangguan kesehatan lainnya, seperti:

  • mengatasi gondongan
  • mengatasi payudara yang bengkak akibat ASI yang banyak
  • meningkatkan sistem imunitas tubuh
  • meningkatkan nafsu makan

Pemanfaaatan kenikir memang menjadi solusi bagi mereka yang tidak dapat menjalani pengobatan konvensional. Namun kandungan senyawa kenikir sendiri juga tidak dapat memberikan reaksi yang baik bagi semua penderita kanker. Jika tidak ada perubahan ke arah yang lebih baik, artinya kenikir juga tidak dapat membantu banyak dalam mengatasi penyakit kanker. Namun jika terdapat perubahan yang jauh lebih baik, lanjutkan pengobatan tersebut karena artinya kenikir dapat melawan sel kanker dalam tubuh kita.

Kenikir lebih banyak dimanfaatkan dalam mengatasi penyakit kanker payudara, dan jika ciri-ciri kanker payudara masih sangat awal tentunya manfaat daun kenikir akan jauh lebih terasa. Kemoterapi kanker payudara umumnya memang lebih menyakitkan bahkan muncul efek samping yang tidak diinginkan. Karena itu, cobalah untuk menjalani pengobatan kombinasi agar efek samping dapat lebih ditekan dan sel kanker dapat dihancurkan.

, , , , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.