Bolehkan Pasien Kanker Memakan Telur? Begini Jawaban para Ahli

Pada dasarnya, selain ada makanan pemicu kanker juga terdapat makanan yang boleh dikonsumsi oleh pasien kanker. Tetapi, masih banyak yang menganggap bahwa pasien kanker harus puasa mutih atau tidak makan segala macam. Benarkah anggapan tersebut? Berikut ulasannya!

Sponsors Link

Bolehkan Pasien Kanker Memakan Telur?

Dari sekian banyak sumber gizi, asupan protein sangat dibutuhkan oleh pasien kanker, salah satunya yang terdapat pada telur. Selama ini, mereka takut mengonsumsi telur yang mengandung protein sebab khawatir jika makanan ini malah memicu sel kanker menjadi aktif. Sehingga hal inilah yang membuat pasien kanker lebih memilih mengonsumsi sayur dan buah saja. Berikut adalah beberapa alasan pasien kanker diperbolehkan mengonsumsi telur :

1. Untuk perbaikan luka

l.uka kanker jauh lebih rusak daripada luka steril karena operasi. Sel-sel kanker yang berkembang di dalam tubuh akan merusak jaringan yang ada di sekitarnnya. Oleh sebab itu, pertumbuhan kanker dapat berakar, menyebar dan mengakibatkan tubuh mejadi sangat kurus. Sel kanker biasanya akan memakan energi yang ada di induknya. Sehingga untuk mematikannya, perlu adanya asupan energi protein yang tinggi. Tubuh pasien kanker sangat membutuhkan perbaikan luka tersebut.  

2. Bukan malah memberi makan sel kanker

Anggapan bahwa mengonsumsi protein setara dengan memberi makan sel kanker adalah tidak benar. Sebab saat menjalani kemoterapi, obat kemoterapi justu malah menghancurkan sel. Dalam memperbaiki sel dan jaringan yang rusak, maka seorang pasien kanker membutuhkan energi dan zat protein yang mampu memperbaiki sel dan jaringan yang rusak. Hal ini bisa didapat jika pasien kanker mengonsumsi telur 6 sampai 7 butir per hari.

3. Memenuhi zat gizi

Pasien kanker biasanya akan mendapatkan pramedikasi atau obat mual. Obat ini biasanya akan berdampak pada nafsu makan yang berkurang akibat mual yang dialami pasien. Ketika sedang makan, pasien akan mengalami pola makan yang tidak nyaman. Sehingga untuk memenuhi gizi dalam tubuhnya, pasien bisa diberikan telur untuk kebutuhan kalorinya yang tinggi sehingga asupan gizi yang dibutuhkan oleh pasien kanker masih tetap bisa dipenuhi.

4. Membuat tubuh sehat dan fit

Selain telur mengandung banyak protein, pasien kanker juga membutuhkan asupan karbohidrat yang bisa diperoleh dari makanan pengganti seperti umbi-umbian, jagung, atau bihun. Kandungan lemak yang didapat dari hewan, kacang-kacangan, alpukat, minyak olive, atau minyak ikan juga diperlukan tubuh. Jadi, apabila makanan yang diberikan hanya buah dan sayur saja maka kebutuhan asupan gizi yang lain tidak terpenuhi sehingga tubuh tidak segar dan fit.

5. Telur mudah dicerna

Setelah pasien melakukan kemoterapi kanker, ia akan membutuhkan banyak sekali asupan protein. Asupan ini bisa didapatkan dari putih telur. Di dalam putih telur sendiri terdapat berbagai sumber protein melimpah. Selain itu putih telur sangat mudah untuk dikonsumsi dan dicerna oleh tubuh. Makanan lain yang mengandung protein selain pada putih telur juga bisa didapatkan dari tempe dan tahu. Jenis-jenis makanan tersebut dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga pasien kanker tidak kehilangan energi.

Sponsors Link

6. Obat anti kanker

Setiap butir telur mengandung protein rekombinan miR24 sebanyak 10 sampai 50 mikrogan/mililiter. Selain itu, putih telur dari ayam transgenik mengandung protein hIFNb1a yang mampu melindungi dari infeksi virus daripada putih telur yang berasal dari ayam normal tidak daoat menghalangi infeksi virus. Hal ini membuktikan bahwa telur dapat menjadi obat anti kanker serta anti virus dan tumor.

Demikian penjelasan mengenai boleh tidaknya telur dimakan oleh penderita kanker dan semoga bermanfaat. Selalu konsultasikan asupan makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita kanker bersama dengan dokter Anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.