Apakah Kanker Ganas Bisa Disembuhkan? Begini Alasan dan Penjelasannya

Penyakit kanker memang telah menjadi suatu penyakit yang menakutkan bagi sebagian besar orang. Hal ini juga disebabkan karena penyakit kanker sendiri yang erat kaitannya dengan harapan hidup seseorang. Selain itu, dilihat dari segi pengobatan juga tidak mudah serta tidak murah, jadi setiap orang juga berharap untuk jauh-jauh dari penyakit kanker. Namun hal tersebut pula yang sering menimbulkan banyak pertanyaan, seperti salah satunya adalah apakah kanker ganas bisa disembuhkan.

Sponsors Link

Penyakit kanker memang memiliki fase atau stadium yang bertahap-tahap dalam perkembangannya, dan biasanya stadium penyakit kanker inilah yang menjadi suatu penentu akankah kanker didalam tubuh dapat disembuhkan atau tidak. Oleh sebab itu, dalam kesempatan kali ini akan dibahas mengenai kanker ganas dapat disembuhkan atau tidak.

Kanker Ganas

Kanker merupakan suatu penyakit yang disebabkan karena adanya pertumbuhan sel-sel jaringan yang tidak normal didalam tubuh, sehingga sel-sel jaringan yang tumbuh tidak normal tersebut kemudian berubah menjadi sel kanker. Dimana dalam perkembangannya, sel-sel kanker tersebut dapat menyebar hingga berbagai bagian tubuh yang kemudian beresiko menyebabkan kematian, atau menurunkan tingkat harapan hidup seseorang. Kondisi inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa kanker bisa menyebabkan kematian. 

Kanker sendiri sering juga dikenal sebagai salah satu jenis tumor, yaitu tumor ganas. Dimana tumor merupakan suatu pertumbuhan dari benjolan uang tidak normal dalam berbagai macam bagian tubuh. Kanker menjadi suatu yang mengerikan karena kanker sendiri dapat menyerang semua orang tanda batasan umur, bahkan ketika memasuki fase awal perkembangan kanker juga tidak ada gejala atau tanda yang ditimbulkan. Oleh sebab itulah, penyakit kanker menjadi momok menakutkan karena sering ditemukan ketika telah memasuki fase atau stadium akhir, dimana biasa disebut sebagai kanker ganas.

Kanker ganas merupakan salah satu istilah yang biasanya disebutkan bagi kondisi kanker yang telah memasuki stadium akhir atau stadium lanjut. Dimana pada kondisi ini memang biasanya harapan hidup penderita telah menurun, dan juga perlu penanganan yang lebih dalam serta penanganan yang lebih lanjut. Namun apakah kanker ganas ini bisa atau tidak bisa disembuhkan? Berikut penjelasannya.

Penyembuhan Kanker Ganas

Jika disimpulkan dari anggapan umum bahwa kanker pada stadium lanjut atau stadium akhir akan sulit disembuhkan, dan bahkan hanya memiliki harapan perpanjangan hidup 5 tahun hanya pada angka 22%, maka dapat disimpulkan bahwa kanker ganas akan sulit untuk disembuhkan. Namun walaupun begitu, tetapi tetap tidak menutup kemungkinan kanker ganas bisa disembuhkan.

Bisa atau tidaknya suatu kanker yang menyerang tubuh disembuhkan memang pada dasarnya bergantung pada seberapa parah kanker telah berkembang dan menyebar ke bagian tubuh lainnya. Selain itu, penyembuhan kanker ganas juga dapat didasarkan atau bergantung pada jenis pengobatan yang dipilih. Sebagai contoh, seperti pemilihan obat sitostatika dimana merupakan salah satu jenis obat kanker yang justru akan ampuh atau bekerja baik saat sel kanker masih aktif membelah diri seperti pada kasus kanker ganas.

Terlebih lagi semakin berkembangnya teknologi dan jaman juga menyebabkan semakin mudahnya pengobatan yang dapat dijalani. Ada beberapa macam pengobatan yang dapat dilakukan, seperti melakukan pembedahan, kemoterapi, radioterapi, imunoterapi, hingga hormonal juga dapat dipilih oleh para penderita kanker. Belum lagi dengan berbagai macam obat-obatan yang semakin berkembang dan berkemungkinan lebih untuk menolong penurunan perkembangan sel kanker dalam tubuh.

Selain itu, bisa disembuhkan atau tidaknya kanker ganas juga dapat bergantung pada jenis kanker yang dialami. Karena setiap jenis kanker juga memiliki kemungkinan sembuh yang berbeda-beda. Terlebih lagi ada jenis kanker yang bisa disembuhkan dan juga jenis kanker yang sulit disembuhkan. Sebagai contoh seperti pada gejala kanker pankreas, walaupun ketika diagnosa masih dalam fase atau stadium IA tetapi kanker ini justru memiliki tingkat kemungkinan sembuh yang rendah dan memiliki harapan hidup 5 tahun pagi pasien nya hanya sekitar 14% saja, dan ketika memasuki stadium kanker ganas atau stadium akhir maka harapannya akan berubah menjadi 1 persen. Jadi dapat disimpulkan bahwa jenis kanker juga dapat mempengaruhi atau menentukan kemungkinan dapat atau tidaknya suatu kanker ganas untuk disembuhkan.

Sponsors Link

Dari beberapa penjelasan diatas memang dapat disimpulkan bahwa apakah kanker ganas bisa disembuhkan memang tergantung pada beberapa faktor penentunya. Beberapa faktor tersebut dapat berupa seberapa parah atau sudah mencapai kondisi kanker ganas tingkat tinggi atau belum, pemilihan metode pengobatan, serta juga dapat bergantung pada jenis kanker yang dialami.

Selain itu, penyembuhan kanker seperti kanker ganas juga dibutuhkan dukungan dari dalam diri sendiri maupun dari orang-orang terdekat. Sebagai contoh seperti tidak boleh pesimis, tidak boleh pula terlalu optimis akan sembuh karena dapat mengarahkan pada kelalaian terhadap hal-hal kecil, tetap semangat, dan mengarahkan tubuh untuk dapat menahan segala efek yang dihasilkan dari proses pengobatan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Mengapa hal ini perlu? Karena penyembuhan kanker dapat meningkat jika tubuh dan juga usah pengobatan dilakukan secara sinkron atau saling mendukung satu sama lain.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.