5 Manfaat Kacang Almond untuk Pencegahan Kanker

Kacang Almond adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang istimewa dan sering kita dengar namanya. Di indonesia beberapa orang menyebut kacang almond dengan badam atau biji badam.Menurut hasil penelitian, manfaat dari kacang almond ini sangat banyak. Banyak kalangan yang mengatakan bahwa kacang almond adalah makanan yang enak sekaligus memberi berbagai manfaat dalam tubuh. Pengolahannya pun bisa dengan teknik bermacam-macam.

Sponsors Link

Kacang Almond untuk kanker

Pernahkah anda mendengar mengenai manfaat dan peranan kacang almond dalam pencegahan kanker maupun manfaat jika dikonsumsi oleh penderita kanker yang sedang dalam masa penyembuhan? Mengapa bisa kacang almond memiliki perasanan yang cukup penting untuk pencegahan dan penyembuhan kanker? Berikut penjelasan  mengenai kandungan gizi, manfaat, maupun saran penyajian.

  • Rendah Lemak namun Tinggi Protein

Kacang almond menjadi sumber energi yang rendah lemak. Sehingga seringkali makanan ini disarankan untuk anda yang ingin menjaga berat badan. Dalam 100 gr kacang almond terdapat 576 kalori, dengan total lemak 49 gr, 0 kolesterol, dan 21 gr protein.

  • Tinggi Antioksidan

Selain itu kacang almond juga tinggi akan antioksidant yang bermanfaat untuk melawan berbagai radikal bebas yang akan mengganggu kesehatan. Bagi anda yang sering beraktifitas di luar rumah dan bergerak, tentu akan terpapar dengan berbagai hal, salah satunya virus, bakteri, atau gangguan lain. Fungsi antioksidan adalah untuk mempertahankan diri dari gangguan kesehatan.

  • Tinggi mineral

Kacang almond juga adalah jenis makanan yang tinggi akan kalsium, zat besi, dan magnesium yang sangat baik untuk tulang. Untuk total berat kacang almond berkualitas prima, terdapat 26% kandungan kalsium. Kemudian terdapat 20% kandungan zat besi, dan yang paling tinggi adalah kandungan magnesium yaitu sebesar 67%. Kacang almond juga tinggi akan vitamin B yang sangat baik untuk mencegah terjadinya kanker kulit dan vitamin E yang termasuk ke dalam senyawa antioksidant.

Selain kacang Almond, anda juga perlu mengetahui salah satu tanaman obat yang mengandung mineral, yaitu tanaman sambiloto. Manfaat sambiloto khusus untuk kanker disebabkan tingginya mineral dalam tanaman ini.

Manfaat Mengkonsumsi Kacang Almond Bagi Penderita Kanker

Mengkonsumsi kacang almond secara teratur akan membantu tubuh anda mencegah perkembangan sel kanker. Manfaat kacang almond untuk kanker ini telah banyak di teliti oleh ilmuwan. Selain pencegahan, kacang almond juga baik dikonsumsi bagi penderita kanker

Sponsors Link

1. Meningkatkan asupan protein

Sering kali pasien kanker khususnya yang sedang menjalani proses kemoterapi kanker dilarang untuk mengonsumsi protein hewani. Salah satu keunggulan kacang almond adalah memiliki kandungan protein yang tinggi melebihi telur ayam. Manfaat protein kacang almond diantaranya adalah sebagai sumber tenaga bagi tubuh. Protein dari kacang almond juga baik untuk meningkatkan pertumbuhan sel tubuh yang terkena dampak kemoterapi dan membatasi pertumbuhan sel kanker.

2. Sebagai cemilan diantara waktu makan

Seringkali diantara waktu makan pagi dan siang atau makan siang dan malam, pasien merasa lapar dan membutuhkan cemilan. Salah satu alternatif cemilan yang sehat dan layak konsumsi adalah kacang almond. Penyajiannya pun bisa dalam berbagai bentuk. Ada yang menyajikannya dalam bentuk kacang sangrai, oven, atau susu almond. Simak juga makanan pencegah kanker otak sebagai asupan sehari-hari anda.

3. Terapi pencernaan

Sistem pencernaan manusia tentu tidak lepas dari kebutuhan serat. Kacang almond menyediakan asupan serat yang tinggi. Hal ini sangat baik untuk mencegah maupun terapi pencernaan bagi penderita kanker lambung atau kanker usus. Salah satu penyebab munculnya kanker usus adalah kurangnya serat. Gaya hidup modern yang serba instan dan tersajinya banyak fast food dan junk food menyebabkan kurangnya serat pada tubuh. Ada baiknya anda juga memperhatikan cara mencegah kanker lambung sebagai tindakan antisipasi.

Anda perlu mewaspadai makanan penyebab kanker yang dimakan setiap hari. Apakah anda sering mengkonsumsi makanan tersebut? Kacang almond sangat baik dikonsumsi bagi anda yang ingin mencegah maupun yang dalam masa penyembuhan kanker usus.

4. Memiliki anti radang

Liver dalam tubuh penderita kanker seringkali bekerja keras untuk menetralkan racun dan zat kimia yang beredar di tubuh akibat luka maupun efek kemoterapi. Adanya zat anti radang atau zat anti inflamasi, almond akan meningkatkan daya tahan liver sehingga liver lebih terjaga kesehatannya.

5. Melawan Sel Kanker

Selain memiliki rasa yang nikmat pada kacang almond ternyata juga memiliki manfaat untuk penyakit kanker yang sangat ditakuti oleh banyak orang. Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa dengan mengonsumsi kacang almond akan mengurangi kemungkinan terkena kanker usus. Hal ini disebabkan rendahnya kandungan lemak dan tingginya serat yang terdapat di dalam kacang almond. Ada baiknya untuk memperhatikan gejala kanker usus besar sebagai tindakan awal mendeteksi kanker ini.

Tingginya kandungan antioksidan dalam kacang almond juga membantu tubuh dalam melawan sel kanker. Antioksidan yang ada dalam kacang almond berasal dari vitamin E. Selain kanker usus, kacang almond juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya kanker kulit.

Sponsors Link

Ciri Kacang Almond Yang Baik

Manfaat kacang almond yang berlimpah tentu akan dirasakan jika kita mengonsumsi secara rutin. Namun sebelum mengonsumsinya perlu kita kenali dulu jenis dan ciri-ciri kacang almond yang baik. Kacang almond memiliki dua jenis, yaitu jenis kacang almond yang pahit dan manis. Dalam dunia kuliner kacang almond yang manis adalah yang layak dikonsumsi. Kacang almond yang baik adalah yang masih utuh berbentuk biji, memiliki aroma kacang, dan rasanya manis. Apabila tercium bau tengik dapat dipastikan kualitas kacang tersebut sudah tidak baik.

Anda tidak perlu sulit-sulit mencari kacang almond yang baik karena saat ini kacang almond yang dijual dipasaran adalah kacang yang sudah layak konsumsi. Namun anda juga perlu memastikan bahwa tidak memiliki alergi terhadap kacang almond. Karena beberapa orang tidak dapat mengkonsumsi jenis kacang ini akibat alergi dengan berbagai gejala mulai dari gejala lokal hingga rasa tidak nyaman pada saluran pernafasan.

Cara Mengolah Kacang Almond

Anda akan mudah menemukan kacang ini di toko-toko penyedia bahan kue. Kacang almond dijual dalam berbagai bentuk, yang paling dasar adalah dalam bentuk matang atau mentah. Selain itu terdapat olahan seperti tepung, minyak, mentega, sirup, atau susu almond. (Baca juga: Manfaat Susu Kambing Etawa untuk Kanker)

Untuk mengolah almond mentah anda bisa mengoven dengan suhu yang rendah, yaitu sekitar 70˚ -80˚ Celcius selama sekitar 15 menit. Anda disarankan untuk tidak memanggang atau menyangrai dengan suhu tinggi karena ditakutkan akan merusak komponen nutrisi yang baik dalam biji. Bagi anda yang sehat dan ingin mencegah penyakit kanker usus, anda dapat mengolah biji almond menjadi cemilan sehat dengan mencampurnya ke dalam adonan biskuit, kue, es krim, salad, coklat, maupun makanan lain. Kacang Almond adalah salah satu makanan yang sangat direkomendasikan untuk mencegah kanker. Selain mengonsumsi kacang ini, ada baiknya anda juga memperhatikan gaya hidup yang lebih sehat.

, , ,
Post Date: Thursday 02nd, June 2016 / 08:20 Oleh :
Kategori : Pencegahan