6 Manfaat Glucogen Untuk Mencegah Kanker

Glucogen merupakan senyawa yang seringkali dikaitkan dengan kesehatan kulit. Glucogen memiliki kandungan glutathione yang merupakan gabungan dari tiga jenis asam amino yang memiliki manfaat besar bagi tubuh. Jenis asam amino tersebut adalah sistein, glisin, dan glutamat. Glucogen memang banyak dikenal sebagai suplemen tambahan untuk melindungi tubuh dari serangan senyawa radikal bebas. Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya tubuh telah menghasilkan senyawa glutathione secara mandiri?

Sponsors Link

Ya, tubuh manusia telah mampu menghasilkan senyawa glutathione asalkan dalam tubuh memiliki kandungan asam amino yang seimbang sebagai bahan dasar senyawa tersebut. Namun demikian, seiring berkembangnya jaman dan seiring bertambahnya usia, maka serangan zat berbahaya dari luar semakin besar. Seiring berkembangnya jaman membuat munculnya beraneka macam olahan baru, sehingga terkadang kita kurang memberikan filter terkait dengan kesehatan tubuh kita sendiri. Begitu juga dengan seiring bertambahnya usia, fungsi organ tubuh semakin lama akan semakin menurun, sehingga tubuh tidak sekuat dulu. Pada dasarnya semua proses tersebut terjadi secara alami, namun semakin kita dapat menjaga kesehatan sejak dini, maka kita dapat memperlambat terjadinya proses penurunan kesehatan.

Dalam kondisi yang seimbang, glutathione merupakan antioksidan intraseluler yang terdapat pada setiap jenis sel di dalam tubuh. Sehingga jika tubuh memiliki kandungan glutathione yang cukup maka, sel-sel tubuh dapat menjalani proses regenerasi secara normal. Saat ini cukup banyak produk kesehatan yang memproduksi glucogen. Hal ini berdasarkan kebutuhan manusia akan zat tersebut, sedangkan ketika menginjak usia di atas 20 tahun makan produksi glucogen akan semakin menurun.

Amankah mengkonsumsi glucogen?

Pada kadar seimbang konsumsi glucogen masih masuk dalam kategori aman. Hal ini dikarenakan tubuh akan terbantu dengan asupan nutrisi tambahan untuk melakukan regenerasi sel dan membentuk sistem imun. Namun demikian, akan ada efek samping terhadap kondisi tubuh jika Anda mengkonsumsi glucogen secara berlebihan. Berikut ini merupakan efek samping yang mungkin dapat ditimbulkan:

  1. Mual
  2. Muntah
  3. Nyeri lambung
  4. Kerusakan hati
  5. Kerusakan pankreas

Glucogen dengan kandungan glutathione memiliki manfaat sebagai antioksidan alami dalam tubuh manusia. Sehingga ada beberapa manfaat glucogen untuk kanker, yang akan lebih rinci dijelaskan berikut ini:

  1. Untuk memelihara siklus kehidupan tubuh

Manusia adalah salah satu makhluk hidup. Di dalam tubuh manusia sel merupakan makhluk hidup yang membentuk tubuh manusia. Sehingga agar manusia dapat tetap hidup, maka diperlukan proses pemeliharaan siklus kehidupan sel. Senyawa glutathione membantu sel untuk melakukan regenerasi serta tidak mudah rusak ketika ada senyawa berbahaya yang berhasil masuk ke pertahanan tubuh manusia. Terutama pada penderita kanker, diperlukan senyawa glutathione agar sel kanker tidak mendominasi menimbulkan kerusakan pada sel sehat. Senyawa glutathione dapat digunakan kepada berbagai jenis kanker.

  1. Membentuk sistem imun

Manusia membutuhkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah jatuh sakit. Pada penderita kanker, senyawa ini dibutuhkan selain pada proses pencegahan penyakit kanker itu sendiri, dan juga dibutuhkan agar tidak terjadi penyakit tambahan yang mengiringi penyakit utama. Sebagai contoh, seringkali pada penderita penyakit kanker hati, maka tidak jarang penderita juga mengalami gangguan pada pencernaan dan penyakit ringan lainnya akibat kekebalan tubuh yang semakin menurun. Hal ini disebabkan karena hati yang tidak dapat berfungsi secara optimal, sehingga tidak dapat mengolah zat yang membahayakan tubuh.

Sponsors Link

  1. Menetralisirkan racun

Tubuh tidak pernah lepas dari senyawa yang berbahaya, baik yang sifatnya ringan maupun berat, Oleh karena itu dibutuhkan senyawa di dalam tubuh agar dapat menetralisir racun yang masuk di dalam tubuh. Pada penderita kanker yang menjalani kemoterapi, akan mengalami racun dari radiasi dan obat-obatan kimia yang sedikit banyak mempengaruhi fungsi organ tubuh di luar area kanker. Oleh karena itu, disarankan pada penderita kanker tidak hanya menjalani metode pengobatan secara kimia saja, namun juga mengimbangi dengan pengobatan secara alami dan tradisional seperti konsumsi tanaman obat kanker sesuai dosis dan menggunakan metode akupuntur untuk kanker.

  1. Regenerasi sel

Sel tubuh yang telah memasuki kurun waktu tertentu akan mengalami penurunan fungsi, sehingga akan mengalami kerusakan sel. Diperlukan nutrisi tambahan untuk membantu regenerasi sel agar dapat terbentuk sel yang sempurna dan berfungsi secara optimal. Pada penderita kanker seperti kanker darah, kanker lambung, kanker otak, dan jenis kanker lainnya membutuhkan nutrisi tambahan yang dapat menunjang kemampuan tubuh untuk melakukan regenerasi sel. Semakin banyak sel kanker, maka kondisi tubuh akan semakin menurun. Regenerasi yang cepat dan sesuai dapat mengurangi resiko kematian pada penderita kanker.

  1. Meningkatkan kualitas kulit

Efek yang dimunculkan oleh kadar glutathione yang seimbang dapat mengurangi racun tubuh. Sehingga secara berangsur-angsur sel yang terbentuk juga dapat berfungsi secara optimal. Dan bagian paling tampak adalah kulit yang terlihat semakin berseri. Pada penderita kanker kulit, senyawa glutathione dapat menghambat pembentukan melanin. Pada kondisi seimbang, pemberian senyawa ini merupakan cara mencegah kanker kulit. Namun sebaliknya, apabila penggunaan terlalu berlebihan dan sering terkena sengatan sinar matahari secara lansung, maka justru akan menjadi pemicu terjadinya kanker kulit.

  1. Anti aging

Sel tubuh yang teregenerasi dengan tepat waktu, selain akan membuat kulit semakin berseri juga akan memberikan efek berkurangnya kerutan pada kulit. Sehingga wajah tampak lebih muda dari usia sebenarnya.

Sponsors Link

Glucogen dan kanker

Glucogen dan kanker memiliki kaitan yang cukup erat. Meskipun glucogen bukanlah senyawa utama yang dapat menyembuhkan kanker, namun glucogen cukup mampu menjalankan fungsi pencegahan agar sel kanker tidak menyerang tubuh dan berkembang dengan cepat. Pemberian senyawa glucogen terhadap penderita kanker tentu akan memberikan peluang hidup yang lebih besar terkait dengan manfaat glucogen bagi tubuh seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya.

Baca artikel terkait: Manfaat Vitamin E Untuk Pengobatan KankerManfaat Antioksidan Untuk Pencegahan Kanker

Cara meningkatkan kadar glucogen dalam tubuh

Meskipun telah banyak beredar suplemen glucogen di pasaran, dan dijual bebas, namun tetap saja bahan alami adalah pilihan yang paling baik bagi tubuh. Saat tubuh mengalami penurunan fungsi untuk memproduksi glucogen, pilihan yang paling tepat adalah mulai mengatur pola makan sehat. Berikut ini merupakan cara untuk meningkatkan kadar glucogen dalam tubuh:

  • Banyak mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin C dan E, seperti lemon, jeruk, strawberry, alpukat, kubis, brokoli, dan sebagainya.
  • Melindungi tubuh dari sengatan sinar UV secara langsung
  • Mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung bahan kimia

Senyawa glucogen, ternyata memang tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit saja, namun juga memegang manfaat yang tidak kalah penting, yaitu untuk mencegah penyakit kanker.

, , , ,
Post Date: Thursday 05th, May 2016 / 20:59 Oleh :
Kategori : Pencegahan